• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Benarkah Kucing Moggy punya Imun Tubuh yang Lebih Kuat?

Benarkah Kucing Moggy punya Imun Tubuh yang Lebih Kuat?

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
undefined

Halodoc, Jakarta - Kucing Moggy, atau lebih dikenal dengan sebutan “kucing kampung” di Indonesia, adalah kucing yang terbilang unik. Ia tidak berasal dari ras tertentu, melainkan percampuran dari banyak jenis kucing. 

Itulah sebabnya kucing Moggy tidak memiliki karakteristik khusus. Selain itu, kucing Moggy juga disebut-sebut memiliki imun tubuh yang lebih kuat, dibandingkan kucing jenis lain. Namun, benarkah demikian? Untuk mengetahui lebih lanjut, simak pembahasan berikut hingga tuntas, ya!

Baca juga: Hati-Hati Bahaya Bulu Kucing pada Kesehatan

Kucing Moggy Punya Imun Tubuh Kuat, tapi Tetap Bisa Sakit

Ada benarnya apabila kucing Moggy disebut memiliki imun tubuh yang lebih kuat dibanding kucing jenis lain. Kucing Moggy yang merupakan percampuran dari berbagai jenis kucing, memiliki genetic pool yang sangat luas. 

Hal tersebut membuat kucing Moggy relatif lebih sehat dan kuat. Mereka juga umumnya tidak memiliki isu genetik yang membahayakan, jika dibandingkan kucing ras lain. Selain itu, kucing Moggy tidak membutuhkan banyak perawatan, terutama yang jenis bulu pendek. 

Meski punya imun tubuh yang kuat, bukan berarti kucing Moggy tidak bisa terserang penyakit. Kucing Moggy yang dirawat dengan baik dan benar dapat tumbuh dengan sehat dan berumur panjang. Namun, apabila kamu tidak merawatnya, risiko terserang penyakit akan tetap ada. 

Baca juga: Ketahui Seluk-Beluk Merawat Anak Kucing

Tips Merawat Kucing Moggy

Sama halnya seperti kucing jenis lain, kucing Moggy juga membutuhkan kasih sayang dan perawatan, agar bisa sehat dan kuat. Berikut ini perawatan dasar untuk kucing Moggy yang bisa dilakukan:

1.Sikat Kucing secara Teratur

Baik pendek atau panjang, bulu kucing Moggy tetap perlu untuk disikat secara teratur. Hal ini dapat membantu menghilangkan rambut mati, agar tidak tertelan ketika ia melakukan perawatan mandiri dengan menjilati tubuhnya. 

Selain itu, menyikat bulu kucing Moggy secara teratur membantu kamu melihat perubahan apapun pada tubuhnya. Apakah terdapat benjolan, luka, atau bintik, dapat kamu ketahui dengan cepat dan penanganan bisa dilakukan sesegera mungkin.

2.Sediakan Air Bersih Setiap Hari.

Air bersih sangat penting untuk kesehatan kucing. Jika kucing sepertinya tidak minum dari mangkuk, pertimbangkan untuk memberinya gelas tinggi atau wadah air minum jenis lain. Pastikan untuk mengisi kembali airnya dengan yang baru setiap hari.

3.Pastikan Ada Kotak Kotoran yang Cukup

Aturan umum untuk kotak kotoran kucing adalah satu untuk setiap kucing, ditambah satu lagi. Jadi, jika kamu memiliki 2 kucing, kamu harus memiliki 3 kotak kotoran. Untuk mendorong kebiasaan buang air di kotak kotoran, jagalah kebersihan kotak dengan baik. 

Bersihkan kotak kotoran kucing secara rutin. Hal ini juga dapat membantu kamu melihat adanya perubahan pada urine atau feses kucing, yang dapat mengindikasikan masalah kesehatan.

4.Latih Kucing untuk Menggunakan Tiang Cakaran.

Hal ini tidak hanya akan membantu mencegah kerusakan pada furnitur rumah, tetapi juga membantu kucing meregangkan otot-ototnya dan menjaga cakarnya dalam kondisi prima. Rutin menggaruk pada permukaan yang sesuai seperti karpet khusus atau karton bekas juga membantu menghilangkan lapisan lama dari cakar kucing.

Baca juga: 5 Masalah Kesehatan yang Umum Dialami Kucing

5.Jaga Kebersihan Gigi Kucing

Seperti manusia, kucing juga dapat memiliki karang gigi, yang menyebabkan penyakit gusi dan kerusakan gigi. Bakteri yang terkumpul di gigi kucing juga bisa masuk ke aliran darahnya, dan menyebabkan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Masalahnya, kucing tidak bisa menyikat giginya sendiri. Jadi, untuk menjaga gigi kucing dalam kondisi prima, jadwalkan pembersihan dengan dokter hewan, setidaknya sekali setiap tahun.

6.Jadwalkan Kunjungan Dokter Hewan secara Teratur

Kunjungan rutin ke dokter hewan dapat membantu kamu mengetahui potensi penyakit kucing pada tahap awal, memberikan vaksin, dan membersihkan gigi kucing. Dokter hewan juga dapat memberi tahu apakah kucing memiliki berat badan yang sehat, dan memberi saran perawatan yang berguna.

Selain pergi ke dokter hewan, kamu juga bisa bertanya seputar masalah kesehatan kucing pada dokter hewan di aplikasi Halodoc, lewat chat. Jadi, jangan lupa download aplikasi Halodoc di ponselmu, ya.

Referensi:
Wamiz. Diakses pada 2021. Domestic Cat (Moggy).
My Pet Needs That. Diakses pada 2021. What is a Moggy Cat?
Pet Safe. Diakses pada 2021. Cats 101: Basic Health & Care Tips to Keep Your Cat Healthy.