• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Cara Tepat Merawat Kucing Bengal

6 Cara Tepat Merawat Kucing Bengal

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
6 Cara Tepat Merawat Kucing Bengal

Halodoc, Jakarta - Sudah tak asing dengan kucing bengal? Kucing ini adalah persilangan kucing domestik shorthair dengan kucing Asian leopard cat. Kucing bengal memiliki bulu dengan bintik-bintik yang mirip dengan macan tutul. 

Trah Bengal dicapai dengan mengawinkan Asian leopard cat yang kecil dan liar dengan kucing peliharaan, sehingga menghasilkan tampilan "liar" yang disukai banyak orang, tanpa bagian agresi liar. Kucing yang satu ini terbilang aktif bergerak, cerdas, gemar memanjat, dan bermain dengan air. 

Bagi kamu yang ingin memelihara kucing ini, berikut ini tips yang perlu diketahui untuk merawat kucing bengal.

Baca juga: Ketahui 7 Fakta Menarik tentang Kucing Bengal 

1. Berikan Makanan Kaya Nutrisi 

Sama halnya dengan hewan peliharaan lainnya, kucing bengal harus diberikan makanan kaya nutrisi agar pertumbuhannya lancar dan tubuhnya selalu sehat. Hati-hati, kekurangan nutrisi memengaruhi daya tahan tubuh kucing ini. Namun, tercukupinya asupan nutrisi dapat membuat kucing ini tidak mudah terserang penyakit.

2. Perhatikan Kebersihan Bulunya

Kucing bengal tidak memerlukan perawatan khusus yang berlebihan. Boleh dibilang mereka tak ubahnya seperti "kucing rumahan" yang lebih besar.

Nah, kamu harus merawat kucing bengal dengan memerhatikan kebersihan bulunya. Rutin sisir bulunya untuk menghilangkan bulu mati dan mencegah terjadinya bola bulu (hairball). Sisirnya bulunya dengan lembut menggunakan sisir atau sikat khusus untuk membuatnya merasa nyaman.

Selain itu, pangkas kukunya setiap beberapa minggu. Jangan lupa sediakan kotak kotoran yang bersih, karena setiap kucing pasti akan mulai menolak menggunakan kotak yang kotor dan bau.

3. Kebersihan Telinga, Mata, dan Gigi

Bukan cuma kebersihan bulunya saja yang perlu diperhatikan, tapi juga mata telinga, dan giginya. Cobalah periksa telinganya secara rutin untuk memastikan tidak ada benda atau kutu yang bersembunyi di dalamnya.

Di samping itu, jangan lupakan kebersihan matanya. Caranya mudah, cukup basahi bola kapas dan oleskan dengan lembut ke area sekitar mata untuk menghilangkan kotorannya. Setelah itu, bersihkanlah giginya untuk mencegah risiko infeksi mulut. 

Baca juga: Uniknya 7 Jenis Kucing Persilangan Hutan dan Domestik Ini

4. Berikan Mainan 

Ingat, kucing bengal adalah kucing yang sangat aktif. Nah, untuk menyalurkan energinya, cobalah sediakan banyak mainan untuk dirinya. Contohnya, sediakan climbing tree sebagai bertengger untuk mengamati ruangan. Selain itu, sediakan mainan-mainan interaktif untuk kucing begal, seperti bola, laser, atau mainan lainnya.  

5. Ajak Bermain

Sediakan waktu untuk mengajak kucing bengal bermain. Sekali-kali ajaklah kucing tersebut berjalan di luar atau halaman rumah agar dirinya bisa menikmati suasana baru.

Namun, pastikan tempat tersebut aman dan bersih bagi kucing kesayanganmu. Kamu juga bisa mengajaknya bermain dengan air. Kucing ini dikenal sebagai kucing yang suka air, yang tidak dimiliki kebanyakan kucing rumahan. 

6. Perhatikan Luas Ruangan

Kucing yang mirip macan tutul ini sangat atletis dan aktif. Nah, bagi kamu yang ingin memelihara kucing bengal, sebaiknya sediakan ruangan yang cukup untuk menunjang aktivitasnya.

Jika diberikan ruang yang cukup untuk beraktivitas, kucing ini dapat menjaga berat badannya tanpa terlalu banyak kesulitan. Kucing bengal harus memiliki kemampuan untuk berlari dan berolahraga dengan bebas. 

Baca juga: Ragam Makanan Kesukaan Kucing yang Perlu Diketahui

7. Lebih Baik di dalam Ruangan

Seperti kucing rumahan lainnya, kucing bengal paling baik dipelihara di dalam ruangan. Tujuannya untuk melindungi mereka tertular penyakit dari hewan lain, berkelahi, diserang oleh predator, atau tertabrak kendaraan.

Nah, itulah cara merawat kucing bengal yang perlu diketahui. Bagi kamu yang mau tahu lebih jauh, tanyakan langsung pada dokter hewan melalui aplikasi Halodoc.

Kamu juga bisa membeli obat atau vitamin untuk mengatasi keluhan kesehatan menggunakan aplikasi Halodoc sehingga tidak perlu repot keluar rumah. Sangat praktis, bukan? 



Referensi:
Rover.com. Diakses pada 2021. 10 Fascinating Facts About Bengal Cats Cattime.com. Diakses pada 2021. Bengal Cats
Hill's Pet Nutrition. Diakses pada 2021. Bengal Cat Information and Personality Trait