• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Cara agar Kucing Kesayangan Terhindar dari Rasa Bosan

5 Cara agar Kucing Kesayangan Terhindar dari Rasa Bosan

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Kata siapa kebosanan hanya dapat dialami oleh kita sebagai manusia? Hewan peliharaan seperti kucing yang sering ditinggal atau jarang diajak bermain oleh pemiliknya, juga bisa mengalami kebosanan. Hati-hati, bila kondisi ini dibiarkan berlarut-larut, maka tak menutup kemungkinan kucing kesayanganmu dilanda stres. Nah, kalau sudah begini jadi repot kan? 

Hal terpenting yang dapat dilakukan untuk mencegah kebosanan pada kucing adalah memastikan lingkungannya nyaman dan menstimulasi mereka. Contohnya adanya tempat untuk dipanjat, mainan untuk dimainkan, atau jendela untuk melihat keadaan di luar. 

Lantas, bagaimana sih cara menghindari kucing dari rasa bosan? Jangan bingung, karena terdapat berbagai hal atau aktivitas yang bisa dilakukan dengannya untuk membunuh rasa jenuh. Nah, berikut ini cara untuk menghindari kucing dari rasa bosan.

Baca juga: Ragam Makanan Kesukaan Kucing yang Perlu Diketahui

1.Sediakan Akses ke Jendela

Kucing yang seharian berada di rumah juga bisa merasa bosan. Ada cara menghindari kucing dari rasa bosan yang terbilang simpel. Cobalah berikan mereka akses untuk melihat ke jendela agar kucing bisa mengamati keadaan di luar rumah. Kamu bisa kok membuat tempat duduk atau “window beds” khusus kucing yang berada dekat jendela. 

2.Buat Perlindungan Kucing (Cat Shelter)

Cara menghindari kucing dari rasa bosan juga bisa dengan membuatkannya cat shelter. Kucing menyukai tempat-tempat yang membuat mereka merasa aman.

Cat shelter ini umumnya dibuat di lokasi yang tinggi, contohnya seperti di atas meja rias atau meja lainnya, di mana kucing dapat mengevaluasi lingkungan untuk melihat tanda-tanda "bahaya". Meski begitu, cat shelter juga bisa dibuatkan di tempat rendah yang terbuat dari kotak karton. 

3.Sediakan Maianan yang Tepat

Selain dua hal di atas, cara menghindari kucing dari rasa bosan juga bisa melalui berbagai macam mainan. Ingat, tidak semua kucing menyukai mainan yang sama. Oleh sebab itu, kamu harus memastikan tahu mainan apa yang disukai kucing kesayanganmu.

Di samping itu, sediakan mainan kucing yang beragam atau banyak. Pasalnya, dalam beberapa kasus juga bisa merasa bosan bila hanya memainkan mainan yang itu-itu saja.

Baca juga: Ketahui Porsi Makan yang Tepat untuk Diberikan pada Kucing

4.Sediakan Scratching Post

Scratching post (tiang garukan) juga bisa dijadikan cara untuk menghindari kucing dari rasa bosan. Cobalah sediakan scratching post satu atau dua buah untuk dirinya.

Alat yang satu ini bisa menjadi alternatif untuk menyalurkan kebiasaan menggaruk mereka. Tak cuma itu saja, scratching post juga bisa menjaga cakarnya untuk selalu berada dalam kondisi baik. 

5.Jadwalkan Waktu Bermain

Jadwalkan waktu dua kali sehari untuk bermain dengan kucing kesayanganmu. Setidaknya, luangkan waktu selama 10 menit untuk bermain bersama mereka. Ajaklah mereka bermain seperti mengejar bola, laser, atau permainan lainnya yang umumnya digemari kucing. Kamu juga bisa bersantai dengan mereka di depan televisi. Ingat, kucing juga menginginkan waktu, perhatian, dan kasing sayangmu. 

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Tentang Cat Flu pada Kucing Peliharaan

Nah, andaikan kucing kesayanganmu mengalami keluhan kesehatan, kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
FETCH by Web MD. Diakses pada 2020. 
Pro Plan Indonesia. Diakses pada 2020.
PetPlace. Diakses pada 2020. Is Your Indoor Cat Bored?: 12 Ways to Petcurean: Premium Pet Food for Dogs and Cats. Tips to Avoid Cat Boredom