Begini Cara Memilih Sampo yang Tepat untuk Menghilangkan Ketombe

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   20 Januari 2021
Begini Cara Memilih Sampo yang Tepat untuk Menghilangkan KetombeBegini Cara Memilih Sampo yang Tepat untuk Menghilangkan Ketombe

Halodoc, Jakarta - Keberadaan ketombe tak hanya menimbulkan rasa gatal dan tidak nyaman, tetapi juga menurunkan kepercayaan diri karena memengaruhi penampilan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan ketombe adalah memilih sampo yang tepat. 

Saat ini, ada banyak produk sampo antiketombe yang dijual di pasaran. Namun, bagaimana cara memilih yang tepat? Simak pembahasan lebih lanjutnya, yuk!

Baca juga: Ketombe Bandel, Jangan-Jangan Dermatitis Seboroik

Cermat Memilih Sampo untuk Menghilangkan Ketombe

Meski ada banyak produk sampo antiketombe yang dijual di pasaran, tidak berarti semua sampo sama. Ketika kamu membeli produk sampo antiketombe, pastikan ada kandungan beberapa bahan berikut ini:

  • Coal tar buatan. Zat yang bekerja dengan memperlambat proses alami sel kulit pada kulit kepala yang mati dan mengelupas.
  • Pyrithione zinc. Merupakan agen antibakteri dan antijamur yang mampu mengurangi populasi jamur di kulit kepala yang mungkin menjadi sumber ketombe yang menghasilkan dermatitis seboroik.
  • Asam salicylic. Digunakan dalam sampo sebagai bahan penggosok yang dapat menghilangkan serpihan ketombe, sekaligus mengeringkan kulit kepala dan menyebabkan pengelupasan lebih banyak lagi. Paling baik digunakan dalam kombinasi dengan pelembap untuk melawan efek samping.
  • Selenium sulfida. Adalah bahan antiketombe lain yang memperlambat laju kematian sel-sel kulit, juga mengurangi jumlah jamur Malassezia yang menyebabkan iritasi dan ketombe.
  • Ketoconazole. Obat antijamur spektrum luas yang sering berhasil jika pengobatan lain gagal. Tersedia di sampo yang dijual bebas dan resep.
  • Tea tree oil. Adalah ekstrak dari pohon Melaleuca alternifolia yang berasal dari Australia. Minyak ini memiliki sifat antijamur, antiseptik, dan antibiotik alami yang mengurangi jumlah jamur penyebab dermatitis seboroik.

Baca juga: Benarkah Ketombe Menjadi Pertanda Alami Stres?

Selain mencermati kandungan sampo antiketombe, penting untuk mengetahui penyebab ketombe, jenis rambut, dan bahan atau kandungan yang sebaiknya diperhatikan. Ketika seseorang membeli sampo antiketombe, banyak yang tidak mempertimbangkan apa yang menjadi penyebab ketombe. 

Penyebab umum ketombe adalah dermatitis seboroik, yang meski tidak jelas apa penyebabnya, beberapa ahli percaya penyakit tersebut berkaitan dengan jamur. Namun, jamur di kepala setiap orang berbeda-beda, dan kebanyakan sampo antiketombe memiliki zat anti jamur, seperti pyrithione zinc, selenium sulfida, ketoconazole, dan tea tree oil. Semua zat tersebut dapat membantu mengatasi masalah jamur.

Selain itu, sampo yang mengandung asam salicylic dan coal tar, meski sangat membantu mengatasi ketombe, jika digunakan setiap hari bisa menyebabkan iritasi dan malah ketombe yang lebih banyak. Jadi, saat memilih sampo dengan kandungan seperti ini, jangan lupa tambahkan pelembap rambut yang bisa membantu sebagai conditioner.

Sampo Organik Bisa Jadi Pilihan

Sampo antiketombe yang dibuat dengan bahan-bahan organik bisa jadi solusi bagi orang-orang yang tidak suka menggunakan bahan kimia untuk rambutnya. Kebanyakan sampo organik ini menggunakan tea tree oil sebagai bahan antiketombe. 

Selain itu, sampo organik juga umumnya menggunakan banyak minyak dan ekstrak penting untuk mengatasi dan membersihkan ketombe, serta melembapkan kulit kepala. Bahan-bahan dalam sampo organik biasanya termasuk sage, rosemary, jojoba, aloe vera, peppermint, kelapa, dan lainnya.

Baca juga: Ini Kesalahan Umum pada Perawatan Rambut

Poin penting dalam memilih sampo antiketombe adalah, pastikan sampo bisa membuat penyebab ketombe hilang, tetapi tidak merusak rambut. Namun, mungkin kamu butuh beberapa waktu sampai akhirnya bisa menemukan sampo terbaik.

Kamu bisa mencoba satu produk sampo terlebih dulu selama beberapa minggu, sebelum mencoba sampo lain yang berbeda untuk memastikan seperti apa hasilnya. Meski pada kemasannya dikatakan bahwa sampo tersebut merupakan yang terbaik, tapi bukan berarti terbaik untuk kamu, karena tubuh setiap orang berbeda-beda.

Selain di supermarket dan apotik, kamu juga bisa download aplikasi Halodoc untuk membeli sampo antiketombe lewat aplikasi, lho. Cukup klik, sampo yang kamu pesan akan diantar ke alamat kamu, dalam waktu 1 jam. Praktis, bukan?

Referensi:
Shampoo Truth. Diakses pada 2021. A Complete Guide to Choosing the Best Shampoo for Dandruff.
WebMD. Diakses pada 2021. How to Handle Dandruff.
Radiance by WebMD. Diakses pada 2021. Your Guide to Shampoo and Conditioners.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan