Benarkah Bawang Putih Mampu Menurunkan Darah Tinggi?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Agustus 2021
Benarkah Bawang Putih Mampu Menurunkan Darah Tinggi?Benarkah Bawang Putih Mampu Menurunkan Darah Tinggi?

“Tekanan darah tinggi adalah kondisi yang harus diwaspadai. Penyakit ini bisa meningkatkan risiko terjadinya komplikasi yang membahayakan tubuh. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengontrol tekanan darah adalah dengan mengonsumsi bawang putih. Apa alasannya?

Halodoc, Jakarta – Darah tinggi alias hipertensi biasanya ditangani dengan mengonsumsi obat-obatan khusus. Tekanan darah yang terlalu tinggi tidak boleh diabaikan begitu saja karena bisa memicu kondisi yang berakibat fatal. Selain konsumsi obat, ada cara alami yang disebut bisa membantu menurunkan tekanan darah, yaitu bawang putih. Benarkah? 

Kabar baik bagi pengidap hipertensi! Konsumsi bawang putih ternyata bisa membantu menurunkan tekanan darah. Ada penelitian yang menyebut bahwa kandungan Allicin dalam bawang putih bisa mengontrol dan menurunkan tekanan darah systolic dan diastolic. Selain itu, kandungan antioksidan dan sifat inflamasi dari bawang putih juga disebut berpengaruh dalam menurunkan tekanan darah. 

Baca juga: Tekanan Darah Tinggi Membahayakan Kesehatan, Ini Buktinya

Makanan Lain yang Baik untuk Pengidap Darah Tinggi 

Nyatanya, mengonsumsi makanan tertentu bisa menjadi salah satu cara untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Selain bawang putih, ada beberapa jenis makanan lain yang bisa dikonsumsi, di antaranya: 

  1.  Ikan Salmon 

Jenis ikan ini banyak mengandung asam lemak omega-3 yang disebut bisa membantu menurunkan tekanan darah. Selain itu, mengonsumsi ikan salmon juga bisa membantu menekan peradangan dalam tubuh serta menurunkan kadar oxylipin, yaitu senyawa yang bisa menyempitkan pembuluh darah. 

  1. Sayuran Hijau 

Pengidap hipertensi disarankan untuk mengonsumsi sayuran hijau, seperti brokoli dan bayam. Sayuran ini mengandung beragam nutrisi, seperti serat, antioksidan, magnesium, hingga potassium yang baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga bisa membantu mengontrol tekanan darah. 

  1. Buah-buahan 

Ada beberapa jenis buah yang bisa membantu mengontrol tekanan darah tinggi, salah satunya buah bit. Kandungan nitrat dalam buah ini berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, pengidap tekanan darah tinggi juga disarankan untuk mengonsumsi buah citrus, seperti jeruk dan lemon.

Baca juga: Perlu Tahu, Ini Jenis-Jenis Hipertensi

  1. Yoghurt 

Konsumsi yoghurt dan susu rendah lemak bisa membantu menurunkan tekanan darah. Dengan begitu, kesehatan tubuh akan lebih terjaga dan terhindar dari komplikasi. 

Menerapkan Pola DASH 

Mengatur pola makan bisa menjadi satu cara ampuh mengontrol tekanan darah. Ini karena pola makan yang sehat dengan makanan yang bervariasi dan kaya akan kandungan gizi seimbang adalah hal yang utama. Bagi pengidap tekanan darah tinggi, ada pola makan yang bisa coba, yaitu diet DASH alias Dietary Approaches to Stop Hypertension. 

Ada empat prinsip utama dalam menerapkan diet DASH untuk menurunkan tekanan darah, yaitu: 

  • Meningkatkan asupan nutrisi dari jenis makanan ikan, biji-bijian utuh, unggas, dan kacang-kacangan. 
  • Memperbanyak konsumsi buah-buahan, sayuran, serta produk susu rendah lemak. 
  • Mengurangi asupan garam, makanan manis, gula tambahan, serta daging merah. 
  • Menghindari konsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak jenuh, kolesterol, dan lemak trans. 

Selain mengatur pola makan, mengontrol tekanan darah tinggi juga harus disertai dengan penerapan gaya hidup, aktif berolahraga, mengelola stres dengan baik, serta cukup beristirahat. Hal ini nyatanya bisa membantu menjaga kesehatan pembuluh darah sehingga fungsinya untuk mengontrol tekanan darah akan lebih maksimal.

Baca juga: Alasan Hipertensi Bisa Sebabkan Aterosklerosis

Namun jika tekanan darah tinggi tidak kunjung membaik dan memicu gejala yang parah, sebaiknya segera pergi ke rumah sakit. Penanganan medis mungkin perlu segera dilakukan untuk menghindari risiko terjadinya komplikasi. Biar lebih cepat, cari dan temukan daftar rumah sakit yang bisa dikunjungi dengan aplikasi Halodoc. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. Does Garlic Cause or Treat High Blood Pressure?
Very Well. Diakses pada 2021. Can Garlic Beat High Blood Pressure?
WebMD. Diakses pada 2021. DASH Diet and High Blood Pressure.
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. High Blood Pressure (Hypertension).

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan