Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung yang Kambuh

6 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   28 Maret 2024

“Bagi pengidap penyakit asam lambung, penting untuk mengetahui cara mengatasi gejala saat mengalami kekambuhan. Seperti makan sedikit-sedikit tapi sering, menghindari makanan atau minuman tertentu, dan minum obat-obatan mulai dari Polysilane, Disflatyl, sampai dengan Mylanta yang bisa kamu beli di Halodoc.”

Cara Mengatasi Penyakit Asam Lambung yang KambuhCara Mengatasi Penyakit Asam Lambung yang Kambuh

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat Asam Lambung yang Ampuh dan Mudah Dicari


Halodoc, Jakarta – Penyakit asam lambung bisa kambuh kapan saja. Jika sudah kambuh, perut jadi terasa tidak nyaman, mual, dan mungkin juga terasa sensasi panas di dada atau heartburn. Berbagai gejala tersebut bisa mengganggu aktivitas.

Apa yang bisa dilakukan untuk mengatasinya? Yuk simak pembahasan berikut ini!

Tips Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Jika mengalami kekambuhan penyakit asam lambung, coba beberapa tips ini untuk mengatasinya:

1. Makan sedikit-sedikit dan perlahan

Ketika perut sangat penuh, risiko asam lambung naik ke kerongkongan bisa meningkat. Cobalah makan sedikit-sedikit, tetapi sering. Makanlah juga secara perlahan, tidak terburu-buru.

2. Hindari makanan tertentu

Ada beberapa makanan yang dapat meningkatkan risiko penyakit asam lambung kambuh. Misalnya makanan berlemak, makanan pedas, kopi, teh, cokelat, dan alkohol. Cobalah untuk menghindarinya, terlebih saat kambuh.

3. Jangan minum minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi seperti air soda perlu dihindari, terutama jika asam lambung sedang kambuh. Minuman ini membuat kamu bersendawa, sehingga memicu asam naik ke kerongkongan.

4. Hindari makan sebelum tidur

Saat berdiri, atau bahkan duduk, gravitasi saja membantu menjaga asam di perut, di tempatnya. Selesaikan makan 3 jam sebelum tidur. Ini berarti tidak ada tidur siang setelah makan siang, dan tidak ada makan malam atau camilan tengah malam.

5. Jaga berat badan ideal

Peningkatan berat badan menyebarkan struktur otot yang mendukung sfingter esofagus bagian bawah, mengurangi tekanan yang menahan sfingter tertutup. Hal ini menyebabkan refluks dan kambuhnya penyakit asam lambung.

6. Minum air jahe

Jahe dapat membantu meredakan berbagai kondisi pencernaan, seperti mual, diare, dan kehilangan nafsu makan. Meski perlu penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya untuk mencoba minum air jahe saat asam lambung kambuh.

7. Minum obat OTC

Beberapa obat over the counter (OTC) atau obat bebas dapat diminum untuk meredakan gejala. Misalnya antasida.

Rekomendasi Obat Asam Lambung yang Ampuh dan Mudah Dicari

Untuk penyembuhan asam lambung yang lebih optimal, kamu bisa konsumsi obat-obatan di bawah ini: 

1. Polysilane Suspensi 100 ml

Rekomendasi obat asam lambung yang pertama adalah Polysilane Suspensi. Dengan kandungan aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida yang berguna sebagai antasida di dalamnya, obat ini dapat menetralkan asam lambung dan menginaktifkan pepsin agar nyeri ulu hati berkurang. 

Dengan minum obat asam lambung ini, gejala kelebihan asam lambung mulai dari mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, sampai perasaan penuh di lambung. Gejala-gejala ini juga merupakan tanda adanya gastritis, tukak lambung, dan tukak usus 12 jari. 

Polysilane dapat dikonsumsi 1 hingga 2 jam setelah makan dan menjelang tidur. Berikut dosis pemakaiannya: 

  • Orang dewasa: 5 – 10 ml sebanyak 3 sampai 4 kali sehari.
  • Anak 6-12 tahun: 2.5 – 5 ml sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. 

Rentang harga: Rp27.900 – Rp31.000 per botol.

Dapatkan Polysilane Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc.  

2. Disflatyl 40 mg 10 Tablet

Rekomendasi obat asam lambung selanjutnya ini memiliki simethicon yang bisa meredakan kembung, dan rasa tidak nyaman di perut karena kelebihan  gas.

Untuk pemakaiannya sendiri, kamu dianjurkan untuk minum obat ini 3 kali sehari 2 tablet dikunyah sampai halus setelah makan. 

Hal penting untuk diingat, ibu hamil dan menyusui sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum konsumsi obat ini.

Rentang harga: Rp7.100- Rp7.200 per strip.

Dapatkan Disflatyl 40 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc.

3. Promag Double Action 6 Tablet Kunyah

Obat asam lambung yang ini mengandung kombinasi antasida dan famotidin, yang dapat mengatasi gejala penyakit asam lambung melalui dua mekanisme. 

Antasida bekerja menetralkan asam lambung, sementara famotidin dapat menghentikan produksi asam lambung. Gabungan keduanya dapat mengurangi gejala kelebihan asam lambung, gastritis, tukak lambung, tukak usus 12 jari. Mulai dari mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, dan kembung. 

Promag Double Action 6 Tablet Kunyah dianjurkan untuk diminum 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan dan menjelang tidur malam. Berikut dosisnya: 

  • Orang dewasa dan anak di atas 12 tahun: 2 kali sehari sebanyak 1 tablet kunyah. Digunakan bila timbul gejala atau 1 jam sebelum makan saat produksi asam lambung terangsang.
  • Anak di bawah 12 tahun sesuai petunjuk dokter. 

Maksimal penggunaan obat ini adalah 2 tablet per hari dan sebaiknya tidak diminum bersama dengan makan dan kunyah tablet sebelum ditelan. 

Rentang harga: Rp13.500 – Rp13.700 per strip.

Dapatkan Promag Double Action 6 Tablet Kunyah di Toko Kesehatan Halodoc.

4. Sanmag Suspensi 120 ml

Obat ini memiliki kombinasi aluminium hidroksida dan magnesium hidroksida. Kandungan tersebut dapat menghambat pepsin agar nyeri ulu hati yang terjadi karena iritasi asam lambung dan pepsin mereda. Sementara kandungan simethicone di dalamnya bekerja untuk mengatasi sendawa,  serta rasa tidak nyaman karena kelebihan gas di perut. 

Sanmag Suspensi juga dapat meredakan gejala gastritis, tukak lambung, tukak usus 12 jari yang bergejala mulai dari mual, nyeri lambung, kembung, dan perasaan penuh di lambung. 

Untuk penggunaannya, kamu sebaiknya minum obat ini saat perut kosong, 1-2 jam setelah makan, dan sebelum tidur. Dosis pemakaiannya adalah sebanyak 1-2 sendok takar (5-10 ml) untuk 3 sampai 4 kali sehari. 

Rentang harga: Rp36.500-Rp37.300 per botol. 

Dapatkan Sanmag Suspensi 120 ml  di Toko Kesehatan Halodoc.

5. Mylanta Sirup 50 ml

Rekomendasi obat asam lambung yang terakhir ini memiliki kandungan aluminium hidroksida kering, magnesium hidroksida, dan simetikon di dalamnya.

Dengan kombinasi beberapa senyawa tersebut, Mylanta Sirup 50 ml ini bisa membantu mengobati berbagai kondisi yang berkaitan dengan asam lambung. Mulai dari kelebihan asam lambung, gastritis, tukak lambung, sampai tukak usus 12 jari yang memiliki gejala mulai dari mual, nyeri lambung, atau nyeri ulu hati. 

Mylanta Sirup 50 ml sebaiknya dikonsumsi 1 jam sebelum makan atau 2 jam sesudah makan dan menjelang tidur. Berikut dosis pemakaiannya: 

  • Orang dewasa: 1-2 sendok takar (5-10 ml) sebanyak 3 sampai 4 kali sehari.
  • Anak usia 6 sampai 12 tahun: ½ – 1 sendok takar (2.5-5 ml) sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. 

Rentang harga: Rp18.100 – Rp18.300 per botol. 

Dapatkan Mylanta Sirup 50 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa cara mengatasi penyakit asam lambung yang kambuh dan rekomendasi obat-obatan untuk membantu meredakannya. Jika kondisi tak kunjung membaik, jangan ragu untuk menghubungi dokter di Halodoc.  Konsultasi  bisa kapan saja dan di mana saja karena dokter-dokter di Halodoc tersedia 24 jam!

Temukan juga  obat, suplemen, dan produk kesehatan lainnya  di  Toko Kesehatan Halodoc. Produk kesehatannya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik. 

Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2022. 9 Ways To Relieve Acid Reflux Without Medication.
Medical News Today. Diakses pada 2022. How Can You Stop Acid Reflux?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan