• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Kapan Seseorang Membutuhkan Psikoterapi?

Kapan Seseorang Membutuhkan Psikoterapi?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Apakah kamu sedang merasa kewalahan menghadapi masalah demi masalah yang datang bertubi-tubi dalam hidup kamu? Atau apakah kamu pernah mengalami trauma yang masih mengganggu kamu sampai saat ini? Bila iya, mungkin inilah saat yang tepat untuk mendapatkan psikoterapi.

Menurut National Institute of Mental Health, lebih dari seperempat orang dewasa di Amerika Serikat mengalami depresi, kegelisahan, atau gangguan mental lainnya pada tahun tertentu. Sedangkan yang lain membutuhkan bantuan untuk mengatasi penyakit serius, menurunkan berat badan atau berhenti merokok. Hal yang lain lagi berjuang untuk mengatasi masalah dalam hubungan, kehilangan pekerjaan, kematian orang yang dicintai, stres, penyalahgunaan zat atau masalah lainnya. 

Masalah-masalah tersebut seringkali membuat orang yang mengalaminya kewalahan dan terpuruk. Pada saat-saat seperti itulah bantuan dari psikoterapi sangat dibutuhkan agar kesehatan mental seseorang tetap terjaga. 

Baca juga: Jangan Diabaikan, 8 Tanda Fisik Terkena Depresi

Apa Itu Psikoterapi?

Psikoterapi atau terapi bicara adalah cara untuk membantu orang-orang yang mengalami berbagai penyakit mental dan kesulitan emosional. Psikoterapi dapat membantu menghilangkan atau mengendalikan gejala yang mengganggu, sehingga orang tersebut dapat berfungsi lebih baik dan dapat meningkatkan kesejahteraan dan penyembuhannya.

Masalah yang dapat dibantu oleh psikoterapi, antara lain kesulitan dalam mengatasi kehidupan sehari-hari, dampak trauma, penyakit medis atau kehilangan, seperti kematian orang yang dicintai, serta gangguan mental tertentu, contohnya depresi atau kecemasan.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Dampak Perceraian pada Kesehatan

Dalam psikoterapi, psikolog menerapkan prosedur yang sudah divalidasi secara ilmiah untuk membantu seseorang mengembangkan kebiasaan yang lebih sehat dan lebih efektif. Ada beberapa pendekatan dalam psikoterapi, antara lain kognitif perilaku, interpersonal dan jenis terapi bicara lainnya yang membantu orang-orang mengatasi masalah mereka. Psikoterapi juga dapat dilakukan dalam kombinasi dengan obat-obatan atau terapi lain.

Psikoterapi adalah perawatan kolaboratif berdasarkan hubungan antara seseorang dengan seorang psikolog. Dengan alasan tersebut, psikoterapi menyediakan lingkungan yang mendukung yang memungkinkan kamu untuk berbicara secara terbuka dengan seseorang yang objektif, netral, dan tidak menghakimi. Kamu dan psikolog akan bekerja sama untuk mengidentifikasi dan mengubah pola pikir dan perilaku yang membuatmu tidak merasakan yang terbaik.

Pada saat psikoterapi selesai, kamu tidak hanya akan menyelesaikan masalah, tetapi juga mempelajari keterampilan baru sehingga dapat mengatasi tantangan apapun yang terjadi di masa depan dengan baik.

Kapan Sebaiknya Mendapatkan Psikoterapi?

Berikut ini tanda-tanda bahwa kamu bisa mendapatkan manfaat dari psikoterapi:

  • Kamu merasa ketidakberdayaan dan kesedihan yang berkepanjangan.

  • Masalah yang kamu hadapi tampaknya tidak membaik meskipun ada upaya dan bantuan dari keluarga dan teman-teman.

  • Kamu merasa sulit berkonsentrasi pada pekerjaan atau aktivitas sehari-hari lainnya.

  • Kamu merasa khawatir berlebihan, terus-menerus gelisah, dan membayangkan hal-hal yang buruk terjadi.

  • Perilaku kamu mulai merugikan diri sendiri atau orang lain, seperti meminum alkohol secara berlebihan, menggunakan narkoba, atau menjadi agresif.

Oleh karena banyaknya kesalahpahaman tentang psikoterapi, kamu mungkin enggan untuk mencobanya. Atau meskipun kamu sudah mengetahui manfaat psikoterapi, kamu mungkin merasa gugup untuk mencobanya sendiri. Namun, menghilangkan kegugupan tersebut dan memberanikan diri untuk menemui psikolog adalah upaya yang sepadan demi hidup yang lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif. 

Baca juga: Seberapa Perlu Psikoterapi pada Pengidap Narsistik?

Bila kamu mengalami masalah yang pelik hingga membuat kesehatan mentalmu terganggu, jangan ragu untuk menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa berbicara pada psikolog Halodoc melalui Video/ Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
American Psychological Association. Diakses pada 2020. Understanding psychotherapy and how it works.
American Psychiatric Association. Diakses pada 2020. What is Psychotherapy?