• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Tips Memperkuat Sistem Imun Tubuh saat Musim Hujan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • 6 Tips Memperkuat Sistem Imun Tubuh saat Musim Hujan

6 Tips Memperkuat Sistem Imun Tubuh saat Musim Hujan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 04 November 2022

“Musim hujan mulai berlangsung, saatnya untuk memperkuat sistem imun agar terhindar dari berbagai penyakit. Caranya bisa dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin C hingga rutin berolahraga.”

6 Tips Memperkuat Sistem Imun Tubuh saat Musim Hujan6 Tips Memperkuat Sistem Imun Tubuh saat Musim Hujan

Halodoc, Jakarta – Cuaca yang basah dan lembab seperti di musim hujan, membuat bakteri dan virus mudah muncul. Oleh sebab itu,  kita perlu memperkuat sistem imun agar  terhindar dari penyakit yang menjadi “langganan” saat musim hujan. Contohnya pilek, flu, dan demam. 

Di samping itu, musim hujan dapat mempengaruhi metabolisme, sehingga membuat tubuh rentan mengalami kembung dan gangguan pencernaan. Lantas, bagaimana cara memperkuat sistem imun supaya terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan musim hujan?

Cara Memperkuat Sistem Imun di Musim Hujan

Memperkuat sistem imun merupakan kunci untuk mencegah penyakit yang berhubungan dengan musim hujan. Nah, berikut ini beberapa cara memperkuat sistem imun di musim hujan:

1. Konsumsi sumber makanan kaya vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Ia dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan infeksi. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan pembentukan sel peningkat kekebalan, dan meningkatkan respons imunologis seluler. Untuk mendapatkan vitamin C, kamu dapat mengonsumsi buah jeruk, lemon, limau, paprika, brokoli, sayuran hijau lainnya, dan tombat. 

2. Tidur yang cukup

Tidur selama delapan jam dalam semalam dapat membuat tubuh menjadi rileks dan bugar untuk menjalani aktivitas di hari berikutnya. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu serta penyakit lainnya selama musim hujan.

3. Minum air putih yang cukup

Minum air putih memang tidak selalu melindungi tubuh dari kuman dan virus, tapi dapat mencegah tubuh dari  dehidrasi. Hati-hati, dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala dan menghambat kinerja fisik, fokus, suasana hati, pencernaan, dan fungsi jantung serta ginjal. Komplikasi yang diakibatkannya dapat meningkatkan kerentanan tubuh terhadap penyakit. 

Untuk mencegah dehidrasi, kamu harus minum cukup cairan setiap hari. Air putih lebih direkomendasikan karena tidak mengandung kalori, zat aditif, dan gula. 

4. Konsumsi sumber makanan lemak sehat

Lemak sehat seperti yang ditemukan dalam minyak zaitun dan salmon, dapat meningkatkan respon kekebalan tubuh terhadap patogen dengan mengurangi peradangan. Mengonsumsi makanan seperti ikan berlemak dan alpukat juga dapat membantu mengurangi peradangan kronis. Meskipun peradangan tingkat rendah adalah respons normal terhadap stres atau cedera, tapi kondisi tersebut tetap dapat menekan sistem kekebalan tubuh. 

5. Segera mandi jika kehujanan

Jika kamu kehujanan selama perjalanan dari luar rumah, maka sebaiknya segera mandi. Sebab air hujan yang membasahi tubuh dan pakaian bisa saja mengandung virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit. 

6. Olahraga teratur

Selain menjaga tubuh tetap bugar, olahraga juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan menstimulasi produksi serotonin dalam tubuh. 

Itulah yang perlu diketahui tentang cara memperkuat sistem imun di musim hujan. Jika kamu mengalami masalah kesehatan terkait musim hujan, segera tanya dokter di Halodoc untuk mendapatkan saran penanganan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

banner download aplikasi halodoc
Referensi:
Times of India. Diakses pada 2022. How to prevent yourself from infections and boost your immunity during this monsoon
CDC. Diakses pada 2022. Six Tips to Enhance Immunity
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Ways to Boost Your Body’s Natural Defenses