• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cari Tahu Pola Makan Sehat untuk Pengidap Diabetes 1

Cari Tahu Pola Makan Sehat untuk Pengidap Diabetes 1

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh The British Diabetic Association, pemantauan pola makan yang sehat dan seimbang menjadi kunci penanganan untuk pengidap diabetes tipe 1. Penyakit ini menyebabkan tubuh pengidapnya tidak bisa mengolah kandungan gula dalam darah yang mengakibatkan kadar gula meningkat.

Selain mengatur pola makan, pengidap diabetes tipe 1 harus menjalani terapi insulin setiap harinya, yaitu hormon yang bertugas membantu mengatur kadar gula darah. Ini dilakukan untuk menjaga kadar gula senormal mungkin. Informasi selengkapnya mengenai diet sehat untuk pengidap diabetes dapat dibaca di bawah ini!

Pola Makan yang Direkomendasikan

Selain terapi insulin, menjaga kadar gula dalam darah juga bisa bisa dilakukan dengan mengatur pola makan. Pengidap diabetes tipe 1 harus membatasi jumlah konsumsi karbohidrat harian. Data kesehatan yang dipublikasikan oleh University of Florida Health menunjukkan kalau karbohidrat adalah jenis makanan utama yang meningkatkan gula darah.

Baca juga: Menurunkan Berat Badan, Cara Efektif Mengontrol Diabetes?

Jumlah karbohidrat yang kamu makan akan menentukan seberapa tinggi gula darah naik setelah makan. Protein dan lemak juga memiliki efek pada kadar glukosa darah, meskipun tidak secepat atau sebesar karbohidrat.

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu memantau dan menghitung secara hati-hati jumlah karbohidrat yang masuk dalam tubuh. Selain membatasi asupan karbohidrat, pengidap diabetes tipe 1 juga perlu menerapkan pola makan seperti:

Baca juga: Sering Buang Air Kecil Tanda Penyakit Diabetes?

  1. Kaya akan Serat

Mungkin belum banyak orang yang mengetahui ini, kandungan serat dalam makanan, ternyata bisa membantu tubuh mengontrol gula darah. Pasalnya, saat masuk ke dalam tubuh, makanan yang mengandung serat hanya melewati saluran pencernaan, tidak dicerna tubuh seperti makanan lainnya. Hal itu yang membuat makanan berserat cenderung tidak menyebabkan gula darah naik.

  1. Mengandung Vitamin dan Mineral

Pada dasarnya, vitamin dan mineral merupakan jenis asupan yang dibutuhkan tubuh. Namun ternyata, kandungan ini juga berkhasiat untuk menjaga kadar gula dalam tubuh, lho. Keberadaan vitamin dan mineral dalam tubuh ternyata bisa menjaga keseimbangan metabolisme tubuh, termasuk menjaga kestabilan gula darah. Asupan ini juga penting untuk menjaga kadar gula darah tidak terlalu tinggi, maupun terlalu rendah.

  1. Buah-buahan

Banyak pengidap diabetes tipe 1 yang menghindari buah-buahan, karena khawatir terhadap kandungan gula dalam buah. Namun ternyata, hal itu tidak sepenuhnya benar. Meski mengandung gula, tetapi buah-buahan bersifat natural, sehingga kandungan gula dalam buah sebenarnya cukup aman dan dibutuhkan tubuh. Hanya saja perlu diingat, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi buah agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Butuh informasi buah yang direkomendasikan buat pengidap diabetes tipe 1, bisa kamu temukan di Halodoc. Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

  1. Hindari Makanan Olahan

Mengonsumsi makanan olahan, seperti makanan siap saji dan makanan beku merupakan hal yang sebaiknya dihindari pengidap diabetes tipe 1. Pasalnya, jenis makanan ini biasanya sudah diolah dan dikemas sedemikian rupa, sehingga memiliki kandungan sodium, gula, dan lemak yang lebih tinggi. Selain itu, makanan olahan pun umumnya tidak memiliki kandungan serat, vitamin, dan mineral sebanyak yang dibutuhkan tubuh.

Meski terdengar merepotkan, tetapi mengatur pola makan nyatanya bisa membuat pengidap diabetes tipe 1 lebih nyaman menjalani hidup. Agar tidak bosan, cobalah untuk mengombinasikan dan pilih jenis makanan dan sayuran yang disukai untuk makan sehari-hari. Nyatanya, mengatur pola makan bisa membantu menjaga kadar gula dan membuat tubuh lebih sehat.

Referensi:
Diabetes.org.uk. Diakses pada 2020. I have Type 1 diabetes - what can I eat?
UF Health. Diakses pada 2020. Type 1 Diabetes Nutrition.