• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Mencegah Infeksi saat Ganti Perban Pasca Operasi Caesar

Cara Mencegah Infeksi saat Ganti Perban Pasca Operasi Caesar

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Melahirkan adalah salah satu momen yang sangat dinantikan oleh ibu hamil. Namun, persalinan juga dapat menjadi salah satu hal yang menakutkan karena membayangkan rasa sakitnya. Pada umumnya, ibu yang akan melahirkan ingin persalinan yang normal. Walau begitu, terkadang harapan tidak sesuai dengan kenyataan yang memaksa beberapa ibu untuk melakukan operasi caesar.

Saat seorang ibu melakukan operasi caesar saat melahirkan, pasti ada bekas luka sobekan yang dibuat untuk mengeluarkan janin di dalam kandungan. Sangat penting untuk menjaga bekas luka pasca operasi tersebut, salah satunya adalah dengan rajin mengganti perban. Dengan melakukan hal tersebut, ibu dapat mencegah terjadinya infeksi pada luka tersebut. Berikut beberapa caranya!

Baca juga: Mau Cepat Pulih dari Operasi Caesar? Ini Tipsnya

Cara Ganti Perban Pasca Operasi Caesar

Perban adalah salah satu perlengkapan medis yang digunakan untuk membalut luka, salah satunya saat setelah pasca operasi caesar. Selama operasi dilakukan, ibu mungkin tidak merasakan apapun karena pengaruh dari obat bius yang telah diberikan sebelumnya. Namun, beberapa lama setelahnya, perasaan sakit atau nyeri pada bagian perut akan lebih kentara karena bius perlahan menghilang.

Awalnya, bekas luka jahitan pasca operasi caesar akan terlihat sedikit bengkak, dan menonjol. Selain itu, jika ibu melakukan gerakan apapun yang membutuhkan otot di perut, perasaan tidak nyaman dapat timbul karena dapat mengenai bekas luka tersebut. Walau begitu, perasaan tidak nyaman pada perut ini dapat menjadi lebih baik ketika sudah lewat 6 minggu.

Selain itu, penting juga untuk menjaga luka bekas sayatan operasi caesar agar tidak menyebabkan infeksi. Gangguan ini umumnya terjadi karena infeksi bakteri pada lokasi sayatan dari pembedahan. Saat infeksi terjadi, ibu dapat mengalami demam yang tinggi, luka yang sensitif, pembengkakan pada bekas sayatan, hingga nyeri pada bagian perut bawah. Maka dari itu, jagalah hal tersebut untuk tidak terjadi dengan mengganti perban pasca operasi caesar.

Lalu, bagaimana cara mengganti perban pasca operasi caesar? Perban asli umumnya akan dilepas setelah 24 jam dan bidan akan memeriksa luka dan membalutnya kembali. Setelah itu, ibu akan diminta untuk melepaskan pembalut tersebut sendiri. Namun, sebelum melakukannya, cuci tangan terlebih dahulu dengan sabun dan air agar menghindari bakteri menempel di tangan, serta hati-hati saat melepaskannya. Cobalah untuk tidak menyentuh luka dengan jari-jari.

Setelah 48 jam biasanya luka akan dibiarkan tanpa balutan, walaupun beberapa orang lebih suka untuk memakainya agar luka terlindungi dari gesekan dengan pakaian. Jangan mengoleskan krim antiseptik atau produk lainnya ke luka kecuali atas saran ahli medis. Jahitan yang dapat larut umumnya akan menghilang dalam waktu 7-10 hari. Namun, jika jahitan tidak larut, dapat dilepas setelah 5-7 hari setelah dinilai siap.

Baca juga: Melahirkan Caesar? Ini yang Harus Diketahui Ibu

Untuk mengganti perban sendiri pasca operasi caesar, ini langkah yang harus dilakukan:

Pertama, siapkan alat yang diperlukan dan jangan dulu dibuka agar tetap steril. Atur posisi tubuh dengan nyaman agar tidak terjadi perubahan gerakan tiba-tiba yang dapat menyebabkan kontaminasi dari luka. Lepaskan perban dengan perlahan dan jika terdapat balutan yang lengket, penting untuk menggunakan larutan steril agar dapat mencegah gangguan pada permukaan kulit.

Bersihkan luka dengan larutan antiseptik dengan cara memegang kassa yang telah dibasahi menggunakan pinset untuk menghindari sentuhan tangan langsung. Pasang perban kering pada luka tersebut, lalu balut beberapa kali jika perlu dan tutup semua bagian sehingga tidak ada celah yang tertinggal. Lalu, tempelkan plester di atas balutan luka agar perban tetap kencang, sehingga luka dipastikan tetap tertutupi.

Ibu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait cara yang dapat dilakukan untuk mengganti perban pasca operasi caesar. Caranya mudah sekali, ibu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan untuk mendapatkan kemudahan dalam akses kesehatan!

Baca juga: 4 Langkah Pemulihan Setelah Melahirkan Secara Caesar yang Dialami Raisa

Itulah cara yang dapat dilakukan untuk mengganti perban pasca operasi caesar agar dapat menjaga kebersihannya dan membuat luka cepat sembuh. Dengan rutin melakukannya, diharapkan tidak ada dampak buruk yang dapat terjadi, sehingga mampu kembali beraktivitas seperti biasa.

Referensi:
NHS. Diakses pada 2020. Caring for Your Surgical Wound after Caesarean Section.
Healthline. Diakses pada 2020. Post-Cesarean Wound Infection: How Did This Happen?