6 Manfaat Rutin Minum Air Putih untuk Kesehatan

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   27 Agustus 2021
6 Manfaat Rutin Minum Air Putih untuk Kesehatan6 Manfaat Rutin Minum Air Putih untuk Kesehatan

Air putih yang dikonsumsi tidak hanya berperan dalam menghilangkan rasa haus. Ternyata, ada beragam manfaat kesehatan yang bisa didapat dari rutin minum air setiap hari. Selain itu, konsumsi air juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya beragam penyakit. Biar lebih jelas, baca selengkapnya di artikel ini!

Halodoc, Jakarta – Air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain membantu menghilangkan rasa haus, nyatanya rutin minum air putih juga baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk rutin minum air agar kebutuhan cairan tubuh bisa terpenuhi dan risiko gangguan kesehatan bisa dihindari. 

Sebenarnya, ada beragam jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, jenis minuman yang paling baik dan disarankan untuk rutin dikonsumsi adalah air putih. Pasalnya, cairan ini bebas kalori dan gula sehingga dianggap lebih sehat. Orang dewasa disarankan untuk minum setidaknya 8 gelas atau sekitar 2 liter air setiap hari. 

Baca juga: Benarkah Minum Air Kelapa Menyehatkan Ginjal?

Manfaat Air Putih yang Sayang Dilewatkan 

Nyatanya, ada sejumlah manfaat kesehatan dari rutin minum air putih yang sayang untuk dilewatkan. Di antaranya: 

  1. Mencegah Dehidrasi 

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air, maka dari itu kurang asupan cairan bisa meningkatkan risiko dehidrasi. Kondisi ini tidak boleh disepelekan karena bisa meningkatkan risiko sakit kepala, gangguan konsentrasi, lemas, hingga gangguan pada fungsi ginjal. Pada kondisi yang parah, dehidrasi bahkan disebut bisa membahayakan nyawa. 

  1. Sendi dan Otot Lebih Sehat 

Rutin minum air putih juga bisa meningkatkan kekuatan otot dan sendi tubuh. Hal ini bisa membantu menghindari risiko penyakit yang berkaitan dengan sendi dan otot, serta memudahkan aktivitas sehari-hari.

  1. Membantu Penurunan Berat Badan 

Jika kamu sedang berusaha menurunkan berat badan, cobalah untuk lebih banyak minum air putih. Cairan ini disebut bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga pembakaran lemak bisa terjadi lebih cepat.

Baca juga: Alasan Penting Kenapa Tubuh Tidak Boleh Dehidrasi

  1. Kulit Lebih Sehat 

Kurang asupan cairan bisa berdampak pada kesehatan kulit. Hal ini bisa membuat kulit menjadi lebih kering dan terlihat kusam. Untuk menghindarinya, pastikan kebutuhan asupan cairan selalu terpenuhi. Hal ini juga bisa menjaga kelembapan kulit. 

  1. Baik untuk Pencernaan 

Rutin minum air putih bisa membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan. Saat asupan cairan tidak cukup, risiko terjadinya gangguan pencernaan seperti sembelit akan menjadi lebih tinggi. 

  1. Stamina Terjaga 

Agar aktivitas sehari-hari bisa berjalan lancar, tubuh membutuhkan energi dan stamina yang terjaga. Selain dari makanan yang dikonsumsi, energi tubuh juga bisa didapat dari konsumsi air putih secara rutin. Asupan cairan bisa mencegah tubuh menjadi lemas dan kehabisan energi. 

Tips Memenuhi Cairan Tubuh 

Rutin minum air putih bisa membantu menjaga kesehatan tubuh dan mencegah penyakit. Biar kebutuhan asupan cairan tubuh bisa terpenuhi, coba terapkan beberapa tips berikut ini: 

  • Biasakan minum air putih pada waktu tertentu setiap hari, misalnya saat bangun tidur, sebelum dan setelah makan, serta sebelum tidur di malam hari. 
  • Sediakan gelas atau botol yang diisi air di meja atau di dalam tas. 
  • Jika dibutuhkan, kamu bisa menambah irisan buah ke dalam air putih agar terasa menyegarkan. 

Baca juga: 9 Tanda Awal Gagal Ginjal yang Perlu Diketahui

Itulah tips memenuhi cairan tubuh dan apa saja manfaat sehat minum air putih. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang maksimal, pastikan untuk menerapkan gaya hidup sehat, berolahraga, dan konsumsi multivitamin jika dibutuhkan. Biar lebih mudah, beli vitamin atau produk kesehatan lain di aplikasi Halodoc saja. Dengan layanan antar, pesanan akan dikirim ke rumah segera. Download Halodoc di App Store atau Google Play! 

Referensi: 

NHS UK. Diakses pada 2021. Water, Drinks and Your Health.
NHS UK. Diakses pada 2021. Dehydration. 
Everyday Health. Diakses pada 2021. The Health Benefit of Water.
Healthline. Diakses pada 2021. How Much Water Should You Drink Per Day?

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan