Ini 7 Gejala Sifilis pada Pria yang Perlu Diwaspadai

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   18 Maret 2024

“Gejala sifilis pada pria bisa ditandai dengan munculnya luka atau chancre pada sekitar penis, dubur, hingga testis. Selain itu, gejala sifilis juga dapat menyebabkan ruam yang tidak menyebabkan rasa nyeri.”

Ini 7 Gejala Sifilis pada Pria yang Perlu DiwaspadaiIni 7 Gejala Sifilis pada Pria yang Perlu Diwaspadai

DAFTAR ISI

  1. Tahap Perkembangan Sifilis
  2. Berbagai Gejala Sifilis pada Pria
  3. Skrining Penyakit Menular Seksual Bisa di Rumah Pakai Halodoc

Halodoc, Jakarta – Berganti pasangan seksual sering kali menimbulkan dampak yang berbahaya. Sebab, kebiasaan ini menjadi salah satu penyebab utama penularan dan penyebaran penyakit sifilis.

Sifilis atau raja singa adalah penyakit seksual menular yang terjadi akibat infeksi bakteri. Namun, pada tahap awal, kondisi ini tidak akan menyebabkan gejala apa pun pada pengidapnya. 

Nah, agar kamu lebih waspada terhadap penyakit raja singa, sebaiknya ketahui tahap perkembangan dan gejala sifilis pada pria.

Tahap Perkembangan Sifilis

Sifilis merupakan penyakit infeksi menular seksual yang dapat terjadi pada wanita maupun pria. Penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi akibat infeksi bakteri yang bernama Treponema pallidum. 

Proses penularan penyakit ini hanya terjadi ketika seseorang melakukan kontak langsung dengan chancre atau luka sifilis. Biasanya, luka sifilis berkembang pada beberapa area tubuh, seperti mulut, penis, vagina, hingga dubur.

Meski begitu, biasanya gejala sifilis tidak akan langsung terlihat. Hal ini karena penyakit sifilis memiliki empat tahapan perkembangan penyakit.

Berikut tahapan perkembangan sifilis yang perlu kamu ketahui, yaitu:

  • Sifilis primer. Tahap primer terjadi 3-4 minggu setelah seseorang terinfeksi bakteri penyebab sifilis. Tanda awalnya, muncul luka kecil berbentuk bulat. Luka ini tidak menimbulkan rasa sakit sehingga jarang disadari pengidap sifilis. Meskipun tidak sakit, bakteri sudah dapat menular pada orang yang melakukan kontak langsung dengan luka tersebut.
  • Sifilis sekunder. Pada tahap ini pengidap akan mengalami ruam kulit. Namun, ruam yang muncul tidak menyebabkan rasa gatal dan bisa ditemukan pada telapak tangan hingga telapak kaki. Kondisi ini akan disertai dengan gejala lain, seperti sakit tenggorokan, sakit kepala, kelelahan, demam, dan nyeri sendi.
  • Sifilis laten. Pada tahapan ketiga ini, gejala pada sifilis primer dan sekunder akan menghilang. Namun, bakteri tetap berada di dalam tubuh dan tidak akan menghilang. Tahapan ini bisa berlangsung bertahun-tahun dan menjadi sifilis tersier.
  • Sifilis tersier. Tahapan infeksi terakhir adalah tahapan tersier. Sekitar 14-40 persen pengidap sifilis bisa memasuki tahap ini. Sifilis tersier berbahaya dan dapat mengancam nyawa. Ada beberapa dampak negatif yang bisa terjadi, seperti kebutaan, hilang ingatan, penyakit jantung, hingga gangguan neurologis.

Catat,  Ini Obat di Apotek yang Ampuh Redakan Gejala Sifilis.

Berbagai Gejala Sifilis pada Pria

Kementerian Kesehatan RI mencatat ada sekitar 20.783 pengidap sifilis di Indonesia sepanjang 2022. Dari angka tersebut sekitar 54 persen pengidap sifilis di Indonesia berjenis kelamin pria.

Nah, lalu seperti apa sih gejala sifilis pada pria yang perlu diwaspadai?

1. Muncul luka pada area penis dan dubur

Gejala sifilis pada pria yang kerap terlihat adalah munculnya luka atau chancre pada area penis dan dubur. Luka ini berbentuk bulat dan keras jika disentuh. Bukan hanya pada area penis dan dubur, biasanya luka juga dapat muncul pada testis. 

Sebaiknya hindari kegiatan seksual untuk sementara jika kamu menemukan beberapa luka pada area tersebut. 

Segera lakukan pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatan dan menghentikan penularan bakteri.

2. Ruam pada kulit

Sebaiknya waspada jika luka yang muncul disertai dengan timbulnya ruam pada kulit. Ruam ini kerap muncul pada telapak tangan, telapak kaki, dan bagian tubuh lainnya. 

Ruam juga tidak menimbulkan rasa apa pun pada kulit sehingga kerap diartikan sebagai tanda penyakit lain. 

Selain itu, ruam akibat sifilis akan terlihat kasar, kemerahan, hingga kecoklatan. Bahkan, ruam akan sangat samar sehingga sering tidak disadari oleh pengidapnya.

3. Muncul gejala serupa dengan flu

Setelah ruam, gejala sifilis pada pria ditandai dengan munculnya gejala yang serupa dengan penyakit flu. Gejala tersebut berupa demam, kelelahan, nyeri tenggorokan, hingga nyeri sendi.

4. Pembengkakan kelenjar getah bening

Infeksi bakteri penyebab sifilis juga dapat menyebabkan pembengkakan kelenjar getah bening. Jadi jika kondisi ini terjadi disertai dengan gejala lain yang terkait sifilis, segera lakukan pemeriksaan kesehatan pada rumah sakit terdekat.

5. Rambut rontok

Biasanya, gejala ini akan terasa di tahap sekunder pada penyakit sifilis. Kondisi ini juga terkenal sebagai syphilitic alopecia. Kondisi ini akan ditandai dengan munculnya luka-luka kecil pada area kulit kepala.

6. Gangguan penglihatan

Pada tahap tersier, kondisi ini bisa menyebabkan gangguan pada penglihatan dikenal sebagai sifilis okuler. Kondisi ini menyebabkan mata berair, mata merah, penurunan penglihatan, hingga kebutaan.

7. Sakit kepala

Waspada jika sakit kepala tidak membaik saat kamu mengidap sifilis. Kondisi ini bisa menjadi tanda neurosifilis yang terjadi akibat bakteri pemicu sifilis menginfeksi area otak.

Itulah beberapa gejala sifilis pada pria yang perlu diwaspadai. 

Selain gejala pada pria, Kenali Juga 8 Gejala Sifilis pada Wanita.

Jangan abaikan berbagai keluhan kesehatan yang kamu alami terkait dengan penyakit raja singa. Diagnosis lebih dini membuat penanganan lebih mudah dilakukan.

Sebagai langkah awal pemeriksaan, kamu bisa melakukan skrining penyakit seksual untuk memastikan terkait penyakit sifilis tersebut.

Apabila kamu merasakan gejala sifilis, kamu bisa konsultasikan dengan 5 Pilihan Dokter yang Bisa Bantu Mengobati Sifilis.

Skrining Penyakit Menular Seksual Bisa di Rumah Pakai Halodoc

Jika kamu atau orang terdekat mengalami luka pada area penis atau dubur yang tidak terasa sakit, ruam pada kulit, bahkan gangguan penglihatan setelah melakukan hubungan seksual, kamu harus waspada karena bisa menjadi gejala dari penyakit sifilis.

Untuk itu, penting melakukan skrining penyakit menular seksual guna memastikan hal tersebut. Skrining ini juga berguna untuk menentukan langkah selanjutnya dan mengantisipasi dampak yang semakin berbahaya.

Nah, saat ini kamu bisa melakukan Skrining Penyakit Menular Seksual terkait sifilis dengan mudah, lho! 

Sebab, kamu bisa menggunakan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jabodetabek dan Surabaya).

Layanan homelab ini adalah tes laboratorium atau paket tes dari Halodoc yang pengambilan sampelnya bisa dilakukan di rumah atau di lokasi mana pun yang kamu pilih.

Ada beberapa keunggulan dari layanan tes lab ini, antara lain:

✔ Tak perlu repot keluar rumah. 

✔ Tak perlu antre lama di rumah sakit. 

✔ Hemat waktu dan biaya. 

✔ Tenaga medis profesional dan responnya cepat. 

✔ Protokol kesehatan yang ketat. 

✔ Sampel diambil secara aman dan steril. 

✔ Peralatan yang digunakan berkualitas, aman, tersegel, dan sesuai standardisasi. 

✔ Harganya terjangkau, mulai dari Rp 599.000,-, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon. 

✔ Semua layanan tes lab terdiri dari pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dokter. 

✔ Setelah tes, kamu akan mendapatkan voucher 25 ribu untuk konsultasi hasil dengan dokter tepercaya dari Halodoc

Dengan berbagai keunggulan layanan Halodoc Home Lab tersebut, kamu bisa melakukan tes sifilis dengan mudah, aman, dan nyaman.

Booking Skrining Penyakit Menular Seksual Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Kamu bisa order melalui aplikasi Halodoc atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Jangan khawatir, saat memesan skrining penyakit menular seksual, privasi kamu pasti terjaga dengan aman di Halodoc!

Yuk, lakukan skrining penyakit menular seksual di Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Syphilis.
Healthline. Diakses pada 2024. Syphilis: Symptoms, Diagnosis, Treatment, and Prevention.
Ending HIV. Diakses pada 2024. The 5 Signs and Symptoms of Syphilis in Men.
Kemenkes RI. Diakses pada 2024. Neurosifilis.
Kemenkes Ri. Diakses pada 2024. Rabun pada Mata? Hati-Hati Dapat Timbul pada Sifilis.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan