5 Dokter Kulit yang Paham Penanganan Panu

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   28 Februari 2024

“Panu merupakan infeksi jamur yang mengubah warna kulit. Meskipun jarang menimbulkan nyeri atau gejala yang tidak nyaman lainnya, sebaiknya hubungi dokter spesialis kulit di Halodoc untuk mendapatkan penanganan tepat.”

5 Dokter Kulit yang Paham Penanganan Panu5 Dokter Kulit yang Paham Penanganan Panu

DAFTAR ISI

  1. Pentingnya Segera Mengobati Panu
  2. Rekomendasi Dokter Kulit untuk Tangani Panu

Halodoc, Jakarta – Panu adalah penyakit kulit akibat infeksi jamur. Umumnya, panu atau tinea versicolor, cenderung lebih sering menyerang remaja dan mereka yang berusia muda. 

Walau demikian, orang dewasa juga berisiko terkena panu, terutama mereka yang tinggal di daerah dengan iklim subtropis. Jamur panu memengaruhi pigmentasi kulit, yang menyebabkan perubahan warna pada area kulit yang terinfeksi. 

Biasanya, area kulit yang terkena panu tampak lebih gelap atau lebih terang dari kulit di sekitarnya.

Lokasi yang paling sering terkena panu adalah pada pundak, punggung, leher, dan dada. Meski begitu, kondisi ini tidak menyebabkan rasa nyeri dan tidak menular.

Pentingnya Segera Mengobati Panu

Panu memang bukanlah penyakit kulit yang dapat membahayakan nyawa, namun keberadaannya dapat mengganggu.

Apabila tidak segera ditangani maka panu dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Jamur penyebab panu sebenarnya dapat ditemukan pada kulit yang sehat. Namun, masalah muncul saat jamur tumbuh berlebihan. 

Beberapa faktor dapat memicu tingkat resiko pertumbuhan panu, antara lain:

  • Cuaca panas dan lembab 
  • Kulit berminyak
  • Perubahan hormonal
  • Penurunan kekebalan tubuh. 
  • Keringat berlebih

Apabila muncul panu di kulit, kamu bisa lakukan beberapa hal untuk mengatasinya di rumah. Berikut beberapa tips mudah untuk mencegah penyebaran panu:

  • Berhenti menggunakan produk skincare maupun bodycare yang mengandung minyak. Gunakan produk yang tidak mengandung minyak, biasanya ditandai sebagai “non-komedogenik”.
  • Pakai pakaian yang longgar dan nyaman. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat, karena dapat mengiritasi kulit.
  • Melindungi kulit dari paparan sinar matahari dengan menggunakan sunblock. Paparan sinar matahari dapat membuat panu lebih terlihat jelas karena kulit menjadi lebih gelap.

Apabila panu tetap menyebar di kulit, maka diperlukan penanganan lebih lanjut dari tenaga dokter.

Rekomendasi Dokter Kulit untuk Tangani Panu

Jika kamu mengalami tanda-tanda panu, jangan ragu menghubungi dokter kulit di Halodoc. Mereka bisa memberikan solusi perawatan yang tepat untuk mengatasinya.

Kamu bisa menghubungi dokter spesialis kulit yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 8 tahun dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien di Halodoc.

Berikut daftar dokternya:

1. dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E

Dokter Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada 2013 dan Universitas Hasanuddin pada 2022.

Saat ini, dokter Dyah sedang menjalani praktik di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, dan tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berpengalaman sebagai dokter spesialis kulit selama 10 tahun, dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E mampu memberikan layanan konsultasi di Halodoc terkait berbagai masalah kulit, termasuk panu.

Chat dr. Dyah Ayu Nirmalasari Sp.D.V.E dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Agar tidak terinfeksi ulang, Ketahui 4 Kebiasaan yang Bisa Tumbuhkan Panu di Tubuh berikut ini.

2. dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E

Kamu juga bisa menghubungi Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E apabila mengidap panu yang bikin ganggu penampilan.

Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada 2011 dan Universitas Udayana pada 2017. 

Ia kini berpraktik di Denpasar, Bali dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 12 tahun, dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar pengobatan tinea versicolor maupun penyakit kulit lainnya.

Chat dr. Made Martina W. M.Biomed, Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

3. dr. Dina Febriani Sp.D.V.E

Rekomendasi selanjutnya adalah dr. Dina Febriani Sp.D.V.E. Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Yarsi Jakarta pada 2009 dan Universitas Sebelas Maret Surakarta pada 2023. 

Dokter Dina Febriani Sp.D.V.E saat ini berpraktik di Pekanbaru, Riau dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Dengan pengalaman selama 14 tahun yang ia miliki, dr. Dina Febriani Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc berbagai masalah kulit, termasuk infeksi jamur panu.

Chat dr. Dina Febriani Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Meski tidak menimbulkan gejala yang menyakitkan, kamu tetap perlu waspada terhadap Komplikasi Panu yang Perlu Diketahui ini.

4. dr. Frieda Sp.D.V.E

Dokter kulit lain yang bisa kamu hubungi adalah dr. Frieda Sp.D.V.E. Ia merupakan alumnus Fakultas Kedokteran Universitas Atma Jaya pada 2015 dan Universitas Sebelas Maret pada 2022. 

Ia kini berpraktik di Bogor, Jawa Barat dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Memiliki pengalaman selama 8 tahun, dr. Frieda Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc tentang panu atau masalah kulit lainya. 

Chat dr. Frieda Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

5. dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E

Rekomendasi dokter lain yang bisa kamu hubungi yaitu, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E.

Ia merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang pada 2010 dan Universitas Airlangga pada 2016. 

Dokter Ryski saat ini berpraktik di Gresik, Jawa Timur dan tergabung sebagai tergabung sebagai anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI).

Berbekal pengalaman selama 13 tahun, dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E memberikan layanan konsultasi di Halodoc seputar panu.

Chat dr. Ryski Meilia Novarina Sp.D.V.E mulai dari Rp 49.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis kulit dan kelamin yang bisa kamu hubungi untuk bertanya seputar pengobatan panu.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc. Pakai Halodoc sekarang juga!

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2024. Tinea Versicolor.
Healthline. Diakses pada 2024. Tinea Versicolor.
MayoClinic. Diakses pada 2024. Tinea Versicolor
American Academy of Dermatology Association. Diakses pada 2024. Tinea Versicolor: Tips for Managing

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan