Ini Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Ini Manfaat Kencur untuk Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Sebagai tanaman obat dan jamu, kencur digunakan sebagai obat sakit tenggorokan, infeksi telinga, influenza pada bayi, pilek, sakit kepala, batuk, diare, melancarkan menstruasi, sakit mata, keseleo, dan menghilangkan lelah.

Kencur adalah jenis tanaman terapi yang telah dikenal sejak lama mengingat fakta bahwa ia memiliki banyak manfaat medis, meskipun penggunaannya biasanya digunakan untuk bahan makanan. Simak selengkapnya di sini, kencur serta manfaatnya untuk kesehatan!

Kencur Jamu Hebat

Tadi sudah dijelaskan di atas, bahwasanya kencur sering digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Selain itu, kencur juga berguna untuk meredakan masuk angin, meredakan kaki yang terkilir, mengobati radang lambung, mempertahankan tubuh yang kuat agar tetap bugar, mengurangi problem usus, rasa sakit, merilekskan otak, dan menjadi sumber yang baik untuk pencegahan kanker. 

Bagaimana kencur digunakan sebagai jamu yang bermanfaat? Tentu, pengolahannya tergantung dengan sakit yang kamu alami. Berikut ini rekomendasi yang bisa dilakukan:

  • Sakit Tenggorokan dan Pilek

Untuk kondisi ini, kamu dapat membuat campuran yang dihasilkan menggunakan kencur yang dimasak dengan air hangat dicampur garam. Minumlah kombinasi ini dua kali sehari.

  • Kaki Terkilir

Kencur juga memiliki kapasitas untuk mengobati keseleo atau keseleo kaki. Ini karena kencur dapat berfungsi sebagai penghangat yang dapat mengendurkan otot dan ligamen yang tegang karena terkilir atau terkilir.

  • Batuk Berlendir

Zat yang terkandung dalam kencur dapat mengurai lendir dengan tujuan agar saluran pernapasan lebih lancar. Untuk mendapatkan manfaat yang hebat dari kencur sebagai obat penghancur lendir, kamu dapat mencampurnya dengan sedikit jahe, jeruk nipis, dan air hangat, lalu diminum dua kali sehari.

Baca juga: Tips Mengolah Kencur untuk Atasi Penyakit

  • Tenggorokan Sakit

Sakit tenggorokan? Minum rebusan kencur dapat meredakan sakit tenggorokan dan meredakan saluran pernapasan.

  • Mengobati Mulas

Kencur juga bisa digunakan untuk mengobati sakit maag. Seperti yang kamu tahu, serangan maag dapat mengganggu aktivitas. Untuk mengurangi rasa sakit karena maag, kamu bisa minum campuran kencur dengan air hangat.

  • Membugarkan Tubuh

Kamu dapat menjaga kesehatan tubuh dengan cara meminum campuran kencur dan air hangat serta menjadikannya sebagai rutinitas. 

  • Menyembuhkan Diare

Infeksi di usus dapat menyebabkan diare. Sebagai tanaman jamu mujarab, kencur juga bisa memberikan manfaat kesembuhan untuk sakit diare. Terutama membantu supaya tubuh tetap terhidrasi.

Baca juga: Ketahui 5 Jenis Garam dan Manfaatnya untuk Kesehatan

  • Sebagai Pereda Sakit

Kencur adalah salah satu tanaman terapi yang memiliki kandungan pereda sakit dan membantu proses penyembuhan tubuh dari infeksi. Kalau kamu bosan menjadikannya sebagai tambahan minuman, kencur juga bisa diolah dengan mencampurkannya ke bahan makanan tertentu.

Bagaimana kencur bisa memiliki manfaat sedemikian super? Berikut ini kandungan hebat dari 100 gram kencur:

205 kalori.

0,4 gram total lemak.

0 miligram kolesterol.

1,6 miligram natrium.

55 miligram kalium.

45 gram total karbohidrat.

0,6 gram serat makanan.

0,1 gram gula.

4,3 gram protein.

1,2 persen DV kalsium.

1,8 persen besi DV.

Cineol.

Borneol.

3-carene.

Camphene.

Kaempferol.

Kaempferide.

Cinnamaldehyde.

Asam P-methoxycinnamic.

Etil sinamat.

Etil p-metoksisinamat.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai kehebatan tanaman kencur, tanyakan langsung ke Halodoc.  Dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat kapan dan di mana saja.

Referensi:

Busy.org. Diakses pada 2019. 11 benefits of kencur for health.
Dr.HealthBenefits.com. Diakses pada 2019. 12 Excellent Benefits of Jamu Beras Kencur – Best Indonesia Traditional Medicine.