Berbagai Gerakan untuk Melatih Fleksibilitas Tubuh

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Agustus 2021
Berbagai Gerakan untuk Melatih Fleksibilitas TubuhBerbagai Gerakan untuk Melatih Fleksibilitas Tubuh

“Memiliki tubuh yang fleksibilitas adalah hal yang sangat menguntungkan. Dengan begini, kamu bisa bergerak dengan bebas dan aktivitas pun jadi terasa lebih mudah. Apalagi seiring bertambahnya usia, pasti ada saja masalah yang muncul pada sistem gerak. Untungnya ada beberapa gerakan yang bisa dicoba untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Fleksibilitas adalah kemampuan otot dan jaringan ikat lainnya untuk meregangkan sementara. Sementara itu, mobilitas adalah kemampuan sendi untuk bergerak bebas melalui berbagai gerakan dengan cara yang bebas rasa sakit. Jika ingin memiliki mobilitas yang baik, maka kamu harus memiliki fleksibilitas yang baik. 

Pada intinya, fleksibilitas penting untuk kehidupan sehari-hari. Coba pikirkan tentang kegiatan mengambil cucian yang memaksamu untuk membungkuk atau meraih sesuatu yang tinggi di rak. Jika otot tidak elastis, tugas seperti ini akan jauh lebih rumit.

Oleh karena itu, fleksibilitas juga diperlukan untuk melepaskan ketegangan dan nyeri otot serta meningkatkan relaksasi. Sebab akan sangat sulit untuk merasa nyaman jika tubuh terus-menerus sakit. Fleksibilitas yang baik juga dapat meningkatkan kebugaran aerobik, kekuatan otot, dan daya tahan, serta memungkinkan otot untuk menyelesaikan berbagai gerakan. 

Baca Juga: Inilah 5 Gerakan Yoga yang Bisa Dilakukan oleh Pemula

Gerakan untuk Melatih Fleksibilitas

Untungnya, meningkatkan fleksibilitas tidak sulit dan kamu hanya membutuhkan sedikit waktu. Coba tambahkan beberapa gerakan peregangan berikut untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh:

Peregangan Hamstring Berdiri

meningkatkan fleksibilitas

Untuk melakukan gerakan ini, kamu perlu:

  1. Berdiri tegak dengan kaki terbuka selebar pinggul, lutut sedikit ditekuk, dan lengan di samping.
  2. Buang napas saat membungkuk ke depan di pinggul, turunkan kepala ke lantai, sambil menjaga kepala, leher, dan bahu tetap rileks.
  3. Bungkus lengan  di belakang kaki dan tahan dari 45 detik hingga dua menit.
  4. Tekuk lutut dan gulung saat kamu sudah selesai.

Peregangan Piriformis

meningkatkan fleksibilitas

Otot piriformis adalah rotator pinggul internal yang dalam, terletak di bagian luar bokong. Peran utamanya adalah rotasi eksternal. Meskipun kecil, bagian ini menghasilkan banyak gerakan di pinggul dan sering diabaikan. Meregangkan otot ini dapat mencegah potensi linu panggul. Begini cara melakukan peregangan yang bisa dilakukan:

  1. Duduk di lantai dengan kedua kaki terentang di depan.
  2. Silangkan kaki kanan di atas kaki kiri, dan letakkan kaki kanan rata di lantai.
  3. Letakkan tangan kanan di lantai di belakang tubuh.
  4. Tempatkan tangan kiri di quad kanan atau siku kiri di lutut kanan dan tekan kaki kanan ke kiri saat memutar tubuh ke kanan.
  5. Jika rotasi tulang belakang mengganggu punggung, keluarkan dan gunakan tangan kiri untuk menarik quad kanan ke dalam dan ke kiri.

Baca juga:  Tingkatkan Kesehatan dengan Gerakan Senam Jantung Sehat

Lunge With Spinal Twist

meningkatkan fleksibilitas

Gerakan Ini diyakini bisa membantu membuka pinggul dan meningkatkan mobilitas dada (punggung tengah). Berikut ini cara tepat untuk melakukannya:

  1. Mulailah berdiri dengan kaki rapat.
  2. Ambil langkah besar ke depan dengan kaki kiri.
  3. Tekuk lutut kiri dan jatuhkan lunge, jaga agar kaki kanan lurus di belakang dengan jari-jari kaki di lantai, sehingga kamu merasakan peregangan di bagian depan paha kanan.
  4. Letakkan tangan kanan di lantai dan putar tubuh bagian atas ke kiri saat mengulurkan tangan kiri ke arah langit-langit.
  5. Tahan selama 30 detik hingga 2 menit.
  6. Ulangi di sisi lain.

Peregangan Trisep

meningkatkan fleksibilitas

Untuk melakukannya, begini caranya:

  1. Berlutut, duduk, atau berdiri tegak dengan kaki selebar pinggul, lengan terentang di atas kepala.
  2. Tekuk siku kanan dan raih tangan kanan untuk menyentuh bagian tengah atas punggung.
  3. Raih tangan kiri di atas kepala dan pegang tepat di bawah siku kanan.
  4. Tarik perlahan siku kanan ke bawah dan ke arah kepala.
  5. Ganti lengan dan ulangi.

Baca juga: Bukan Cuma Awet Muda, Ini 6 Manfaat Yoga bagi Wanita

Itulah beberapa gerakan yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan fleksibilitas tubuh. Namun jika kamu merasa ada masalah pada otot, tulang, atau sendi yang mulai mengganggu aktivitas, sebaiknya segera temui dokter di rumah sakit untuk melakukan pemeriksaan. Kamu pun bisa buat janji di rumah sakit di Halodoc sebelumnya supaya lebih praktis. Tunggu apa lagi, yuk gunakan aplikasi Halodoc sekarang!

Referensi:
SELF. Diakses pada 2021. The 21 Best Stretching Exercises for Better Flexibility.
Saga. Diakses pada 2021. 10 Great Flexibility Exercises and Stretches.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan