• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Bisakah Biduran Diatasi Tanpa Obat?

Bisakah Biduran Diatasi Tanpa Obat?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Pernahkah kamu mengalami rasa gatal yang parah pada kulit hingga menimbulkan ruam merah? Jika iya, mungkin saja gangguan yang terjadi disebabkan oleh biduran. Memang, gangguan kulit ini termasuk salah satu yang umum terjadi dan dapat menyerang semua bagian tubuh, sehingga menimbulkan rasa tidak nyaman.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami biduran, contohnya alergi, gigitan serangga, infeksi, efek samping obat, dan lainnya. Selain itu, biduran dapat menyebabkan gangguan lain layaknya pusing, sesak napas, hingga lemas. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara untuk atasi biduran terutama tanpa obat atau cara alami. Berikut caranya!

Baca juga: Biduran, Alergi atau Sakit Kulit?

Cara Mengatasi Biduran Tanpa Mengonsumsi Obat

Biduran, atau disebut juga urtikaria, adalah kondisi yang umum menyerang kulit dan menimbulkan rasa gatal serta ruam merah. Gangguan ini dapat ditandai dengan rasa gatal yang berulang disebabkan oleh reaksi alergi dan non-alergi. Bahkan, biduran yang terjadi ini dapat menyebabkan pengidapnya merasakan sensasi terbakar pada kulit.

Memang, biduran yang terjadi terbilang tidak berbahaya. Namun, risiko jika gangguan urtikaria ini dapat menimbulkan hal yang berbahaya tentu ada. Hal ini dapat terjadi apabila penyebab gangguan tersebut menyerang lidah atau tenggorokan yang dapat menyumbat saluran pernapasan. Karenanya, pengidapnya bisa tidak sadarkan diri secara tiba-tiba.

Maka dari itu, untuk menghindari beberapa gangguan berbahaya, penting untuk segera mengatasi biduran. Pengobatan yang dilakukan dapat secara medis dan non-medis. Lebih baik untuk memilih pengobatan alami karena tidak ada efek samping yang berdampak pada tubuh. Berikut adalah beberapa cara mengatasi biduran yang terjadi tanpa konsumsi obat kimia:

  1. Kompres Dingin

Salah satu cara untuk atasi biduran tanpa obat adalah dengan menempelkan kompres dingin pada area yang terserang. Dengan cara tersebut, iritasi dari kulit yang terserang dapat menjadi lebih baik. Cobalah untuk mengambil es batu yang dibungkus dengan handuk dan oleskan pada area yang terserang selama 10 menit. Ulangi hal tersebut selama gangguan masih terjadi.

Baca juga: Ketahui Perbedaan Angioedema dengan Biduran

  1. Hindari Penyebab Iritasi Kulit

Penyebab lainnya yang dapat menjadi cara untuk atasi biduran tanpa obat adalah dengan menghindari hal yang menyebabkan iritasi pada kulit. Biduran dapat sembuh dengan sendirinya. Maka dari itu, penting untuk melakukan hal tersebut supaya tidak terjadi kambuh lagi. Contohnya, sabun tertentu dapat membuat kulit kering, sehingga timbul gatal-gatal.

Penting untuk mengetahui beberapa hal yang tidak cocok dengan kulitmu agar biduran dapat dihindari. Pastikan semua alat kecantikan yang digunakan tidak menimbulkan kekambuhan pada bagian kulit yang sensitif. Selain itu, dengan mengetahui beberapa zat yang menyebabkan gangguan pada kulitmu sangat penting untuk dilakukan.

  1. Mengenakan Pakaian yang Lembut

Rasa panas yang timbul di kulit juga dapat menyebabkan biduran menjadi semakin parah. Maka dari itu, salah satu cara untuk atasi biduran tanpa obat adalah dengan mengenakan pakaian yang tipis dan lembut terutama ketika cuaca panas. Selain itu, pastikan juga suhu tempat kamu berada tetap sejuk dan nyaman dan penting untuk menghindari terkena sinar matahari secara langsung.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi biduran dengan mudah tanpa mengonsumsi obat. Dengan mengetahui hal tersebut, diharapkan kamu dapat dengan cepat melakukannya agar tidak mengalami gangguan yang membahayakan. Juga penting untuk menghindari beberapa hal yang memicu terjadinya biduran pada tubuh.

Baca juga: 4 Cara Ampuh Atasi Gatal Biduran

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara efektif untuk atasi biduran yang terjadi. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk mendapatkan kemudahan akses kesehatan setiap hari!

Referensi:
Very Well Health. Diakses pada 2020. How Urticaria (Hives) Is Treated.
Health Line. Diakses pada 2020. 15 Ways to Get Rid of Hives.