• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Buah Bit Bisa Digunakan untuk Mengatasi Darah Tinggi

Buah Bit Bisa Digunakan untuk Mengatasi Darah Tinggi

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Hipertensi adalah salah satu penyakit yang banyak diidap oleh masyarakat Indonesia disebabkan kebiasaan yang buruk. Penyakit yang termasuk jenis kardiovaskuler tersebut dapat menimbulkan banyak risiko gangguan saat terjadi. Maka dari itu, penting untuk mencegah jika belum terjadi dan mengatasinya dengan segera pada pengidap gangguan darah tinggi.

Kamu dapat mengonsumsi beberapa makanan sehat yang baik untuk atasi darah tinggi. Salah satu dari makanan tersebut adalah buah bit. Buah berwarna merah tersebut memberi manfaat untuk seseorang yang mengidap darah tinggi, terutama jika dikonsumsi secara rutin. Untuk mengetahui selengkapnya, kamu dapat membaca ulasannya berikut!

Baca juga: 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

Mengatasi Darah Tinggi dengan Konsumsi Buah Bit

Buah bit adalah salah satu jenis umbi yang berwarna ungu-kemerahan dan dapat diolah menjadi jus. Dengan kandungannya yang tinggi akan karbohidrat tetapi rendah lemak kalori, banyak orang yang mengonsumsinya secara rutin. Selain itu, buah ini juga dapat memberikan banyak manfaat pada tubuh, salah satunya adalah mengatasi darah tinggi.

Tidak sedikit penduduk Indonesia yang mengidap hipertensi dan sebagian besar tidak sadar jika dirinya terserang penyakit ini. Saat sadar, gangguan darah tingginya terbilang sudah bukan masalah kecil lagi. Maka dari itu, kamu dapat memanfaatkan buah bit sebagai cara mengatasi darah tinggi untuk mencegah kelainan tersebut berkembang.

Buah bit memberikan dampak baik bagi tubuh karena dapat menurunkan tekanan darah secara signifikan pada pengidap hipertensi. Salah satu kandungan dalam buah tersebut, yaitu nitrat, dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih lebar. Dalam waktu yang bersamaan, tekanan darah yang terjadi pada tubuh menuju arah normal dan gangguan dapat diredam.

Penting untuk mengonsumsi olahan dari buah bit secara rutin pada pengidap darah tinggi agar tingkat keberhasilannya meningkat. Efek tersebut dapat dirasakan saat mengonsumsi jus dari buah tersebut setiap hari selama kurang lebih 4 hingga 8 minggu. Namun, kamu harus terus mengonsumsinya setiap hari karena gangguan hipertensi dapat kambuh jika berhenti melakukannya.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait manfaat dari konsumsi buah bit secara rutin untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Dengan memastikannya pada ahli medis profesional, keraguan dalam diri akan hilang. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!

Baca juga: Minum Jus Buah Bit Sebelum Olahraga, Apa Manfaatnya?

Selain menjaga tekanan darah tetap normal, kamu juga harus mengetahui manfaat lainnya dari mengonsumsi buah bit secara rutin. Berikut manfaat lainnya:

  1. Mengatasi Peradangan

Manfaat dari buah bit lainnya yang dapat kamu rasakan pada tubuh selain mengatasi darah tinggi adalah meredakan peradangan yang terjadi. Gangguan tersebut dapat menimbulkan rasa nyeri pada tubuh. Peradangan juga dapat berhubungan dengan beberapa penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung dan liver. Maka dari itu, penting untuk mengonsumsi buah bit secara rutin karena kandungan pigmen betalainnya dapat membuat peradangan menjadi lebih baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Obesitas dapat berbanding lurus dengan tingginya tekanan darah. Maka dari itu, dengan mengonsumsi buah bit secara rutin, kamu dapat membuat hipertensi menjadi lebih baik dan menurunkan bobot tubuh. Hal tersebut karena kandungan kalori yang rendah dan tinggi serat. Selain itu, buah bit juga dapat menimbulkan rasa kenyang sehingga nafsu makan dapat ditekan.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kamu juga dapat melancarkan pencernaan dengan mengonsumsi buah bit secara rutin. Kandungan serat pada buah tersebut dapat menyehatkan usus dan menumbuhkan bakteri baik pada bagian pencernaan. Sehingga, berbagai masalah pencernaan dapat diatasi, seperti buang air besar yang tidak rutin.

Baca juga: Intip Makanan untuk Turunkan Darah Tinggi

Itulah pembahasan mengenai buah bit yang dapat mengatasi darah tinggi saat dikonsumsi secara rutin. Penting juga untuk mengetahui manfaat lainnya agar dapat memacu kamu untuk lebih konsisten mengonsumsinya. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat dan menjauhkan diri dari risiko beberapa penyakit mematikan.

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. Does beetroot juice lower blood pressure?
Everyday Health. Diakses pada 2020. Benefits of Beet Juice in Controlling High Blood Pressure.