7 Makanan yang Mampu Meredakan Batuk Pilek

9 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Mei 2024

“Beberapa makanan seperti sup ayam yang hangat, kaldu, dan makanan pedas, bisa meredakan batuk pilek. Tapi, tak hanya makanan, ada juga obat-obatan yang bisa membantu proses penyembuhan batuk pilek, seperti Triaminic Batuk Pilek 60 ml dan Lapifed DM Sirup 100 ml yang bisa kamu beli di Halodoc.”

7 Makanan yang Mampu Meredakan Batuk Pilek7 Makanan yang Mampu Meredakan Batuk Pilek

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat untuk Meredakan Batuk Pilek 


Halodoc, Jakarta – Batuk pilek memang bisa menurunkan nafsu makan seseorang dan itu adalah hal yang wajar. Namun, mengonsumsi makanan bergizi yang tepat tetap diperlukan, untuk meningkatkan imunitas dan memberikan energi bagi tubuh, sehingga kamu bisa cepat pulih. 

Mau tahu apa saja rekomendasi makanan yang baik untuk melawan virus penyebab batuk pilek? Ini ulasannya!

Pilihan Makanan yang Baik untuk Batuk Pilek

Berikut beberapa pilihan makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi saat sedang batuk pilek:

1. Sup ayam

Bukan tanpa alasan sup ayam menjadi makanan yang sangat baik untuk meredakan batuk pilek. Makanan sehat ini merupakan sumber vitamin, mineral, kalori dan protein, yang semuanya dibutuhkan tubuh dalam jumlah banyak untuk pulih dari sakit.

Sup ayam juga kaya akan cairan dan elektrolit yang bermanfaat untuk mencegah kamu mengalami dehidrasi. Selain itu, makanan yang hangat dan mudah dikonsumsi tersebut juga mampu meredakan hidung tersumbat, karena kuah yang panas bisa membantu mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan. 

Ditambah lagi sup ayam juga memiliki kandungan asam amino sistein yang mampu memecah lendir, sekaligus memiliki efek antivirus, antiinflamasi, dan antioksidan.

Selain konsumsi makanan-makanan ini, ada baiknya juga kamu optimalkan proses penyembuhan dengan konsumsi obat. Temukan rekomendasinya di sini: “Ini Rekomendasi 7 Obat Batuk Berdahak yang Ampuh dan Aman”.

2. Makanan pedas

Tidak ada yang lebih nikmat dari mengonsumsi makanan berkuah yang hangat dan pedas saat batuk pilek. Hal itu bisa membantu melegakan saluran pernapasanmu yang tersumbat, lho.

Banyak orang mengatakan bahwa makan makanan pedas bisa meredakan pilek mereka, karena makanan tersebut mampu mengencerkan lendir dan membersihkan saluran sinus. 

Manfaat makanan pedas tersebut adalah berkat kandungan capsaicin dalam cabai yang dipercaya bisa mengencerkan lendir, dan membuatnya lebih mudah dikeluarkan. Semprotan capsaicin hidung juga sudah digunakan dan menunjukkan hasil yang baik untuk meredakan hidung tersumbat dan gatal-gatal.

3. Ikan salmon

Salmon adalah salah satu sumber protein terbaik untuk dikonsumsi saat kamu sedang sakit. Dagingnya yang lembut dan mudah dimakan, serta kaya akan protein berkualitas tinggi bisa mendukung pemulihan tubuh.

Salmon juga kaya akan asam lemak omega-3 yang memiliki efek antiinflamasi yang kuat yang bisa membantu sistem kekebalan tubuh bekerja lebih efektif. Itulah mengapa mengonsumsi ikan berlemak ini bisa membantu meredakan batuk dan pilek.

Selain itu, salmon juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik, termasuk vitamin D, yang banyak orang sering tidak mendapatkannya dalam jumlah yang cukup. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam fungsi kekebalan tubuh.

4. Buah jeruk

Kaya akan vitamin C, buah jeruk juga merupakan salah satu pilihan makanan yang baik untuk dikonsumsi saat sedang batuk pilek. 

Menurut ulasan yang dilakukan oleh National Center for Epidemiology and Population Health, di Australian National University, vitamin C sangat membantu dalam mencegah flu biasa yang sering disebabkan oleh lingkungan, seperti cuaca dingin. 

Nutrisi tersebut juga bisa membantu mengurangi keparahan pilek dan mempercepat pemulihannya.

5. Bawang putih

Bawang putih sudah dikenal akan khasiatnya yang banyak untuk kesehatan, sehingga sudah lama digunakan dalam pengobatan herbal. 

Dalam penelitian tabung reaksi dan hewan, bumbu dapur tersebut terbukti memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur. 

Sebuah studi pada 146 orang juga sudah menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi suplemen berbasis bawang putih, lebih jarang sakit daripada kelompok plasebo.

Jadi, cobalah untuk menambahkan bawang putih ke dalam makananmu untuk meredakan batuk pilek. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen bawang putih untuk mendapatkan manfaatnya.

6. Madu

Madu memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang bisa meredakan peradangan dan iritasi di tenggorokan. Konsumsi madu juga dapat mengurangi sekresi lendir sehingga gejala batuk batuk maupun batuk kering. 

Untuk pemakaiannya, kamu bisa minum sebanyak satu sendok teh atau campurkan madu dengan air hangat dan teh. 

Madu mudah dicari, tergolong murah, dan tidak menimbulkan risiko efek samping seperti kebanyakan obat. 

Hal istimewa lainnya adalah hampir semua orang dapat mengkonsumsinya, kecuali bayi di bawah 12 bulan karena risiko  penyakit botulisme (keracunan langka yang disebabkan oleh racun yang menyerang saraf). 

7. Kaldu

Seperti halnya sup ayam, kaldu juga merupakan sumber cairan dan elektrolit yang dapat membantu proses penyembuhan dikala sakit. 

Jika dikonsumsi saat panas, kaldu bisa meringankan penyumbatan sinus. Apalagi dengan bentuknya yang cair tapi masih kaya akan cita rasa serta nutrisi membuat makanan yang satu ini mudah dicerna. 

Itulah beberapa pilihan makanan yang bisa membantu meredakan batuk pilek. Bila keluhan kesehatan tersebut tidak kunjung sembuh juga, dan disertai oleh gejala lain yang mengkhawatirkan, sebaiknya konsultasikan ke dokter tepercaya di Halodoc.

Rekomendasi Obat untuk Meredakan Batuk Pilek

Setelah mencoba beberapa makanan pilihan di atas, kamu juga sebaiknya konsumsi obat-obatan batuk pilek di bawah ini agar proses penyembuhan lebih optimal: 

1. Triaminic Batuk Pilek 60 ml

Rekomendasi yang pertama adalah Triaminic Batuk Pilek 60 ml. Obat sirup rasa berry ini dapat membantu mengatasi gejala pilek. 

Bersin-bersin, hidung tersumbat, dan batuk tidak berdahak dapat dilawan dengan meminum obat ini. 

Triaminic Batuk Pilek 60 ml bisa diminum sebelum atau sesudah makan dengan dosis 3 kali sehari. 

Kamu tidak disarankan untuk mengendarai kendaraan setelah mengonsumsi obat ini. Sebab, ada efek kantuk yang datang setelahnya. 

Kisaran harga: Rp86.300 per botol. 

Dapatkan Triaminic Batuk Pilek 60 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

2. Actifed Plus Expectorant Sirup 60 ml (Hijau)

Obat batuk pilek yang satu ini mengandung triprolidine HCl, pseudoephedrine HCl, dan guaiphenesin. Dengan tiga bahan ini, pilek dan batuk berdahak bisa mereda. 

Actifed Plus Expectorant Sirup 60 ml (Hijau) bisa kamu minum sebelum atau sesudah makan. Berikut dosis penggunaannya: 

  • Dewasa dan anak-anak di atas 12 tahun: 1 sendok takar (5 ml), 3 kali sehari.
  • Anak-anak usia 6-12 tahun: ½ sendok takar (2,5 ml), 3 kali sehari. 

Tapi, perlu diperhatikan juga, obat ini dapat memberikan efek samping seperti rasa kantuk dan sakit kepala. 

Rentang harga: Rp68.500 – Rp69.800 per botol. 

Dapatkan Actifed Plus Expectorant Sirup 60 ml (Hijau) di Toko Kesehatan Halodoc. 

3. Silex Sirup 100 ml

Nah, obat batuk pilek yang satu ini terbuat dari banyak bahan alami. Contohnya seperti ekstrak thyme, ekstrak primulae, ekstrak althaea, ekstrak droserae, ekstrak serpylli, eucalyptus oil, anise oil, menthol oil, saccharin. 

Silex Sirup 100 ml baiknya diminum setelah makan dengan mengikuti dosis berikut: 

  • Dewasa: 1 sendok makan (15 ml), 3-4 kali sehari. 
  • Anak-anak : 1 sendok takar (5 ml), 3-4 kali sehari.

Tapi, jangan lupa kocok obat ini sebelum diminum. 

Rentang harga: Rp80.000 – Rp87.400 per botol. 

Dapatkan Silex Sirup 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

4. OBH Combi Plus Batuk Flu Menthol 100 ml

OBH Combi Plus Batuk Flu Menthol adalah obat batuk dengan kandungan OBH, paracetamol, ephedrine HCl, dan chlorpheniramine maleat. 

Kombinasi beberapa kandungan tersebut dapat meredakan batuk yang disertai gejala flu, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin. 

OBH bekerja sebagai peluruh dahak, paracetamol bisa meredakan demam dan sakit kepala, chlorpheniramine maleate bekerja meringankan gejala alergi, dan ephedrine HCl dapat melonggarkan saluran pernppasan. 

Untuk penggunaannya sendiri, OBH Combi Plus Batuk Flu Menthol 100 ml sebaiknya diminum setelah makan. 

Kisaran harga: Rp23.100 per botol. 

Dapatkan OBH Combi Plus Batuk Flu Menthol 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

5. Lapifed DM Sirup 100 ml

Rekomendasi obat batuk pilek yang terakhir adalah Lapifed DM Sirup 100 ml. 

Dengan  zat aktif triprolidine HCl, pseudoephedrine HCl, dan dextromethorphan HBr di dalamnya, obat ini dapat menjadi penangkal sejumlah gejala pilek. Seperti bersin-bersin dan hidung tersumbat. 

Lapifed DM Sirup juga dapat mengatasi rhinitis alergi yang disertai batuk. 

Sementara untuk aturan pemakaiannya, obat ini dianjurkan untuk diminum setelah makan dengan mengikuti dosis berikut: 

  • Dewasa & anak di atas 12 tahun: 3 kali sehari sebanyak 2 sendok takar (10 ml). 
  •  Anak usia 6-12 tahun: 3 kali sehari sebanyak 1 sendok takar (5 ml). 
  • Anak usia 2-5 tahun: 3 kali sehari sebanyak 0.5 sendok takar (2.5 ml). 

Kisaran harga: Rp46.700 per botol. 

Dapatkan Lapifed DM Sirup 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. 

Kamu juga bisa mencari produk kesehatan lainnya di Toko Kesehatan Halodoc. Produknya 100% asli dan tepercaya, diantar dalam waktu 1 jam, privasi dalam kemasan terjaga dengan baik!

Vaksin Flu Bisa di Rumah Pakai Halodoc

Selain mengonsumsi makanan di atas, hal yang tidak kalah penting adalah mencegah terjadinya gejala flu seperti hidung tersumbat, bersin, atau suara serak. 

Apalagi gejala tersebut ternyata dapat menyebabkan gangguan yang lebih serius. Contohnya seperti bronkitis dan pneumonia jika tidak segera diobati. 

Tapi, kamu tidak perlu khawatir, hal ini dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi influenza.

Untuk itu, sebaiknya segera lakukan Vaksinasi Influenza untuk mencegah risiko tersebut serta mencegah tubuh agar tidak terinfeksi oleh virus flu. 

Saat ini, kamu bisa mendapatkan vaksin flu dengan mudah tanpa harus keluar rumah.

Kamu bisa menggunakan layanan Halodoc Home Lab (tersedia di Jadetabek, Bandung, dan Surabaya) untuk melakukan Paket Vaksinasi Influenza + Pneumonia dari rumah. 

Layanan dari Halodoc Home Lab akan mendatangkan dokter khusus vaksinasi ke tempat atau di lokasi mana pun yang kamu pilih untuk pemberian vaksin.

Berikut beberapa keunggulan melakukan imunisasi anak dan vaksin dewasa lewat layanan Home Lab & Vaksinasi di Halodoc:

✔ Vaksinasi diberikan 100% oleh Dokter Khusus Vaksinasi. 

✔ Protokol kesehatan ketat. 

✔ Setelah vaksin diberikan, petugas medis akan melakukan observasi kondisi kesehatanmu untuk memastikan tidak ada efek samping yang berbahaya.

✔ Partner resmi produsen vaksin internasional sehingga vaksin terjamin keasliannya dan sudah terdaftar BPOM. 

✔ Hemat waktu dan biaya. 

✔ Harga vaksin influenza mulai dari Rp440.000,-, sementara untuk paket vaksin influenza dan pneumonia adalah Rp1.334.000,-, kamu bahkan bisa melakukan family booking untuk mendapatkan ekstra diskon.

✔ Tanpa perlu antre menunggu.

✔ Tanpa biaya tambahan.

Kapan saja kamu atau keluarga hendak mendapatkan vaksin ini, cukup pesan langsung melalui aplikasi Halodoc.

Booking Paket Vaksinasi Influenza + Pneumonia Lebih Mudah di Rumah Lewat Halodoc.

Kamu bisa order vaksinasi melalui aplikasi atau hubungi langsung nomor WhatsApp 0888-0999-9226.

Ayo, dapatkan vaksin influenza sekarang di Halodoc. Nanti, prosesnya langsung dilakukan oleh tenaga kesehatan tepercaya Halodoc di rumah tanpa harus antre!

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Honey for Your Sore Throat and Cough.
Healthline. Diakses pada 2024. The 15 Best Foods to Eat When You’re Sick.
Today. Diakses pada 2024. 17 immune-boosting foods to get you through cold and flu season. 
Very Well Health. Diakses pada 2024. How Honey May Help Your Cough. 

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan