• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Anak Idap ODD, Apa yang Harus Dilakukan?

Anak Idap ODD, Apa yang Harus Dilakukan?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat anak sudah mencapai umur tertentu, ia mungkin akan membantah apa yang dikatakan oleh orangtuanya. Anak menjadi sulit untuk diberikan nasehat dan kerap marah-marah tanpa alasan. Semua hal yang tidak patut dilakukan menjadi kebiasaannya. Tahukah ibu jika anaknya mungkin saja mengidap oppositional defiant disorder atau ODD?

Anak yang mengidap ODD akan menunjukkan perlakuan, seperti marah, melawan, hingga memberontak, dan terjadi secara terus-menerus. Gangguan ini umumnya terjadi pada anak dengan usia di bawah 12 tahun. Jika anak ibu mengalaminya, ada baiknya untuk segera mengatasi gangguan tersebut karena dapat menjadi sifat yang permanen. Berikut cara mengatasi ODD pada anak!

Baca juga: 4 Langkah Menangani Anak yang Terkena ODD dan Wajib Diketahui Orangtua

Cara Mengatasi ODD pada Anak

Oppositional Defiant Disorder (ODD) adalah gangguan yang berhubungan dengan perilaku pada anak yang buruk. Hal ini ditandai dengan kebiasaan melakukan perilaku negatif, tidak patuh, dan menantang. Kelainan ini dapat terjadi secara signifikan dan dipastikan mengidap nya ketika telah terjadi lebih dari enam bulan.

Seorang anak yang mengidap ODD mempunyai masalah perilaku yang signifikan dengan gejala-gejala, seperti kecemasan, sering mengamuk, kerap melakukan hal yang manipulatif, hingga menantang orang lain yang lebih berwenang. Anak-anak yang mengidap gangguan ini sering dicap oleh orang di sekitarnya sebagai anak yang buruk.

Banyak orangtua yang merasa terintimidasi dengan perilaku anaknya yang mengidap ODD, karena sulit untuk menanganinya. Terkadang, lebih mudah untuk menyerang dibandingkan mengurus perilaku yang sulit diatasi dari anak tersebut. Namun, ibu dapat mengubah perilaku anak yang mengidap ODD dengan perlahan asalkan tidak mudah menyerah. Berikut beberapa hal yang dapat ibu lakukan:

  1. Menanggapi Tanpa Rasa Marah

Hal pertama yang harus dilakukan jika anak ibu mengidap ODD adalah menanggapinya tanpa membawa rasa emosi. Ibu harus berusaha setenang dan sejujur mungkin saat berbicara padanya. Katakan yang dilakukannya bukan hal baik dan perlu diubah. Hal ini harus benar-benar dilakukan agar dapat membuat anak ibu lebih baik di masa depan.

Baca juga: Orangtua, Ini Cara Merawat Anak yang Didiagnosis Mengidap ODD

  1. Tetap Konsisten

Sifat dari anak yang mengidap ODD adalah membuat orangtuanya lelah yang akhirnya menyerah. Maka dari itu, sebagai orangtua, ibu harus benar-benar berkeinginan kuat dan konsisten untuk menindaklanjuti kelakuan anak jika tidak sesuai dengan yang telah ditentukan.

Banyak orangtua yang bingung apa yang harus dilakukan untuk menghadapi anak yang mengidap ODD. Dengan itu, dokter dari Halodoc dapat membantu untuk memberikan saran profesional agar hal ini dapat diatasi. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan!

  1. Jangan Menentukan Hal Secara Subyektif

Jika anak ibu mengidap ODD, salah satu langkah untuk mengatasinya adalah dengan tidak menjadikan masalah yang timbul menjadi suatu hal yang subyektif. Sebagai orangtua, ibu harus tetap netral dan berusaha seobjektif mungkin agar mengetahui akar masalahnya. Ibu harus benar-benar berperan aktif tentang hal tersebut dengan fokus tetap pada pengasuhan yang tenang dan konsisten.

  1. Berperan Sebagai Orangtua

Peran sebagai orangtua benar-benar harus dilakukan meski anak tidak menyukainya. Mungkin anak ibu akan melakukan cacian yang tidak baik, tetapi hal ini tetap harus dilakukan. Buatlah batasan yang pasti dan tindak lanjuti dengan memberikan konsekuensi dari apa yang dilakukannya beserta pertanggungjawaban. Ibu harus benar-benar percaya jika hal ini dilakukan sebagai jalan terbaik untuk membuat anak menjadi lebih baik.

Baca juga: Ini Penyebab Anak Suka Marah-Marah

Memang tidak mudah untuk memperbaiki anak yang mengidap ODD. Walau begitu, cobalah untuk menerapkan beberapa cara di atas agar anak ibu menjadi lebih baik ke depannya. Selain itu, hal ini butuh dukungan dari semua orang yang ada di sekitarnya agar tujuan-tujuan yang diinginkan tercapai.

Referensi:
Psych Central. Diakses pada 2020. 4 Ways to Manage Oppositional Defiant Disorder in Children.
Brain Balance. Diakses pada 2020. What is Oppositional Defiant Disorder and how can I manage my child's behavior?