Alami GERD Dapat Sebabkan Muntah, Ini Alasannya

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   29 April 2021
Alami GERD Dapat Sebabkan Muntah, Ini AlasannyaAlami GERD Dapat Sebabkan Muntah, Ini Alasannya

Halodoc, Jakarta – Muntah adalah kondisi yang bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari kehamilan, keracunan makanan, konsumsi obat-obatan, dan infeksi. Muntah biasanya diawali dengan perasaan mual yang tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas kamu sehari-hari.

Selain itu, muntah juga bisa menjadi gejala dari suatu penyakit, salah satunya adalah penyakit gastroesophageal reflux atau GERD. Nah, memahami lebih jauh tentang GERD dapat mencegah penyakit tersebut kambuh, sehingga gejala seperti muntah pun bisa dihindari. 

Baca juga: Alasan Penyakit GERD Bisa Memicu Sakit Tenggorokan

Alasan GERD Menyebabkan Muntah

GERD adalah kondisi yang ditandai dengan naiknya asam lambung kembali ke kerongkongan atau disebut juga refluks asam. Refluks asam sebenarnya adalah hal yang umum yang hampir pernah dialami oleh semua orang di suatu waktu dalam kehidupan mereka. Mengalami refluks asam sesekali adalah hal yang normal.

Namun, bila kamu mengalami refluks asam atau heartburn lebih dari dua kali seminggu selama beberapa minggu, kamu mungkin mengidap GERD. Nah, refluks asam yang terjadi akibat GERD lah yang bisa menyebabkan muntah.

Refluks asam terjadi ketika sfingter esofagus bagian bawah (LES), yaitu cincin otot yang memisahkan esofagus dan perut, tidak bisa menutup rapat setelah kamu mengonsumsi makanan atau minuman. LES yang tidak berfungsi dengan baik memungkinkan asam lambung dan partikel makanan mengalir kembali ke kerongkongkan dan tenggorokan.

LES bisa melemah karena sejumlah alasan. Bila kamu memiliki LES yang lemah, kamu mungkin akan sering mengalami refluks asam ketika mengonsumsi makanan tertentu, seperti:

  • Makanan yang digoreng, berminyak, atau sarat lemak.
  • Tomat dan saus merah.
  • Buah dan jus masam.
  • Makanan pedas.
  • Cokelat.
  • Permen.
  • Minuman berkarbonasi.
  • Minuman berkafein.
  • Alkohol.

Nah, saat asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan, kemudian ke tenggorokan dan mulut, kamu akan merasa asam pada mulut. Perasaan asam tersebut bersamaan dengan seringnya bersendawa dan batuk yang berhubungan dengan refluks dan GERD, bisa menyebabkan mual dan bahkan muntah dalam beberapa kasus. Sakit maag, atau heartburn adalah gejala lain dari refluks dan GERD yang juga bisa menyebabkan mual dan muntah. 

Baca juga: Sesak Napas karena GERD, Apa Penyebabnya?

Cara Mengatasi Muntah yang Disebabkan GERD

Muntah akibat refluks asam dan GERD biasanya bisa diatasi dengan kombinasi perubahan gaya hidup, perawatan rumahan, dan obat-obatan. Berikut ini cara mengatasi muntah yang disebabkan GERD:

1.Perubahan Gaya Hidup

  • Mengubah Pola Makan

Ketika GERD sedang kambuh, sebaiknya makan dalam porsi kecil dan kurangi asupan lemak untuk mengurangi gangguan pencernaan dan menjaga LES bekerja sebagaimana mestinya. 

Mual dan refluks asam bisa terjadi bila perut terlalu kosong, jadi cobalah makan dengan porsi yang lebih kecil, tapi lebih sering.

  • Berhenti Merokok

Kandungan nikotin bisa melemahkan LES, sehingga meningkatkan risiko untuk mengalami refluks asam yang bisa berakibat pada muntah. Karena itu, hentikan kebiasaan merokok.

  • Kenakan Pakaian yang Longgar

Pakaian yang ketat bisa memberikan tekanan tambahan pada perut yang menyebabkan naiknya asam lambung dan mual.

  • Hindari Berbaring setelah Makan

Tetap berdiri atau duduk dalam posisi tegap selama 2-3 jam setelah makan bisa menjaga asam lambung tetap di perut. 

  • Posisikan Kepala Lebih Tinggi Sedikit saat Tidur

Coba letakkan dua bantal di bawah kepala saat tidur, sehingga gravitasi bisa membantu menjaga asam tetap di perut.

2.Perawatan Rumahan

  • Mengunyah Permen Karet

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research, mengunyah permen karet bisa mengurangi terjadinya refluks asam. Cara alami ini juga membantu menghilangkan rasa asam di mulut yang bisa menyebabkan mual dan muntah.

  • Konsumsi Jahe

Mengonsumsi jahe baik yang diolah menjadi minuman atau dalam bentuk suplemen jahe diketahui sebagai cara alami untuk meredakan mual. 

3.Obat-obatan

  • Antasida. Tablet atau cairan antasida bisa meredakan mual dan refluks asam dengan menetralkan asam lambung.
  • Penghambat pompa proton. Obat resep ini bisa mengurangi jumlah asam yang diproduksi oleh perut, sehingga meredakan refluks asam dan gejala yang terkait.

Baca juga: Asam Lambung Tidak Diobati, Apa Bahayanya?

Itulah penjelasan mengenai GERD yang bisa menyebabkan muntah. Kamu bisa membeli obat GERD yang kamu perlukan dengan menggunakan aplikasi Halodoc saja. Tidak perlu repot-repot keluar rumah, tinggal order lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasinya sekarang juga.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Acid Reflux and Nausea.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2021. GERD (Chronic Acid Reflux).


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan