7 Rekomendasi Buah yang Mengandung Vitamin E

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   03 Januari 2023

“Kebutuhan tubuh akan vitamin E bisa dipenuh dengan mengonsumsi makanan sehat, seperti buah-buahan. Beberapa buah yang mengandung vitamin E, antara lain alpukat, kiwi, pepaya, tomat, dan masih banyak lagi.”

7 Rekomendasi Buah yang Mengandung Vitamin E7 Rekomendasi Buah yang Mengandung Vitamin E

Halodoc, Jakarta – Vitamin E selama ini lebih dikenal sebagai nutrisi untuk kesehatan kulit, padahal peran vitamin tersebut tidak hanya itu saja. Vitamin E adalah sekelompok antioksidan kuat yang melindungi sel-sel tubuh kamu dari stres oksidatif. 

Memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut sangat penting agar tubuh bisa berfungsi secara normal. Bila kamu kekurangan vitamin E, kamu mungkin menjadi lebih rentan terhadap infeksi, berisiko mengalami gangguan penglihatan atau mengidap kelemahan otot. Untungnya, nutrisi tersebut bisa ditemukan di banyak makanan, salah satunya adalah buah-buahan.

Yuk, cari tahu buah yang mengandung vitamin E yang baik di sini!

Berbagai Pilihan Buah yang Mengandung Vitamin E

Berikut beberapa pilihan buah yang mengandung vitamin E yang direkomendasikan:

1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah super yang mengandung sedikit gula dan banyak nutrisi. Dalam 100 gram alpukat, juga terdapat 2,07 miligram vitamin E.

Dengan porsi yang sama, makanan sehat tersebut juga mengandung 10 miligram vitamin C yang menjadikannya buah yang sehat untuk dikonsumsi secara rutin. Alpukat juga mengandung kalium yang lebih banyak dari pisang.

2. Kiwi

Kiwi juga merupakan pilihan buah yang mengandung vitamin E yang baik. Dalam 1 porsi (177 gram) buah tersebut, terkandung 2, 6 miligram vitamin E yang bisa memenuhi 13 persen dari kebutuhan harian.

Selain itu, kiwi juga kaya akan vitamin C yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Mengonsumsi buah yang rasanya asam menyegarkan tersebut juga bisa membantu mengatasi insomnia lho berkat kandungan serotoninnya.

3. Pepaya

Satu porsi (140 gram) pepaya bisa memberikan 1 miligram vitamin E yang setara dengan 5 persen kebutuhan harian.

Buah yang bernutrisi tersebut juga memiliki sifat antioksidan kuat yang bisa membantu mencegah berbagai penyakit.

Pepaya bahkan bisa melawan peradangan dan mengatasi gangguan pencernaan.

4. Tomat

Bisa dikonsumsi secara langsung maupun diiris dan dimasukkan ke dalam roti isi, mengonsumsi 149 gram tomat bisa memberi kamu 0,8 gram vitamin E atau 4 persen dari kebutuhan harian.

Buah atau yang bisa juga dibilang sayuran ini juga sangat kaya akan lycopene, yaitu antioksidan yang dikenal bisa melawan kanker dan berbagai penyakit lainnya.

5. Zaitun

Mengonsumsi buah zaitun juga merupakan salah satu cara yang baik untuk mendapatkan kebutuhan vitamin E harian kamu.

Dalam 1 porsi (8 gram) buah tersebut, terdapat 0,1 miligram vitamin E.  Zaitun juga mengandung asam oleat yang mengatur kadar kolesterol, sehingga bisa meningkatkan kesehatan jantung.

6. Labu madu

Labu madu juga merupakan salah satu buah yang mengandung vitamin E. Dalam 100 gram buah tersebut yang dipanggang, terdapat 1,29 miligram vitamin E.

Selain itu, labu madu juga mengandung banyak vitamin dan nutrisi lain, seperti vitamin A, C, serat dan kalium.

Rasanya yang enak juga membuat buah ini menjadi favorit banyak orang. Labu madu bisa dikonsumsi dengan cara dipanggang, dibakar maupun dijadikan makanan pendamping.

7. Mangga

Bila mangga merupakan buah favorit kamu, maka  kamu bisa mendapatkan asupan vitamin E dengan mengonsumsi buah tersebut secara rutin. Mengonsumsi 1 porsi (100 gram) mangga bisa memberikan 0,9 miligram vitamin E atau 6 persen dari kebutuhan harian.

Itulah beberapa rekomendasi buah yang mengandung vitamin E. Bila kamu sakit atau memiliki keluhan kesehatan tertentu, coba periksakan saja ke dokter dengan buat janji medis melalui aplikasi Halodoc.

Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga untuk memudahkan kamu mendapatkan solusi kesehatan terlengkap!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. 10 foods rich in vitamin E.
Style Craze. Diakses pada 2023. 24 Best Vitamin E-Rich Foods You Should Include In Your Diet.
Insider. Diakses pada 2023. 5 foods packed with vitamin E and how best to eat them for maximum absorption

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan