Ini Alasan Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Flek Hitam

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   11 Agustus 2023

“Manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam memang tidak perlu kamu ragukan. Selain menghilangkan flek hitam secara alami, tanaman ini juga berfungsi untuk melembapkan kulit.”

Ini Alasan Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Flek HitamIni Alasan Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Flek Hitam

Halodoc, Jakarta – Lidah buaya menjadi salah satu bahan alami yang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Bukan hanya untuk perawatan rambut, lidah buaya juga terkenal akan khasiat lainnya, seperti melembapkan kulit wajah hingga menghilangkan flek hitam.

Tentunya hal ini bisa terjadi berkat kandungan nutrisi dalam tanaman yang terkenal juga dengan sebutan aloe vera.

Yuk, simak lebih banyak ulasan mengenai alasan lidah buaya mampu menghilangkan flek hitam secara alami, dan manfaat lainnya untuk kesehatan wajah.

Alasan Lidah Buaya Bisa Menghilangkan Flek Wajah

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan wajah. Manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam terbilang cukup efektif.

Flek hitam sendiri bisa terjadi akibat beberapa faktor, seperti:

  • Paparan sinar matahari.
  • Perubahan hormon.
  • Pengobatan penyakit tertentu.
  • Kehamilan.

Kamu bisa cari tahu cara pencegahan flek hitam melalui artikel ini: Cara Ampuh Mencegah Flek Hitam di Wajah.

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Baylor College of Medicine, lidah buaya memiliki berbagai kandungan nutrisi di dalamnya. Mulai dari kandungan antioksidan, enzim, vitamin A dan C, serta anti-inflamasi. 

Selain itu, lidah buaya memiliki kandungan aloin dan aloesin yang memiliki sifat dapat mencerahkan kulit. Kedua kandungan tersebut mampu mengurangi hiperpigmentasi dengan menghancurkan sel melanin. 

Selain itu, ada studi lain mengenai khasiat lidah buaya, yaitu berjudul Aloesin Inhibits Hyperpigmentation Induced by UV Radiation dalam Clinical and Experimental Dermatology. Para peneliti melakukan penelitian terhadap beberapa kelompok yang mengalami hiperpigmentasi.

Kelompok tersebut mendapatkan perawatan dengan pengobatan yang berbeda. Salah satu kelompok mendapatkan perawatan dengan kombinasi aloesin dan arbutin. Hasilnya, kelompok ini yang memiliki pigmentasi paling berkurang. 

Manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam bisa kamu coba secara rutin di rumah. Kamu bisa menggunakan daging lidah buaya. Kemudian, hancurkan dan oleskan gel alaminya pada kulit wajah.

Diamkan beberapa menit hingga mengering. Kemudian, bilas wajah hingga bersih. Lakukan cara ini untuk hasil yang lebih optimal.

Bukan hanya sebagai masker wajah, kamu juga bisa mengonsumsi lidah buaya dan cari tahu manfaatnya melalui artikel ini: 4 Manfaat Makan Lidah Buaya untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lain Lidah Buaya Bagi Kesehatan Wajah

Bukan hanya menghilangkan flek hitam secara alami, lidah buaya memiliki manfaat lain untuk kesehatan wajah. Berikut manfaat yang bisa kamu rasakan:

1. Melembapkan kulit

Mengoleskan daging lidah buaya secara langsung juga bisa membuat kulit terasa lebih lembap. Hal ini bisa membantu kamu untuk mencegah kulit kering hingga mencegah munculnya jerawat.

Selain itu, kondisi kulit yang kelembapannya terjaga dengan baik memiliki tingkat elastisitas yang baik pula. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari kulit yang mengendur.

2. Meredakan peradangan jerawat

Bukan hanya manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam, aloe vera juga bisa membantu kamu dalam meredakan peradangan jerawat.

Manfaat ini berkat kandungan zat antimikroba dan antibakteri di dalamnya.

Lidah buaya juga mengandung saponin dan astringent yang berfungsi sebagai antibakteri untuk menyerap lemak berlebih pada kulit wajah.

3. Mencegah penuaan dini

Lidah buaya juga bisa kamu gunakan sebagai masker wajah. Selain manfaat lidah buaya untuk wajah flek hitam, menggunakannya secara rutin, membuat kulit wajah terhindar dari tanda-tanda penuaan dini.

Itulah beberapa manfaat lain dari penggunaan lidah buaya secara rutin. Meskipun lidah buaya mampu menghilang flek hitam secara alami, tetapi aloe vera dapat menyebabkan reaksi yang berbeda pada setiap orang.

Karena itu, sebaiknya tanyakan pada dokter spesialis di Halodoc kulit sebelum menggunakan bahan alami ini. Namun, segera lakukan pemeriksaan jika kamu mengalami kulit gatal, iritasi, atau kemerahan setelah menggunakan aloe vera

Selain itu, bahan alami ini tidak dapat memberikan hasil secepat penggunaan skincare yang mengandung bahan kimia.

Pastikan juga kamu mengetahui berbagai kandungan skincare yang perlu dihindari bagi kulit sensitif melalui Ini Bahan Skincare untuk Kulit Sensitif yang Perlu Dihindari.

Referensi:
Baylor College of Medicine. Diakses pada 2020. Using Aloe Vera has Multiple Benefits.
Healthline. Diakes pada 2020. 10 Benefits of Using Aloe Vera on Your Face.
Healthline. Diakses pada 2023. Can You Treat Skin Pigmentation with Aloe Vera?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan