5 Obat Herbal untuk Mengatasi Tenggorokan Kering Akibat Polusi Udara

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Maret 2024

“Ada beberapa pilihan obat yang dapat kamu gunakan untuk mengatasi tenggorokan kering akibat polusi udara. Contohnya Enkasari Herbal 120 ml, Jesscool Jeruk Nipis Effervescent 6 Tablet, hingga Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet yang bisa kamu beli di Halodoc. ”

5 Obat Herbal untuk Mengatasi Tenggorokan Kering Akibat Polusi Udara5 Obat Herbal untuk Mengatasi Tenggorokan Kering Akibat Polusi Udara

DAFTAR ISI

Pilihan Obat Herbal untuk Tenggorokan Kering karena Polusi Udara


Halodoc, Jakarta – Tenggorokan kering bisa terjadi karena berbagai kondisi. Misalnya, asupan cairan harian yang tidak terpenuhi atau paparan polusi udara. Namun, masalah ini juga bisa menjadi gejala medis tertentu, seperti infeksi saluran pernapasan. 

Tentu saja, tenggorokan yang kering membuat siapa saja yang mengalaminya merasa tidak nyaman, baik saat makan, minum, maupun bicara. Lantas, apa saja sih obat-obatan yang efektif untuk mengatasi kondisi ini?

Pilihan Obat Herbal untuk Tenggorokan Kering karena Polusi Udara

Paparan udara berlebihan dapat meningkatkan risiko terserang berbagai gangguan kesehatan. Seringnya adalah Infeksi Saluran Pernapasan Atas (ISPA). Gejalanya sangat bervariasi, salah satunya yang sangat khas adalah tenggorokan kering sehingga kamu lebih sering batuk. 

Tidak hanya memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, kamu juga bisa memakai obat herbal untuk mengatasi tenggorokan kering dan gatal karena polusi udara. Beberapa pilihannya, antara lain: 

1. Enkasari Herbal 120 ml

Rekomendasi obat herbal untuk tenggorokan kering ini berjenis obat kumur. Tak hanya mengatasi masalah tenggorokan, Enkasari Herbal 120 ml juga bisa membantu mengurangi sariawan, menyegarkan mulut, dan mengurangi bau mulut. 

Untuk menggunakannya, cukup tuangkan produk pada tutup botol sebanyak 15 ml dan berkumur selama 30-60 detik.

Berikut dosis penggunaannya: 

  • Orang dewasa: 3 kali sehari sebanyak 2 gelas takar. 
  • Anak di atas 5 tahun: 2 kali sehari sebanyak 1 gelas takar. 

Perlu diingat juga, Enkasari Herbal 120 ml adalah obat yang tidak boleh ditelan dan cukup untuk dikumur saja. 

Kisaran harga: Rp26.500 per botol. 

Dapatkan Enkasari Herbal 120 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Jesscool Jeruk Nipis Effervescent 6 Tablet

Nah, obat yang satu ini cocok untuk mencegah serta mengatasi gejala panas dalam. Mulai dari sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah sampai susah BAB.

Saat sakit tenggorokan menyerang, kamu bisa mengkonsumsi Jesscool Jeruk Nipis Effervescent 6 Tablet sesuai dengan dosis berikut: 

  • Pencegahan: sehari 1 kali sebanyak 1 tablet (orang dewasa) dan sehari sekali sebanyak ½ tablet (anak 6-12 tahun). 
  • Pengobatan: sehari 2 sampai 3 kali sebanyak 1 tablet (orang dewasa) dan 2 sampai 3 kali sebanyak ½ tablet (anak 6-12 tahun). 

Rentang harga: Rp9.700 – Rp14.100 per box. 

Dapatkan Jesscool Jeruk Nipis Effervescent 6 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

3. Golden Throat Lozenges 12 Tablet

Golden Throat Lozenges termasuk traditional chinese medicine (TCM) dan terbuat dari beberapa bahan-bahan herbal. Contohnya seperti adas bintang, lonicerae flos, lo han kuo, dan masih banyak lagi.

Obat ini cocok untuk: 

  • Menyegarkan dan melegakan tenggorokan.
  • Meredakan peradangan.
  • Menghilangkan bau mulut.
  • Suara serak karena sakit tenggorokan.

Untuk penggunaannya, kamu cukup hisab satu tablet perlahan-lahan hingga larut dalam mulut. 

Kisaran harga: Rp21.200 per box.

Dapatkan Golden Throat Lozenges 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. Sanjin Watermelon Frost Lozenges 12 Tablet

Sanjin Watermelon Frost Lozenges adalah obat herbal sakit tenggorokan yang bekerja dengan membersihkan panas dan racun panas dari mulut serta tenggorokan.

Tapi, tak hanya sakit tenggorokan yang bisa diatasi obat ini. Kondisi seperti nyeri dan pendarahan dan sariawan juga bisa diredakan. 

Karena Sanjin Watermelon Frost Lozenges termasuk obat hisap, untuk penggunaanya kamu cukup hisap satu tablet hingga larut sebanyak 1 sampai 2 tablet 3 kali sehari. 

Kisaran harga: Rp20.500 per box.

Dapatkan Sanjin Watermelon Frost Lozenges 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet

Rekomendasi obat sakit tenggorokan ini juga termasuk traditional chinese medicine (TCM). Obat ini bisa membantu meredakan panas dalam dengan batuk. 

Untuk aturan pakainya, obat ini bisa digunakan 1 sampai 2 kali dalam 1 kotak kecil atau sekitar 14 gram per harinya. Cukup larutkan satu potong obat ini dengan 100 ml air dan aduk sampai larut sebelum minum.

Rentang harga: Rp17.200 – Rp36.500 per box.

Dapatkan Lo Han Kuo Infusion 12 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. 

Itulah beberapa rekomendasi obat herbal untuk mengatasi tenggorokan kering karena polusi udara. Jika tenggorokan kering tidak membaik meski kamu sudah minum obat-obatan di atas, jangan ragu untuk temukan produk kesehatan lainnya yang di Toko Kesehatan Halodoc. Produk kesehatan 100% asli dan tepercaya!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. What Causes Dry Throat, and How Is It Treated?
Medical News Today. Diakses pada 2023. How Do You Cure a Dry Throat? 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan