• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Hipnoterapi Dapat Mengurangi Gejala Skizofrenia

Benarkah Hipnoterapi Dapat Mengurangi Gejala Skizofrenia

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim

Halodoc, Jakarta - Skizofrenia adalah gangguan mental serius di mana pengidapnya salah menafsirkan realita hidupnya. Seseorang yang mengidap skizofrenia mengalami halusinasi, delusi, serta pemikiran dan perilaku abnormal yang mengganggu aktivitas sehari-hari. Tidak mudah untuk mengobati kondisi ini, sebagian besar pengidap skizofrenia bahkan membutuhkan perawatan seumur hidup.

Namun, perawatan yang dilakukan sedini mungkin bisa membantu pengidap untuk mengendalikan gejala, mencegah berkembangnya komplikasi serius, dan membantu meningkatkan kualitas hidup dalam jangka panjang. Terapi adalah rangkaian perawatan yang perlu dijalani. Ada banyak jenis terapi yang bisa saling dikombinasikan. Hipnoterapi adalah salah satu jenis terapi yang bisa dipilih. Lantas, seberapa efektif terapi ini bekerja? Berikut penjelasannya.

Baca juga: Inilah Jenis-Jenis Skizofrenia yang Perlu Diketahui

Benarkah Hipnoterapi Mampu Mengurangi Gejala Skizofrenia?

Hipnoterapi hanya bisa dilakukan oleh terapis yang sudah terlatih. Hipnoterapi dilakukan dengan menggunakan berbagai teknik relaksasi untuk membimbing seseorang ke keadaan hipnosis. Melihat kondisi ini, seseorang sebenarnya masih sadar, tetapi tubuh menjadi lebih rileks dan pikiran lebih responsif terhadap saran dari terapis. Satu sesi hipnoterapi biasanya berlangsung sekitar satu jam. 

Saran terapis tergantung pada kondisi atau perilaku yang dimiliki. Hipnoterapi membantu menargetkan kebiasaan yang tidak diinginkan atau tidak sehat dan mungkin menggantinya dengan perilaku yang lebih sehat. Contohnya, terapis membantu seseorang untuk mengendalikan rasa sakit atau kecemasan dengan lebih baik atau menyesuaikan pola pikir negatif yang memperburuk gejala depresi.

Penting untuk diingat, depresi adalah kondisi yang dihasilkan dari skizofrenia yang memengaruhi kesehatan fisik seseorang. Depresi lebih dari sekadar merasa sedih atau memiliki pikiran negatif, yang terjadi ketika zat kimia di otak tidak seimbang. Hipnoterapi adalah terapi komplementer, sehingga tidak boleh menjadi satu-satunya terapi yang digunakan seseorang untuk meningkatkan kesehatan mentalnya.

Melansir dari Healthline, Steve G. Kopp, penasihat dan terapis kesehatan mental mengatakan, hipnoterapi akan efektif jika dikombinasikan dengan terapi perilaku kognitif atau psikoterapi interpersonal. Kopp juga mengatakan bahwa kualitas hipnoterapis bisa bervariasi pada setiap orang. Oleh sebab itu, pastikan seorang terapis yang melakukan hipnoterapi adalah seorang profesional kesehatan mental yang sudah terlatih.

Baca juga: Siapa Saja yang Bisa Mengalami Skizofrenia?

Jenis-Jenis Terapi untuk Atasi Gejala Skizofrenia

Selain hipnoterapis, terapi-terapi berikut ini sering menjadi perawatan umum untuk skizofrenia. Berikut jenis-jenis terapi untuk skizofrenia yang dikutip dari WebMD:

  • Psikoterapi individu. Selama sesi terapi, terapis atau psikiater akan mengajarkan pengidap bagaimana menghadapi pikiran dan perilakunya. Pengidap juga belajar lebih banyak tentang penyakit dan pengaruhnya, serta cara membedakan antara sesuatu yang nyata dan yang tidak. Terapi ini membantu pengidap dalam mengelola kehidupan sehari-hari.
  • Terapi perilaku kognitif (CBT). Terapi ini membantu pengidap untuk mengubah pemikiran dan perilakunya. Terapis menunjukkan cara untuk mengatasi suara-suara yang kerap muncul dan halusinasi. Kombinasi terapi CBT dan pengobatan bertujuan agar pengidap mengetahui pemicu episode psikotik (saat halusinasi atau delusi terjadi) dan bagaimana mengurangi atau menghentikannya.
  • Terapi peningkatan kognitif (CET). Jenis terapi ini juga disebut remediasi kognitif. Ini mengajarkan pengidap untuk mengenali isyarat sosial yang lebih baik, atau memicu dan meningkatkan perhatian, ingatan, dan kemampuan mereka untuk mengatur pikirannya. Terapi ini menggabungkan pelatihan otak berbasis komputer dan sesi kelompok.

Baca juga: Begini Cara Mengenali Gejala Skizofrenia Sejak Dini

Kesimpulannya, hipnoterapi dapat menghasilkan efek yang baik apabila dikombinasikan dengan jenis terapi di atas dan pengobatan lainnya. Apabila kamu punya pertanyaan lain mengenai skizofrenia, tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi, kamu dapat menghubungi dokter kapan saja dan di mana saja.

Referensi :
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Schizophrenia.
Healthline. Diakses pada 2020. Hypnotherapy.
WebMD. Diakses pada 2020. Schizophrenia Treatment:Types of Therapies and Medication.