• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 4 Cara Berwisata Bersama Kucing Kesayangan

4 Cara Berwisata Bersama Kucing Kesayangan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Tidak sedikit orang yang lebih memilih untuk bepergian bersama dengan kucing kesayangannya dibandingkan menaruhnya di tempat penitipan hewan. Terkadang, ada saja rasa khawatir yang timbul jika menitipkannya pada orang lain karena perasaan tidak ingin meninggalkannya sendirian.

Meski begitu, berwisata dengan kucing bukan hal yang terbilang mudah untuk dilakukan. Banyak hal yang harus dipersiapkan agar hewan peliharaan kamu tidak stres di jalan, terlebih lagi jika tempat yang ingin dituju memakan waktu yang lama. Nah, pembahasan mengenai cara yang efektif saat berwisata dengan kucing ada di bawah ini!

Baca juga: Perlukah Membawa Hewan Peliharaan saat Liburan?

Beberapa Hal yang Harus Diperhatikan saat Berwisata dengan Kucing

Jika kamu ingin berjalan-jalan atau pergi ke suatu tempat dan akan kembali setelah beberapa saat, lebih baik untuk meninggalkan kucing di rumah dengan seseorang atau menitipkannya ke dokter hewan. Namun, jika hal ini perjalanan satu arah yang artinya kamu benar-benar harus pergi bersama dengan hewan peliharaanmu, maka beberapa hal perlu diperhatikan agar dirinya betah hingga sampai tujuan.

Hal tersebut karena umumnya kucing tidak bepergian dan sangat menyukai rutinitas dan keamanan di sekitarnya. Jika terjadi perubahan, kemungkinan besar dirinya dapat menjadi sangat stres. Namun, jika kamu benar-benar harus berwisata dengan kucing kesayangan dan tidak ingin meninggalkan kucing sendirian, ada beberapa hal perlu diperhatikan agar ia betah. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat bepergian dengan mobil:

1. Berdiskusi dengan Dokter Hewan Sebelum Berangkat

Saat harus berwisata dengan kucing, sebaiknya melakukan pemeriksaan ke dokter hewan karena mungkin saja peliharaan kamu menjadi sangat cemas di dalam perjalanan. Maka dari itu, obat-obatan dapat menjadi pilihan yang dapat membantu perjalanan lebih nyaman. Beberapa jenis obat umumnya diberikan pada kucing yang hiperaktif atau rentan terhadap mabuk darat. Selain membuat perjalanan lebih aman dan mudah, stres yang dapat dialami kucing juga jauh berkurang.

Baca juga: 4 Manfaat Liburan bagi Anjing Peliharaan

2. Membawa atau Membuatkan Kandang

Setiap orang yang berwisata dengan kucing sangat disarankan untuk membawa kandangnya. Hal tersebut dapat membuatnya lebih tenang dan mencegah dirinya berkeliaran ke semua area mobil, termasuk juga pedal. Jika perjalanan yang dilakukan lama, ada baiknya untuk membuat pembatas di kursi belakang agar area tempat bermainnya lebih luas dan tidak dapat maju ke kursi depan. Pastikan juga makanan dan kotak kotorannya sudah siap sebelum perjalanan.

Lalu, jika kamu masih memiliki pertanyaan tentang cara membawa kucing untuk perjalanan jauh, dokter hewan dari Halodoc dapat menjawab semua keluh-kesah yang dirasakan. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc, dan kamu dapat menikmati fitur baru yang ada hanya dengan menggunakan gadget tanpa perlu ke luar rumah!

3. Bawa Mainan Favoritnya

Kamu juga harus memastikan untuk membawa mainan favoritnya saat berwisata dengan kucing. Hal tersebut dapat menenangkannya karena memiliki bau dan perasaan layaknya di rumah sehingga dirinya merasa aman. Cobalah sebisa mungkin atur posisi tempat makan dan kotak untuk kotorannya menyerupai yang ada di rumah jika kamu meletakkannya di kursi belakang. Hal yang terpenting adalah mencegah kucing agar tidak stres di perjalanan.

Baca juga: Tidak Sama, Tips Tepat Merawat Anak Kucing Persia

4. Jangan Tinggalkan Kucing Sendirian di Mobil

Hal lainnya yang perlu diperhatikan saat berwisata dengan kucing kesayangan adalah tidak meninggalkannya sendirian di mobil. Meski dirasa suhunya bersahabat, bukan tidak mungkin perubahan tiba-tiba dapat terjadi. Jika kamu berencana makan di perjalanan, cobalah untuk mendapatkan layanan drive-thru. Setelah itu, cari tempat makan dengan area yang luas sambil membawa kucing dengan kotaknya untuk melihat pemandangan agar kembali segar.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin berwisata dengan kucing untuk perjalanan dekat atau jauh dengan mobil. Jangan sampai kucing kamu mengganggu perjalanan yang dapat menimbulkan bahaya. Pastikan atur kenyamanan kucing sebaik mungkin agar ia betah di dalam perjalanan.


Referensi:

All Feline Hospital. Diakses pada 2020. Traveling with your cat.
Bustle. Diakses pada 2020. 8 Things All Cat Owners Should Know Before Traveling With Their Furry Companion.