5 Jenis Obat Asam Lambung yang Aman Secara Medis

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Februari 2024

"Jenis obat asam lambung yang biasa ditemukan di apotek diantaranya adalah Mylanta, Farmacol, Xepazym dan Strocain. Tiap jenis obat bekerja secara spesifik berdasarkan kandungannya untuk menetralkan asam lambung."

5 Jenis Obat Asam Lambung yang Aman Secara Medis5 Jenis Obat Asam Lambung yang Aman Secara Medis

DAFTAR ISI


Halodoc, Jakarta –  Penyakit asam lambung bisa menimbulkan berbagai keluhan, mulai dari sensasi terbakar pada dada, sakit tenggorokan, mual dan muntah, hingga bau mulut. 

Pada dasarnya semua obat maag ataupun obat asam lambung yang dijual di apotek aman-aman saja untuk kamu konsumsi selama kamu minum sesuai dengan dosis.

Namun, penting untuk mengetahui jenis obat maag yang biasa kamu gunakan, supaya tahu khasiat dan penggunaan spesifiknya.

Jenis Obat Asam Lambung dan Cara Kerjanya

Beberapa jenis obat untuk penyakit asam lambung yang aman secara medis juga dapat mengobati beberapa kondisi. Mulai dari tukak lambung, penyakit gastroesophageal reflux (GERD), dan berbagai bentuk gastritis.

Berikut beberapa jenis obat asam lambung:

1. Mylanta Sirup 50 ml

Mylanta bisa menjadi pilihan pertama yang bisa kamu coba untuk menurunkan asam lambung.

Obat ini menggunakan Quick Action Formula untuk mengatasi sakit maag dengan cepat sehingga kamu dapat kembali beraktivitas.

Aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida di dalamnya bertindak sebagai antasida yang berperan menetralkan asam lambung dan menghambat aktivitas pepsin.

Dengan begitu, rasa nyeri ulu hati, nyeri lambung, perih, mual yang disebabkan oleh iritasi akibat asam lambung dan pepsin bisa berkurang.

Selain itu, efek pencahar dari magnesium hidroksida juga membantu mengurangi efek sembelit yang mungkin ditimbulkan oleh aluminium hidroksida.

Rentang harga: Rp18.100 – Rp18.300 per botol.

Dapatkan Mylanta Sirup 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

2. Mylanta 10 Tablet

Selain varian sirup, Mylanta Tablet juga membantu menurunkan asam lambung. 

Bentuknya yang praktis akan memudahkan kamu untuk membawanya saat bepergian. Jadi, kamu tidak perlu khawatir jika mengalami asam lambung naik saat sedang berada di luar rumah!

Nah, apa saja kelebihan dari Mylanta Tablet ini? Obat ini memiliki kandungan aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida, dan simethicone dalam bentuk tablet kunyah.

Obat ini mampu mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan kelebihan, gastritis, tukak lambung, tukak usus 12 jari dengan gejala seperti mual, nyeri lambung, dan nyeri ulu hati.

Kisaran harga: Rp9.300 per strip.

Dapatkan Mylanta 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Farmacrol Forte Suspensi 100 ml

Farmacrol Forte Suspensi 100 ml mampu mengatasi berbagai gangguan pada saluran pencernaan.

Contohnya seperti gastritis, perut kembung, maag, dispepsia, hiatus hernia, tukak lambung dan tukak usus duabelas jari.

Obat asam lambung ini sebaiknya diminum saat perut kosong atau sebelum makan, dengan dosis:

  • Dewasa: 1 sendok takar (5 ml), diminum 3-4 kali sehari.

Meski masuk ke dalam obat bebas, tapi obat ini dapat menimbulkan beberapa efek samping. Contohnya diare, konstipasi, deplesi fosfat, hipermagnesia, hingga obstruksi intestinal (dosis tinggi).

Rentang harga: Rp71.100 per botol

Dapatkan Farmacrol Forte Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Xepazym 6 Kaplet

Penyakit asam lambung juga bisa diatasi dengan obat ini. Xepazym mengandung Pancreatin dan Simetikon yang digunakan untuk melengkapi terapi pada gangguan di lambung akibat kenaikan asam lambung.

Tak cuma itu saja, obat ini juga dapat mengatasi perut kembung, pada gangguan hati, kelenjar empedu, lambung, hingga usus.

Rentang harga: Rp24.500 per strip

Dapatkan Xepazym 6 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Strocain P 400 mg 10 Tablet

Strocain P 400 mg 10 Tablet mengandung Polymigel yang mampu mengatasi kelebihan asam lambung, ulkus lambung dengan gejala seperti mual, heartburn, dan kembung.  Meski masuk ke dalam obat bebas, tetapi obat ini tidak boleh digunakan secara terus menerus selama 2 minggu kecuali atas perintah dokter.

Obat asam lambung ini diberikan 30-60 menit sebelum makan atau tidur, dengan dosis 3-4 kali sehari (1-2 tablet) untuk dewasa. Dalam beberapa kasus, obat ini dapat menimbulkan efek samping seperti diare, konstipasi, mual, dan muntah. 

Rentang harga: Rp33.200 per strip

Dapatkan Strocain P 400 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

Dapatkan obat-obatan di atas di Toko Kesehatan Halodoc dengan praktis, cepat, dan tanpa perlu mengantre!

Klik gambar di bawah ini untuk temukan lebih banyak produk kesehatan untuk mengatasi masalah asam lambung di Toko Kesehatan Halodoc.✔️

banner seo toko kesehatan

Cara Penanganan Asam Lambung Selain Konsumsi Obat

Penyakit asam lambung ataupun mag sebetulnya sangat berkaitan erat dengan gaya hidup. Terkadang, mengonsumsi obat asam lambung tapi gaya hidup tidak diubah, juga dapat meningkatkan risiko kedua penyakit ini kembali kumat. 

Oleh sebab itu, kalau memang kamu memiliki penyakit asam lambung atau mag, jangan hanya menyediakan obat asam lambung saja, tapi menerapkan gaya hidup sehat juga perlu dilakukan.

Nah, seperti apa penanganan mag atau penyakit asam lambung melalui perubahan gaya hidup? Ini ulasannya:

1. Kendalikan stres untuk cegah penyakit lambung

Stres dapat memperburuk gejala kedua penyakit ini. Jika kamu menemukan kalau mag lebih sering kumat ketika kamu banyak pikiran, ada baiknya kamu mulai belajar mengelola stres. Pertimbangkan sumber stres dan lakukan apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi penyebabnya. 

Beberapa stres tidak dapat kamu hindari, tetapi ketika kamu menemukan mekanisme koping yang baik, kamu lebih bisa mengontrol stres. 

2. Hindari merokok untuk jaga kesehatan lambung

Merokok dapat mengganggu lapisan pelindung lambung, membuat lambung lebih rentan. Selain itu, merokok juga meningkatkan asam lambung. Makanya, sebaiknya hindari rokok kalau kamu tidak mau penyakit ini kambuh. 

3. Batasi atau hindari alkohol

Penggunaan alkohol yang berlebihan dapat mengiritasi dan mengikis lapisan lendir di perut dan usus. Ini bisa jadi cikal bakal peradangan dan pendarahan di lambung.

4. Tidur dan makan teratur

Tidur teratur juga dapat membantu mengurangi kemungkinan mag akan kambuh. Kalau kamu menjalani pola tidur teratur, otomatis siklus aktivitas harian bisa lebih tertata–termasuk makan teratur.

Selain obat dan penanganan, ketahui juga Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung yang Kambuh.

Itulah informasi mengenai jenis obat asam lambung yang aman dikonsumsi secara medis. Pastikan untuk selalu cermat saat menjalani pengobatan untuk gangguan lambung. 

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Peptic Ulcer.
Medical News Today. Diakses pada 2023. Ten ways to relieve stomach ulcers at home.
Penn Medicine.org. Diakses pada 2023. Should You Be Afraid of Stomach-Acid Medicine?
MSD Manuals.com. Diakses pada 2023. Drugs Treatment of Gastric Acidity.
MSD Manual. Diakses pada 2023. Medications for the Treatment of Stomach Acid

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan