3 Obat Sifilis Alami yang Mudah Didapatkan

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Maret 2024

“Sifilis adalah penyakit infeksi menular seksual yang dapat membahayakan jika terus dibiarkan, penanganan segera perlu dilakukan. Ada beberapa obat alami yang bisa digunakan, sehingga gangguan ini bisa teratasi dengan baik.”

3 Obat Sifilis Alami yang Mudah Didapatkan3 Obat Sifilis Alami yang Mudah Didapatkan

DAFTAR ISI

  1. Beberapa Obat Alami untuk Atasi Sifilis
    1. Probiotik
    2. Vitamin B12
    3. Jahe
  2. Skrining Penyakit Menular Seksual Bisa di Rumah Pakai Halodoc

Halodoc, Jakarta – Sifilis merupakan infeksi menular seksual yang membahayakan. Umumnya, penyakit ini rentan terjadi pada mereka yang kerap berhubungan seksual dengan pasangan yang berbeda-beda.

Seseorang yang terdiagnosis dengan penyakit ini perlu mendapatkan penanganan segera. Jika kamu membiarkannya, ada beberapa komplikasi yang bisa terjadi, seperti infeksi otak dan kecacatan tubuh.

Beberapa orang mungkin malu atau takut ketahuan oleh pasangannya jika ia terserang sifilis. Namun ternyata, ada beberapa obat alami yang efektif dalam mengatasi sifilis, lho.

Beberapa Obat Alami untuk Atasi Sifilis

Sifilis merupakan penyakit serius yang perlu mendapat penanganan secara medis sesegera mungkin. Pengobatan utama dalam mengatasinya adalah dengan pemberian antibiotik hingga infeksinya menghilang.

Bahkan, beberapa ahli menyebut jika tidak ada pengobatan alami yang bisa mereka gunakan dalam mengatasi gangguan ini.

Mau tahu berbagai gejala sifilis pada pria? Simak ulasannya pada artikel “Ini 7 Gejala Sifilis pada Pria yang Perlu Diwaspadai“.

Namun, ada pengobatan alami yang bisa kamu gunakan untuk mengelola gejala dari sifilis atau dari efek samping obat-obatan.

Berikut beberapa cara untuk menekan gejalanya:

1. Probiotik

Bersamaan dengan konsumsi antibiotik, perlu juga didukung dengan tercukupinya kandungan probiotik, baik dari makanan maupun suplemen.

Antibiotik tidak hanya membunuh virus dan bakteri yang jahat, tetapi juga yang baik.

Nah, cara memulihkan bakteri baik adalah dengan mengonsumsi probiotik yang baik dalam membantu mengembalikan keseimbangan usus.

Selain itu, kandungan ini juga berguna bagi wanita dalam mencegah infeksi jamur pada vagina.

2. Vitamin B12

Tubuh membutuhkan dukungan dari makanan yang kamu konsumsi untuk melawan infeksi yang menyebabkan sifilis.

Salah satu yang perlu kamu cukupi adalah vitamin B12, terlebih pada seorang vegan dan vegetarian yang kerap kekurangan.

Seseorang yang kekurangan nutrisi ini dapat merasakan tubuh yang lemah, mudah lelah, kurang motivasi, hingga perubahan suasana hati. Hal yang disebutkan juga terjadi saat terserang sifilis, sehingga gejala yang dirasakan menjadi berlipat ganda.

Kandungan vitamin B12 yang perlu dicukupi setiap hari adalah 2,4 mikrogram, baik pada pria maupun wanita dengan usia di atas 14 tahun.

Selain itu, pilihlah makanan yang kaya vitamin B12, seperti salmon, tuna, hati sapi dan ayam, serta yogurt organik.

3. Jahe

Sifilis juga dapat menimbulkan gejala berupa mual dan gangguan pencernaan.

Nah, jahe bisa kamu konsumsi untuk mengatasi gejala tersebut dengan cara yang aman dan efektif.

Cara mengonsumsi jahe yang nikmat adalah mencampurnya dengan teh. Potong dan kupas jahe sekitar 8 sentimeter, lalu hancurkan dengan lembut agar melepaskan minyak alami. Setelah itu, letakkan di panci dengan beberapa liter air.

Didihkan panci tersebut dengan api yang selama kurang lebih 15 menit. Tambahkan madu agar rasanya lebih nikmat saat kamu konsumsi.

Kamu juga bisa hubungi 5 Pilihan Dokter yang Bisa Bantu Mengobati Sifilis untuk informasi lebih lanjut.

Skrining Penyakit Menular Seksual Bisa di Rumah Pakai Halodoc

Pentingnya kesadaran tentang penyakit menular seksual seperti sifilis dan penyakit seksual lainnya tidak bisa dipandang remeh. 

Kita semua perlu berkomitmen untuk terus mengedukasi diri tentang gejala, penularan, dan pencegahan penyakit menular seksual. 

Kamu juga perlu Waspadai 6 Cara Penularan HIV yang Paling Sering Terjadi, agar bisa melindungi diri dan orang tersayang dari virus HIV. 

Penting juga untuk rutin memeriksakan diri, menggunakan proteksi saat berhubungan seks, dan berkomunikasi terbuka dengan pasangan tentang kesehatan seksual. 

Hormati diri sendiri dan orang lain dengan menjaga kesehatan dan keamanan. Jika ada kekhawatiran atau gejala, jangan ragu untuk mencari bantuan medis. 

Kini kamu bisa melakukan Skrining Penyakit Menular Seksual dari rumah dengan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek, Bandung, dan Surabaya).

Layanan Home Lab ini adalah tes laboratorium atau paket tes dari Halodoc yang pengambilan sampelnya bisa kamu lakukan di rumah atau di lokasi mana pun yang kamu pilih.

Ada beberapa keunggulan dari layanan tes lab ini, antara lain:

✔ Tak perlu repot keluar rumah. Kamu bisa ajak tes keluarga.

✔ Hemat waktu dan biaya. Tidak perlu antri di rumah sakit.

✔ Tenaga medis profesional dan responnya cepat. 

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Sampel diambil secara aman dan steril. 

✔ Peralatan yang digunakan berkualitas, aman, tersegel, dan sesuai standarisasi. 

✔ Harganya terjangkau, mulai dari Rp 599.000,-, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon. 

✔ Semua layanan tes lab terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dokter. 

✔ Setelah tes, kamu akan mendapatkan voucher 25 ribu untuk konsultasi hasil dengan dokter terpercaya dari Halodoc.

Tunggu apalagi? booking Layanan Halodoc Home Lab sekarang untuk lakukan Screening Penyakit Menular Seksual yang praktis dan nyaman buat kamu dan orang tersayang.

Booking Skrining Penyakit Menular Seksual Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Kamu bisa order melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Nah, itulah cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi gejala dari sifilis. Pastikan untuk paham jika penyakit infeksi menular seksual tersebut perlu diobati dengan antibiotik.

Efektivitas dari obat antibiotik juga sudah terbukti dan ampuh, sehingga infeksi yang ada tidak menyebar dan membahayakan.

Jika masih ingin tahu lebih jauh tentang cara mengatasi sifilis dengan cara alami, fitur tanya dokter dari Halodoc bisa digunakan untuk kemudahan dalam berinteraksi dengan ahli medis. 

Kamu tidak perlu khawatir, privasi kamu terjaga aman dengan Halodoc.

Tunggu apalagi? Yuk, aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Draxe. Diakses pada 2022. A Deadly STD Is Back: Recognize These Syphilis Symptoms.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan