• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Alasan Kencur Bisa Tingkatkan Nafsu Makan Anak

Alasan Kencur Bisa Tingkatkan Nafsu Makan Anak

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta –  Tanaman kencur menjadi salah satu tanaman herbal yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Tanaman yang hampir mirip dengan lengkuas dan jahe ini memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan bagi kesehatan. Selain orang dewasa, anak-anak juga dapat merasakan manfaat dari tanaman kencur.

Baca juga: Berbagai Jamu yang Baik untuk Wanita

Kencur menjadi salah satu tanaman yang banyak digunakan untuk penambah rasa dan aroma pada beberapa jenis makanan. Selain menambah cita rasa sebuah makanan, mengonsumsi kencur dapat menghindari kamu dari berbagai gangguan kesehatan. Benarkah kencur menjadi salah satu obat penambah nafsu makan pada anak? Ini ulasannya.

Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Kencur dikenal sebagai salah satu bumbu dapur yang memiliki aroma cukup kuat. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kencur juga dikenal sebagai obat tradisional. Banyak manfaat yang bisa dirasakan dari tanaman kencur. Beberapa kandungan yang terdapat dalam kencur dan bermanfaat untuk kesehatan seperti mineral, pati, asam metil kanil, asam anisat, alkaloid, dan sineol.

Dilansir dari International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, tanaman kencur dapat menghambat pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus yang menyebabkan karies gigi. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi kencur secukupnya jika kamu mengalami gangguan pada mulut dan gigi.

Selain itu, mengonsumsi kencur mampu menghindarkan kamu dari berbagai penyakit. Melansir dari Healthline, kandungan anti bakteri dalam kencur dapat mengatasi gangguan pencernaan yang disebabkan oleh bakteri, misalnya diare.

Baca juga: Kandungan Kencur yang Bermanfaat untuk Kesehatan

Mulai Penambah Nafsu Makan Hingga Menghangatkan Badan

Tidak hanya pada orang dewasa, anak-anak juga dapat merasakan berbagai manfaat dari tanaman kencur bagi kesehatan. Namun, tanaman kencur hanya bisa diberikan pada anak-anak yang sudah memasuki usia 6 bulan ke atas. Sebaiknya hindari memberikan kencur pada bayi yang memiliki usia dibawah 6 bulan.

Tentu, salah satu manfaat tanaman kencur yang cukup sering terdengar adalah manfaatnya yang mampu meningkatkan nafsu makan pada anak. Lalu, benarkah kencur dapat meningkatkan nafsu makan anak? 

Kencur menjadi salah satu obat tradisional untuk membantu meningkatkan nafsu makan anak. Biasanya, kencur akan diubah menjadi jamu terlebih dahulu dan dikenal dengan nama jamu beras kencur. Namun, sebelum ibu memberikan jamu beras kencur pada anak untuk penambah nafsu makan, tidak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter melalui aplikasi Halodoc agar manfaat yang dirasakan lebih optimal.

Melansir dari Health Benefits Times, tanaman kencur juga menjaga tubuh anak agar tetap hangat. Hal ini disebabkan beberapa kandungan kencur mampu meningkatkan sirkulasi darah menjadi lebih baik dan membuat tubuh menjadi lebih hangat.

Baca juga: Ini Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Air kencur yang diminum bersama campuran madu dan air putih hangat juga memiliki beragam manfaat bagi Si Kecil, seperti menambah imunitas anak. Dengan imunitas yang lebih optimal, tubuh anak akan lebih sehat dan tidak mudah mengalami gangguan kesehatan. Jadi, tidak ada salahnya ibu memberikan kencur yang disertai dengan asupan makanan bergizi lainnya agar anak selalu sehat dan dapat menjalani aktivitasnya dengan baik.

Referensi:
Health Benefits Times. Diakses pada 2020. Health Benefit of Galangal
Healthline. Diakses pada 2020. Galangal Root: Benefits, Uses, and Side Effects
International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences. Diakses pada 2020. Pharmacological Importance of Kaempfreia Galanga