3 Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatan Hidrosefalus

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   22 Maret 2024

“Hidrosefalus adalah penumpukan cairan di otak sehingga membuat kepala semakin membesar. Orang tua bisa menghubungi dokter bedah di Halodoc jika ingin mengetahui bagaimana prosedur bedah untuk menangani hidrosefalus.”

3 Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatan Hidrosefalus3 Dokter Ini Bisa Bantu Pengobatan Hidrosefalus

DAFTAR ISI

  1. Rekomendasi Dokter Spesialis Bedah di Halodoc

Halodoc, Jakarta – Hidrosefalus adalah kondisi di mana terjadi penumpukan cairan yang berlebihan di otak. Pada kondisi normal, cairan otak mengisi ruang-ruang di dalam otak dalam jumlah yang tepat. Tetapi pada hidrosefalus, jumlah cairan otak menjadi berlebihan, menyebabkan tekanan pada sel-sel otak dan gangguan pada sistem saraf.

Penyebab hidrosefalus kongenital biasanya adalah infeksi selama kehamilan, seperti cytomegalovirus (CMV), rubella, penyakit gondok, sifilis, atau toksoplasma.

Sementara itu, pada hidrosefalus yang muncul setelah lahir (hidrosefalus yang diperoleh) biasanya disebabkan oleh penyakit yang mempengaruhi sirkulasi cairan otak, seperti stroke perdarahan, tumor otak, cedera otak yang parah, radang otak, atau radang selaput otak.

Rekomendasi Dokter Spesialis Bedah di Halodoc

Apabila Si Kecil mengidap hidrosefalus dan berencana akan dioperasi, orang tua bisa menghubungi dokter spesialis bedah untuk mengetahui informasinya lebih dalam.

Dokter dapat menjelaskan seputar prosedur bedah untuk menangani hidrosefalus serta perawatan setelahnya.

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis bedah yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS

Dokter H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya pada 2005 dan 2018.

Ia kini berpraktik di Lubuk Linggau, Sumatera Selatan, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 19 tahun, dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc yang berkaitan dengan prosedur bedah, termasuk bedah untuk mengatasi hidrosefalus.

Chat dr. H. Sopyan Hadi Sp.B, FINACS dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Sejauh ini, berikut Jenis-Jenis Operasi untuk Menangani Hidrosefalus yang ada. 

2. dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B

Rekomendasi selanjutnya, yaitu dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas UPN Veteran Jakarta pada 2012 dan Universitas Syiah Kuala 2022.

Dokter Rachdithia Ichwiyantho Sp.B kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Memiliki pengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 12 tahun, dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B dapat memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang prosedur bedah, seperti operasi untuk mengobati hidrosefalus.

Chat dr. Rachdithia Ichwiyantho Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Bukan hanya bayi saja, orang dewasa nyatanya bisa mengalami hidrosefalus. Begini cara Deteksi Gejala Hidrosefalus Awal pada Orang Dewasa yang perlu kamu tahu. 

3. dr. AA Christedy Pramana Sp.B

Kamu juga dapat menghubungi dr. AA Christedy Pramana Sp.B yang merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 2013 dan 2022.

Dokter  AA Christedy Pramana Sp.B saat ini berpraktik di Jembrana, Bali, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Ahli Bedah Indonesia (PABI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis bedah selama 11 tahun, dr. AA Christedy Pramana Sp.B bisa memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait prosedur bedah hidrosefalus. 

Chat dr. AA Christedy Pramana Sp.B mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis bedah yang bisa kamu hubungi untuk berdiskusi terkait penanganan hidrosefalus.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo hubungi dokter di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
National Health Service UK. Diakses pada 2024. Hydrocephalus.
Kids Health. Diakses pada 2024. Hydrocephalus.
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Hydrocephalus.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan