• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Pria

5 Masalah Kulit yang Rentan Dialami oleh Pria

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Perawatan kulit bukan hanya urusan wanita saja, tapi pria juga perlu melakukannya. Pasalnya, sama seperti wanita, pria pun tidak luput dari berbagai masalah kulit. Umumnya, kulit pria lebih kasar daripada wanita memerlukan perawatan ekstra untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya.

Aktivitas pria yang biasanya lebih banyak di luar ruangan juga bisa membuat kulit wajah pria menjadi kotor akibat paparan debu dan polusi udara. Belum lagi ditambah dengan paparan sinar matahari dan keringat. Semuanya itu menjadi faktor yang bisa menyebabkan masalah kulit bila kamu malas membersihkan wajah. 

Baca juga: Alasan Pria Juga Butuh Perawatan Wajah

Berikut ini beberapa masalah kulit yang rentan dialami pria:

1.Jerawat

Jerawat adalah masalah kulit yang umum dan bisa terjadi baik pada pria maupun wanita. Meskipun paling sering terjadi pada masa remaja, jerawat pun bisa muncul di usia dewasa. Penyebab jerawat pada orang dewasa tidak jauh berbeda dari penyebab jerawat anak remaja yang sering kali dipicu oleh gaya hidup. 

Namun, salah satu penyebab utama jerawat pada pria dewasa adalah penggunaan produk rambut berminyak yang bisa menyumbat pori-pori, sehingga menimbulkan jerawat. Penyebab lain yang bisa memperparah jerawat orang dewasa adalah penggunaan steroid tertentu yang digunakan beberapa pria untuk memperbesar otot.

2.Masalah Kulit Akibat Bercukur

Pria tampaknya sering menghadapi sejumlah masalah kulit yang berkaitan dengan bercukur, salah satu yang paling umum adalah munculnya gumpalan atau benjolan yang diperburuk saat mencukur. 

Selain itu, menentukan arah mencukur juga menjadi perdebatan. Di satu sisi, mencukur berlawanan arah dengan pertumbuhan rambut memang bisa memberimu hasil cukur yang lebih rapi dan tampilan yang lebih bersih. Namun, hal itu bisa menyebabkan sejumlah masalah kulit. Bila kamu mencukur berlawanan arah dengan pertumbuhan rambut, rambut cenderung tumbuh ke dalam, sehingga menyebabkan benjolan pisau cukur, gatal dan kemerahan pada area yang dicukur. 

Pria juga berisiko mengalami sycosis barbae, infeksi kulit yang bisa dipicu oleh kegiatan mencukur.

3.Bekas Jerawat dan Flek

Bekas luka adalah kondisi saat kolagen di dasar kulit rusak dan lubang terbentuk. Namun, banyak orang sering mengira bintik bekas jerawat sebagai bekas luka. Kondisi itu disebut sebagai hiperpigmentasi pasca inflamasi atau post-inflammatory hyperpigmentation (PIH). Karena itu, untuk mendapatkan pengobatan yang tepat, kamu perlu mengetahui dulu apakah kamu memiliki bekas jerawat atau PIH.

Pada kasus flek, hanya ada sedikit peradangan dan tidak ada kerusakan yang disebabkan pada kolagen, sehingga tidak ada kerusakan tekstur. Bila kamu memiliki flek atau pigmentasi, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, yaitu hindari paparan sinar matahari agar kondisinya tidak bertambah buruk, dan gunakan produk pencerah kulit yang akan mengurangi produksi melanin.

Di sisi lain, bekas luka atau jaringan parut adalah kerusakan yang lebih dalam yang juga memengaruhi tekstur kulit. Bekas luka bisa dikurangi, tapi tidak bisa dihilangkan seluruhnya.

4.Lingkaran Hitam

Terlalu lama di depan laptop atau gadget, kelelahan, kurang tidur, dan stres seringkali menjadi penyebab paling umum dari lingkaran hitam atau mata bengkak. Paparan sinar matahari juga tidak jarang menyebabkan masalah kulit pada pria tersebut.

Kebanyakan spesialis kulit merekomendasikan perubahan gaya hidup untuk mengatasi lingkaran hitam, seperti menjaga area di sekitar mata tetap lembap, mengurangi penggunaan gadget, dan tidur yang cukup juga penting. Kamu bisa memasukkan penggunaan krim mata ke dalam rutinitas malam kamu, yang tidak hanya dapat mencerahkan lingkaran hitam tapi juga mengurangi bengkak.

Baca juga: 6 Cara Mudah Hilangkan Mata Panda

5.Kulit Kering

Hanya minum sedikit air, terlalu banyak minum kopi, kurang tidur, dan terpapar sinar matahari dalam waktu lama, ditambah dengan kerusakan kulit yang teratur akibat produk cukur sering kali menyebabkan kekeringan kronis pada kulit wajah pria. Cara mengatasi masalah kulit pria tersebut adalah dengan melakukan perubahan gaya hidup, seperti mengonsumsi air putih minimal tiga liter sehari, menggunakan produk pelindung matahari, mengonsumsi makanan sehat, dan tidur yang cukup.

Nah, itulah masalah kulit yang bisa dialami oleh pria. Tidak perlu melakukan perawatan kulit yang rumit seperti wanita, kamu bisa menjaga kesehatan kulit dengan cara mencuci muka minimal dua kali sehari, menggunakan tabir surya setiap akan beraktivitas di luar rumah, dan menggunakan pelembap untuk melembapkan kulit.

Baca juga: 5 Perawatan Wajah yang Cocok untuk Pria

Bila kamu mengalami masalah kulit tertentu, enggak usah khawatir. Bicarakan saja pada dokter dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk mendapatkan solusi kesehatan dengan mudah.

Referensi:
Lifestyle Asia. Diakses pada 2020. Adult acne & dry skin: Common men’s skincare issues decoded by dermats