Kaya Antioksidan, Ini Khasiat Buah Bit

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Kaya Antioksidan, Ini Khasiat Buah Bit

Halodoc, Jakarta - Siapa sangka, buah bit masih berada dalam keluarga yang sama dengan lobak dan sayuran berakar lain. Buah ini sering dimanfaatkan akarnya yang memiliki rasa manis sebagai bahan untuk obat. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, daun dan daging buahnya dikonsumsi untuk mendapatkan manfaat kesehatan tubuh yang sama. 

Buah ini telah dikonsumsi sejak ribuan tahun yang lalu. Daging buahnya bisa diolah menjadi jus dan diambil sarinya untuk pewarna alami makanan. Lalu, rasa manis pada buah ini sering digunakan untuk pemanis alami makanan maupun minuman. Lalu, sekitar abad ke-19, buah bit mulai digunakan sebagai campuran bahan untuk memurnikan gula yang berasal dari tebu. 

Apa saja Manfaat Buah Bit? 

Selain kaya antioksidan, buah dengan daging berwarna merah keunguan ini memiliki segudang nutrisi baik yang dibutuhkan tubuh. Sebut saja asam folat, vitamin C, serat, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, betasianin, triptofan, dan coumarin. Meski tinggi kandungan karbohidrat, kalori, protein, lemak yang terkandung pada buah ini tergolong rendah. Tidak mengherankan jika buah ini banyak dikonsumsi oleh orang-orang yang menjalani program diet. 

Baca juga: Cegah Kanker Serviks dengan Buah Bit

Lalu, apa saja khasiat buah bit yang bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsi buah ini? Berikut beberapa di antaranya:

  • Membantu Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Amrita Ahluwalia, profesor dari Barts & London School of Medicine menyarankan untuk rutin mengonsumsi jus buah bit untuk membantu memelihara kesehatan jantung. Kandungan nitrat pada buah ini sama tingginya dengan nitrat pada sayuran hijau. Nitrat ini yang membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan efektif untuk mencegah hipertensi

  • Mencegah Anemia

Sebenarnya, bukan warna merah pada buah bit yang diyakini membantu mencegah anemia. Buat bit memiliki kandungan zat besi yang tinggi, sehingga dapat membantu meregenerasi dan mengaktifkan kembali sel darah merah, serta membantu menyuplai oksigen yang sangat baik untuk menunjang kesehatan sel darah merah. 

  • Membantu Menangkal Radikal Bebas

Ya, ini manfaat paling utama dari buah bit, membantu menangkal radikal bebas dengan kandungan antioksidannya yang sangat tinggi. Antioksidan ini juga baik untuk mencegah terjadinya masalah stres oksidatif dan kerusakan sel di dalam tubuh. Antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari ancaman penyakit kronis, termasuk kanker, jantung, dan diabetes

Baca juga: 6 Alasan Harus Sering Makan Buah Bit

  • Membantu Meningkatkan Stamina

Sebagai seorang atlet, tentu dibutuhkan stamina yang kuat agar bisa tetap prima di berbagai kondisi, terlebih ketika sedang menjalani perlombaan. Buah bit ini menjadi salah satu jenis buah yang banyak dicari dan dikonsumsi oleh para atlet, karena berdasarkan studi yang dilakukan di Universitas Exter di Inggris, buah bit mampu membantu meningkatkan stamina. Sementara itu, kandungan nitrat pada buah ini dapat membantu mengurangi pembakaran oksigen ketika berolahraga, sehingga rasa capek pun bisa segera reda. 

Baca juga: Kenapa Makanan Sehat Kadang Enggak Enak?

Meski begitu, tetap ada hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengonsumsi buah ini, meski terbukti buah bit memang kaya manfaat. Seperti misalnya, kamu memiliki alergi terhadap buah ini, sebaiknya kamu tidak mengonsumsinya. Lebih baik kamu bertanya dulu pada dokter untuk mendapatkan solusi terbaik terkait konsumsi buah ini. Pakai aplikasi Halodoc saja, karena aplikasi ini membuat tanya jawab kamu dengan dokter jadi lebih mudah. 

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2020. Beetroot Benefits.
Dr.Axe. Diakses pada 2020. Beets Benefits.
Stylezraze. Diakses pada 2020. 10 Health Benefits of Beetroot.