• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Kebiasaan di Kamar Mandi Ini Berdampak Negatif bagi Kesehatan

6 Kebiasaan di Kamar Mandi Ini Berdampak Negatif bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak orang (mungkin juga termasuk kamu) sering menghabiskan waktu yang lama di kamar mandi. Mandi di bawah pancuran air hangat memang bisa menjadi waktu yang paling menyenangkan dan membuat rileks setelah lelah beraktivitas seharian.

Baca juga: Tips Membersihkan Kamar Mandi Selama Pandemi Corona

Namun, tahukah kamu bahwa kamar mandi adalah tempat yang sangat kotor di mana terdapat ratusan juta bakteri di dalamnya? Berlama-lama di kamar mandi dapat membuat kamu tanpa sadar melakukan kebiasaan yang bisa memberikan dampak negatif bagi kesehatan. Berikut ini kebiasaan buruk di kamar mandi yang perlu dihentikan:

1.Menggunakan Loofah

Menggunakan loofah untuk mandi sebenarnya baik karena perlengkapan mandi tersebut dapat membantu menggosok dan membersihkan sel kulit mati dari tubuh kamu. Namun, kebiasaan buruk di kamar mandi yang sering dilakukan beberapa orang adalah menggantung loofah begitu saja setelah menggunakannya. Nah, hal ini dapat menjadi kesempatan bagi bakteri untuk berkembang biak. 

Setiap kali kamu menggantung loofah di kamar mandi setelah mandi, bakteri terus berkembang biak. Akibatnya, bukannya menjadi lebih bersih, kotoran akan kembali menempel di badan kamu ketika mandi.

Jadi, gantunglah loofah di tempat yang kering agar tidak menjadi sarang bakteri. Selain itu, kamu juga perlu mengganti loofah secara berkala.

2.Membiarkan Handuk Basah Tergantung di Kamar Mandi

Tidak hanya menggantung loofah, menggantung handuk basah di kamar mandi juga adalah kebiasaan yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Pasalnya, udara yang lembap dan banyaknya bakteri di kamar mandi dapat membuat handuk kamu menjadi sarang yang baik bagi bakteri untuk berkembang biak.

3.Membawa Gadget Ke Dalam Kamar Mandi

Membawa gadget ke dalam kamar mandi adalah kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan banyak orang. Dikutip dari laman Brightside, setidaknya hampir 90 persen orang melakukannya. Biasanya, kebanyakan orang melakukannya agar tidak merasa bosan saat berada di toilet. 

Namun, tahukah kamu bahwa kebiasaan buruk di kamar mandi tersebut dapat berdampak negatif bagi kesehatan. Hal itu karena kuman yang ada di tangan setelah menggunakan toilet dapat menempel pada gadget dan berisiko menempel pada bagian tubuh lain.

4.Menaruh Sikat Gigi Dekat Toilet

Kamu tentunya tidak mau kalau sikat gigi menjadi tempat bersarangnya bakteri? Hentikan kebiasaan menaruh sikat gigi sembarangan di kamar mandi, apalagi dekat dengan toilet.

Pasalnya, saat membilas toilet, air toilet yang sudah bercampur dengan zat sisa urine atau feses dapat terciprat dan mencemari sikat gigi yang kamu taruh di dekatnya. Akibatnya, kuman yang menempel di sikat gigi dapat masuk ke dalam tubuh saat menyikat gigi dan berdampak negatif bagi kesehatan.

5.Mandi Terlalu Lama

Meskipun menyenangkan dan membuat rileks, mandi terlalu lama dapat menghilangkan kelembapan yang dibutuhkan kulit. Kebiasaan buruk di kamar mandi tersebut akhirnya membuat kulit menjadi kering dan gatal. Sebaiknya, waktu untuk mandi berkisar dari 5 sampai 10 menit.

Baca juga: Dampak Terlalu Sering Mandi Air Hangat

6.Duduk di Toilet Lebih Dari 15 Menit

Bukan tanpa alasan kamu dianjurkan untuk tidak membawa gadget atau buku ke dalam kamar mandi. Pasalnya, hal itu bisa membuat kamu tanpa sadar dapat duduk di toilet terlalu lama. Para peneliti percaya bahwa duduk di toilet lebih dari 15 menit bisa berdampak negatif bagi kesehatan. Tekanan ekstra pada pembuluh darah dapat menimbulkan wasir yang akhirnya dapat menyebabkan perdarahan.

Baca juga: Main Ponsel di Toilet Bikin Wasir? Ini Penjelasannya

Nah, bila ada satu atau beberapa kebiasaan di kamar mandi di atas yang sering kamu lakukan, sebaiknya segera hentikan. Jika kamu mengalami keluhan kesehatan, segera tanyakan pada dokter. Jangan lupa download aplikasi Halodoc yang dapat memberi kamu solusi kesehatan kapan saja dan di mana saja. 



Referensi:
Brightside. Diakses pada 2020. 10 Bathroom Habits That Could Be Wrecking Your Health.
Huffpost. Diakses pada 2020. 10 Bad Shower Habits You Need To Break.
Shape. Diakses pada 2020. 8 Gross Bathroom Habits That Are Bad for Your Health