Berbagai Gejala Gangguan Elektrolit yang Perlu Diketahui

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   16 Oktober 2023

“Gangguan elektrolit terjadi ketika kadar mineral dalam tubuh terlalu banyak atau tidak cukup. Kondisi tersebut bisa menimbulkan berbagai gejala, baik fisik maupun mental.”

Berbagai Gejala Gangguan Elektrolit yang Perlu DiketahuiBerbagai Gejala Gangguan Elektrolit yang Perlu Diketahui

Halodoc, Jakarta – Gangguan elektrolit adalah kondisi ketika kamu memiliki terlalu banyak atau tidak cukup mineral tertentu dalam tubuh. Hal ini bisa menjadi pertanda adanya masalah, seperti penyakit ginjal.

Elektrolit sendiri merupakan mineral penting yang membawa muatan listrik ketika larut dalam cairan, seperti darah dan urine. Mineral ini berperan penting dalam berbagai fungsi tubuh, seperti mengatur keseimbangan cairan, kontraksi otot, dan menjaga tingkat pH yang tepat. 

Lantas, apa yang terjadi bila jumlah mineral tersebut tidak seimbang? Ketahui gejala gangguan elektrolit di sini!

Berbagai Gejala Gangguan Elektrolit yang Bisa Terjadi

Gejala gangguan elektrolit bisa berbeda-beda pada tiap orang dan tergantung pada tingkat keparahan gangguan yang terjadi.

Jika kadar elektrolit hanya meningkat atau berkurang sedikit dari kondisi normal, pengidap mungkin tidak akan merasakan gejala apapun. 

Namun, bila kadarnya berubah secara signifikan, maka berbagai gejala dapat terjadi. 

Berikut gejala gangguan elektrolit yang umum terjadi.

1. Sakit kepala

Sakit kepala adalah salah satu gejala gangguan elektrolit yang umum terjadi. Gejala ini biasanya muncul ketika kadar elektrolit dalam tubuh kamu rendah.

Bila kamu mengalami dehidrasi, elektrolit penting seperti kalium, natrium dan klorida bisa menurun. Hal ini akhirnya bisa memicu sakit kepala yang cukup hebat.  

2. Kram dan kejang otot

Bila kamu mengalami kejang atau kram otot saat berolahraga atau melakukan peregangan sederhana, hal itu mungkin terjadi akibat gangguan elektrolit.

Ketika elektrolit-elektrolit penting seperti kalium atau magnesium, habis, otot-otot akan menjadi tegang. Hal ini bisa membuat badan kamu terasa tidak nyaman.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan memijat dan meregangan otot secara perlahan dan segera menghidrasi otot dengan kalium dan magnesium.

Nah, simak juga 3 Cara Atasi Gangguan Elektrolit dalam Tubuh.

3. Mual dan muntah

Mual dan muntah juga bisa menjadi gejala gangguan elektrolit. Gejala ini juga bisa memperburuk masalah, karena membuat kamu sulit untuk menerima makanan atau minuman yang bisa memasok elektrolit ke tubuh.

Itulah mengapa sangat penting untuk menghidrasi dan menambah cairan saat sedang sakit agar kadar elektrolit tetap terjaga.

4. Kebingungan dan kabut otak

Gejala gangguan elektrolit tidak harus berupa nyeri fisik untuk memberitahu ada sesuatu yang tidak beres dalam tubuh.

Bila tingkat elektrolit kamu rendah, kebingungan dan disorientasi adalah gejala umum yang juga bisa terjadi.

Contohnya, kamu kesulitan mengerjakan tugas-tugas sederhana atau sulit berkonsentrasi bisa terjadi bila kamu mengalami gangguan elektrolit.

5. Gangguan irama jantung

Elektrolit, seperti kalium, natrium, kalsium dan magnesium, membantu memicu dan mengirimkan impuls listrik ke jantung.

Bila kamu mengalami gangguan elektrolit, misalnya, jika terlalu rendah atau terlalu tinggi, hal itu dapat mengganggu sinyal jantung dan menyebabkan detak jantung tidak teratur.

6. Kejang, kram, dan koma

Pada kasus yang parah, gangguan elektrolit bisa menimbulkan gejala berupa kejang, kram otot, atau kelemahan, dan bahkan kehilangan kesadaran dan koma.

Hal ini berbahaya bila terjadi dengan cepat, dalam jangka waktu beberapa jam, dibandingkan dalam satu atau dua hari.

Hal itu karena masalah elektrolit yang serius bisa menjadi risiko bagi semua organ, terutama otak, yang berpotensi menyebabkan kerusakan otak permanen.

Itulah gejala gangguan elektrolit yang perlu kamu tahu. Bila kamu mengalami gejala-gejala di atas, segera periksakan diri ke rumah sakit atau hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc.

Melalui Video/Voice Call dan Chat, dokter terpercaya bisa memberikan diagnosa awal dan saran kesehatan yang tepat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2023. Electrolyte imbalance symptoms, what causes it, and how to treat it.
Drip drop. Diakses pada 2023. Low Electrolyte Symptoms.
Insider. Diakses pada 2023. Water intake isn’t the only thing you need to worry about in this heat. Here are 6 signs of an electrolyte imbalance to watch out for.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan