Begini Cara Merawat Anjing Kintamani

Ditinjau oleh  Redaksi Halodoc   13 Juni 2021
Begini Cara Merawat Anjing KintamaniBegini Cara Merawat Anjing Kintamani

Halodoc, Jakarta – Bingung ingin memelihara anjing jenis apa? Tidak ada salahnya mencari tahu lebih banyak mengenai anjing jenis kintamani. Anjing kintamani menjadi salah satu anjing yang diakui oleh dunia internasional sebagai anjing asli Indonesia. Anjing ini akan banyak ditemui di daerah asalnya, yaitu Pulau Bali.

Baca juga: Perawatan Anjing Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Ukuran tubuh anjing kintamani juga termasuk ke dalam ukurang sedang. Jadi, jika kamu ingin mencoba untuk merawat anjing, kintamani bisa menjadi pilihan. Yuk, simak beberapa cara merawat anjing kintamani agar anjing kesayangan kamu selalu dalam kondisi kesehatan yang optimal.

Ciri Anjing Kintamani

Kintamani menjadi salah satu jenis anjing yang memiliki ukuran sedang. Umumnya, anjing kintamani memiliki beberapa jenis warna yang berbeda. Mulai dari putih, cokelat, dan juga hitam. Bahkan, beberapa anjing kintamani yang dirawat dengan baik dapat mencapai usia 20 tahun dalam hidupnya.

Hingga saat ini masih banyak masyarakat yang memandang sebelah mata pada anjing kintamani. Padahal, anjing kintamani berbeda dengan anjing lokal atau biasa dikenal sebagai anjing kampung. Untuk membedakannya, berikut ini ciri anjing kintamani yang perlu diketahui:

  1. Memiliki tubuh dengan ukuran sedang dengan tinggi sekitar 40–55 sentimeter.
  2. Kintamani memiliki bulu yang panjang, dengan kondisi bulu yang agak tebal pada bagian leher.
  3. Bentuk kepala melebar di bagian atas dengan dahi dan pipi yang datar.
  4. Bentuk telinga menebal dan terlihat lebih kuat.
  5. Hidung berwarna hitam kecoklatan.
  6. Moncong proporsional dan kuat.
  7. Memiliki kaki yang panjang.

Itulah beberapa ciri fisik anjing kintamani yang perlu diketahui. Anjing ini juga dikenal memiliki gerakan yang cukup tenang. Meskipun begitu, anjing kintamani dikenal sebagai anjing yang gesit dan sangat cekatan.

Selain itu, anjing kintamani merupakan anjing yang suka menggali. Di habitat aslinya, kebiasaan menggali ini dilakukan untuk berlindung dan juga mengasuh anak bagi kintamani betina.

Baca juga: Begini Tips Merawat Anjing Peliharaan untuk Pemula

Lakukan Ini untuk Merawat Anjing Kintamani

Sebenarnya merawat anjing kintamani hampir serupa dengan merawat anjing yang memiliki ukuran serupa. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, seperti:

  1. Siapkan Lingkungan yang Nyaman dan Hampir Serupa dengan Habitatnya

Jika kamu ingin memelihara anjing kintamani, sebaiknya pastikan kamu memiliki lahan luas di luar rumah. Anjing kintamani menjadi salah satu jenis anjing yang senang berkegiatan di luar rumah. Namun, jangan lupa untuk mengawasi setiap gerakan yang dilakukan oleh anjing kesayangan.

  1. Berikan Makanan yang Beragam Nutrisi

Anjing kintamani menjadi salah satu jenis anjing yang terbilang sederhana dalam hal makanan. Anjing kintamani dapat mengonsumsi makanan, mulai dari nasi, ketela, hingga daging sapi maupun ayam. 

Namun, pastikan anjing mendapatkan makanan yang tepat agar kebutuhan nutrisi dan vitamin dapat terpenuhi. Dengan begitu, anjing akan terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.

Hindari makanan yang mengandung garam tinggi untuk menjaga kesehatan bulunya. Pastikan kamu memberikan air bersih setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anjing.

  1. Lakukan Aktivitas Fisik Secara Rutin

Anjing kintamani memiliki sifat yang cekatan dan gesit, untuk itu jangan lupa rutin mengajak anjing melakukan aktivitas fisik. Olahraga pada anjing juga membuat anjing memiliki kondisi kesehatan yang lebih baik dan terhindar dari kondisi obesitas.

  1. Berikan Anjing Latihan Dasar

Agar perawatan lebih mudah, sebaiknya ajarkan anjing untuk melakukan hal-hal mandiri lebih mudah. Misalnya, membuang urine dan kotoran di lokasi yang sudah ditentukan.

  1. Lakukan Pemeriksaan Secara Rutin

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin untuk memeriksa kesehatan anjing. Memenuhi vaksin yang dibutuhkan oleh hewan kesayangan juga menjadi cara tepat menjaga kesehatan anjing serta pemilik anjing. Jangan ragu tanyakan langsung pada dokter hewan untuk setiap jenis vaksin yang dibutuhkan oleh anjing melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Baca juga: Cara Tepat Merawat Anjing Senior Peliharaan

Itulah beberapa cara merawat anjing kintamani yang tepat untuk menjaga kesehatan anjing. Jangan lupa untuk selalu mengajak anjing bermain bersama agar ikatan emosional anjing dan pemilik dapat terjalin dengan baik.

Referensi:
Hewanee. Diakses pada 2021. Anjing Kintamani.
PETA. Diakses pada 2021. Dog Care 101: How to Take Care of Dogs In Your Home.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan