• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pilihan Tanaman Herbal untuk Mengatasi Asam Urat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 5 Pilihan Tanaman Herbal untuk Mengatasi Asam Urat

5 Pilihan Tanaman Herbal untuk Mengatasi Asam Urat

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 Oktober 2022

“Pengidap asam urat biasanya akan diresepkan allopurinol untuk menghindari kekambuhan. Selain obat ini, penyakit asam urat ternyata juga dapat diatasi dengan konsumsi beberapa jenis tanaman herbal.”

5 Pilihan Tanaman Herbal untuk Mengatasi Asam Urat5 Pilihan Tanaman Herbal untuk Mengatasi Asam Urat

Halodoc, Jakarta – Asam urat adalah jenis radang sendi yang menyebabkan rasa sakit yang mirip dengan osteoartritis. Penyakit ini disebabkan oleh penumpukan asam urat yang tinggi dalam darah. Asam ini kemudian menumpuk di persendian dan menyebabkan peradangan disertai rasa tidak nyaman dan nyeri.

Pengidap biasanya diresepkan obat asam urat yang mengandung allopurinol untuk menghindari kekambuhan. Selain obat ini, penyakit ini ternyata juga dapat diatasi oleh beberapa jenis tanaman herbal. Beberapa jenis tanaman herbal ini sudah terbukti secara ilmiah dapat mengurangi gejala dan kekambuhan yang mungkin akan terjadi.

Jenis Tanaman Herbal untuk Mengatasi Asam Urat

Karena risiko efek samping yang rendah, obat-obatan yang berasal dari bahan alami dianggap lebih aman untuk mengobati gangguan seperti asam urat. Nah, berikut adalah beberapa obat herbal yang terbukti ampuh mengurangi gejala asam urat:

  1. Jahe

Jahe adalah tanaman dan ramuan herbal yang ampuh untuk mengatasi kondisi peradangan. Kemampuannya untuk mengatasi asam urat telah terbukti dengan baik.

Jahe yang dioleskan dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan penyakit asam pada tubuh. Jahe juga dapat mengurangi kadar asam urat tinggi (hiperurisemia). 

Kamu bisa mencampur parutan jahe dengan air hangat atau mendidih yang kemudian dijadikan teh. Selain itu, jahe dapat dioleskan ke daerah sendi yang bermasalah atau digunakan sebagai kompres dalam bentuk pasta. 

  1. Habbatussauda

Jintan hitam, juga dikenal sebagai habbatussauda, telah digunakan sebagai obat tradisional sejak dahulu. Habbatussauda dianggap sangat efektif untuk mengurangi peradangan yang diakibatkan oleh asam urat karena tanaman ini memiliki sifat antiradang.

  1. Kombinasi Cuka Apel, Jus Lemon, dan Kunyit

Cuka apel, jus lemon, dan kunyit sering digunakan secara bersamaan untuk mengobati asam urat. Kandungan dari kombinasi tiga bahan ini dapat dengan ampuh menurunkan kandungan asam dalam sendi. Kandungan curcumin dalam kunyit memiliki sifat antiradang yang dapat membantu meredakan peradangan.

Keasaman cuka apel dan jus lemon juga disinyalir dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat radang sendi, termasuk asam urat. Pasalnya, bahan ini dapat meningkatkan alkalinitas (kebasaan) tubuh dan memiliki sifat antiinflamasi. 

Kamu bisa campurkan jus dari perasan setengah lemon ke dalam air hangat. Campurkan dengan 2 sendok teh kunyit dan 1 sendok teh cuka sari apel. Kamu pun bisa meminumnya dua sampai tiga kali sehari.

  1. Biji Seledri

Seledri adalah herbal tradisional yang digunakan untuk mengobati masalah kencing. Untuk asam urat, ekstrak dan biji seledri biasanya yang digunakan untuk mengatasi gejala dan kekambuhan. 

Beberapa kandungan yang ditemukan dalam biji seledri, seperti luteolin dan 3-n-butylphthalide (3nB), telah terbukti membantu dalam mengurangi peradangan dan mengatur sintesis urat. 

  1. Bunga Dandelion

Teh atau ekstrak bunga dandelion dipercaya dapat mengobati asam urat. Diperkirakan bahwa bunga dandelion dapat menurunkan kadar asam pada tubuh orang yang berisiko terkena penyakit ginjal.

Namun, hal ini belum dibuktikan sepenuhnya secara medis. Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui manfaat bunga dandelion sebagai obat asam urat.

Itulah pembahasan seputar jenis tanaman herbal untuk asam urat. Jika kamu ingin berkonsultasi ke dokter terkait kesehatan, kamu bisa menghubunginya melalui Halodoc. Bila dokter meresepkan obat, cek kebutuhan medis di Halodoc. Tunggu apa lagi, segera download Halodoc sekarang! 

Referensi:
Commonwealth Herbs. Diakses pada 2022. Simple Herbs for Gout and Kidney Support.
Healthline. Diakses pada 2022. Gout Natural Remedies