• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Manfaat Latihan Kekuatan Otot yang Perlu Diketahui
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Berbagai Manfaat Latihan Kekuatan Otot yang Perlu Diketahui

Berbagai Manfaat Latihan Kekuatan Otot yang Perlu Diketahui

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 26 Agustus 2021
Berbagai Manfaat Latihan Kekuatan Otot yang Perlu DiketahuiBerbagai Manfaat Latihan Kekuatan Otot yang Perlu Diketahui

“Latihan kekuatan bisa dilakukan di pusat kebugaran (gym) atau dilakukan sendiri di rumah. Meski begitu, jenis latihan ini bisa memberi banyak manfaat sehat jika dilakukan dengan benar. Manfaat yang didapat tidak hanya untuk otot, tetapi juga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Halodoc, Jakarta – Latihan kekuatan memiliki banyak manfaat, terutama untuk otot tubuh. Jenis olahraga ini umumnya dilakukan untuk meningkatkan kekuatan dan massa otot, memperkuat sendi, serta menambah stamina. Namun, secara umum ada sederet manfaat lain yang bisa didapat dari latihan kekuatan. Apa saja? 

Meski menjanjikan manfaat untuk kekuatan, tetapi penting untuk terlebih dahulu mengetahui jenis dan teknik latihan ini. Dengan begitu, kamu bisa menemukan latihan yang sesuai dengan kondisi tubuh sehingga manfaatnya bisa didapatkan secara maksimal. Latihan ini bisa dilakukan di pusat kebugaran alias gym maupun di rumah dengan peralatan sederhana. 

Baca juga: Inilah Latihan Kekuatan Otot yang Aman untuk Pemula

Sederet Manfaat Latihan Kekuatan 

Ada banyak jenis latihan kekuatan otot yang bisa dilakukan, mulai dari push-up, sit-up, hingga plank. Namun perlu diingat, latihan ini harus diawali dengan pemanasan berupa jalan cepat atau stretching selama setidaknya 10 menit. Selain meningkatkan kekuatan dan daya tahan otot, ada sederet manfaat yang bisa didapat dari jenis olahraga ini, antara lain: 

  1. Memperlancar Peredaran Darah 
Manfaat Latihan Kekuatan

Rutin melakukan latihan otot disebut bisa membantu melancarkan peredaran darah. Selain itu, olahraga ini juga bisa meningkatkan metabolisme serta fungsi organ tubuh. 

  1. Meningkatkan Kepadatan Tulang 
manfaat latihan kekuatan

Latihan ini bisa membantu meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Jika dilakukan dengan benar dan rutin, olahraga ini juga bisa membantu menjaga fleksibilitas dan keseimbangan tubuh. Latihan kekuatan juga bisa membantu memperbaiki postur tubuh.

Baca juga: Bagaimana Cara Tepat Melatih Kekuatan Otot Punggung?

  1. Menurunkan Risiko Penyakit 
manfaat latihan kekuatan

Jenis olahraga ini bisa membantu mengurangi risiko penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, arthritis, diabetes, obesitas, dan sakit pinggang. 

  1. Kualitas Tidur Lebih Baik 
manfaat latihan kekuatan

Mengalami masalah tidur di malam hari alias insomnia? Coba lakukan latihan kekuatan otot. Pasalnya, jenis olahraga ini disebut bisa membantu meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia. Meski begitu, hindari berlebihan dalam melakukan latihan kekuatan otot.  

  1. Meningkatkan Rasa Percaya Diri 
Latihan kekuatan bisa memberi banyak manfaat bagi kesehatan, terutama otot tubuh. Kira-kira, apa saja manfaat yang bisa didapatkan?

Manfaat olahraga juga terkait dengan penampilan dan bentuk tubuh. Hal ini bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri karena berat badan ideal terjaga. Selain itu, berolahraga kekuatan juga disebut bisa membantu memperbaiki suasana hati alias mood. 

Baca juga: Mengenal Latihan untuk Menjaga Kebugaran Jasmani

Berlebihan dalam melakukan latihan kekuatan bisa meningkatkan risiko cedera. Jika muncul gejalanya dan butuh saran dokter, pakai aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Mayo Clinic. Diakses pada 2021. Strength Training: Get Stronger, Leaner, Healthier.
Emedicinehealth. Diakses pada 2021. Resistance Training.