Cara Mengelola Gangguan Kecemasan di Tempat Kerja

Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   13 Agustus 2020
Cara Mengelola Gangguan Kecemasan di Tempat KerjaCara Mengelola Gangguan Kecemasan di Tempat Kerja

Halodoc, Jakarta - Sudah familiar kan dengan gangguan kecemasan? Gangguan kecemasan ini merupakan kondisi ketika munculnya rasa cemas atau khawatir yang berlebihan, dan tak terkendali terhadap berbagai hal atau kondisi. Dalam kebanyakan kasus, gangguan kecemasan ini umumnya dialami oleh orang dewasa di atas 30 tahun.

Gangguan kecemasan ini biasanya muncul ketika adanya tekanan atau kondisi tertentu. Contohnya, pekerjaan atau deadline yang menumpuk. Nah, pertanyaannya, bagaimana caranya mengatasi gangguan kecemasan bila benar-benar terjadi di kantor? 

Baca juga: Penyebab Wanita Lebih Rentan Alami Gangguan Kecemasan

1.Tarik Napas Dalam-Dalam

Meski terdengar sederhana, tapi menarik napas dalam-dalam cukup membantu untuk mengatasi gangguan kecemasan di kantor. Bernapas dengan dalam dapat membuat tubuh menjadi rileks. Cobalah tarik napas panjang selama lima detik ketika mengalami kecemasan. Kemudian, buang napas secara perlahan dalam lima detik. Lakukan hal ini selama beberapa kali sampai pikiran lebih tenang. 

2.Fokus Satu Hal pada Satu Waktu

Banyak orang berpikir kalau multitasking bisa menjadi jalan keluar dari pekerjaan yang menumpuk. Padahal, hal ini justru bisa membuat energi makin terkuras. Jangan salah, konsentrasi mental itu amat mirip dengan kinerja otot. Otak bisa kelelahan setelah penggunaan yang berkelanjutan. 

Nah, hal ini yang akan memicu stres atau tekanan yang ujung-ujungnya bisa memicu kecemasan. Mengerjakan beberapa pekerjaan sekaligus sebenarnya tidak efisien dan membuat tubuh kamu cepat kelelahan.

3.Bercerita Pada Atasan

Sebenarnya tidak semua orang merasa nyaman melakukan hal ini. Namun, berbicara dengan manajer atau atasan mengenai gangguan kecemasan yang dirimu alami, mungkin dapat membantu. Tak menutup kemungkinan manajer akan menawari akomodasi atau membantumu melakukan pekerjaan dengan lebih efektif. 

Kalau enggan untuk berbicara pada atasan, kamu bisa menceritakan apa yang sedang dirasakan pada orang lain yang kamu percaya. Cobalah berkeluh-kesah pada teman dekat, kolega, anggota keluarga. Kamu juga bisa kok bertanya langsung pada psikiater atau psikolog melalui Halodoc

Baca juga: Ini 3 Jenis Gangguan Kecemasan yang Umum

4.Lebih Santai dengan Olahraga 

Olahraga bukan cuma bermanfaat pada fisik saja, tapi juga psikis seseorang. Olahraga mampu menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stres) dalam tubuh, sehingga membuat orang jadi lebih rileks. Di samping itu, melakukan olahraga rutin juga membuat tubuh lebih terlatih untuk merespon stres dengan lebih baik. 

Banyak jenis-jenis olahraga sederhana yang bisa menurunkan tingkat stres dan kecemasan saat bekerja. Misalnya, beban tubuh. Gerakan yang satu ini cukup sederhana, bisa kamu lakukan di mana pun tanpa membutuhkan alat-alat tertentu. Contohnya, push up, sit up, desk push up, atau jumping jack. 

Selain empat hal di atas, menurut Anxiety and Depression Association of America, ada pula beberapa cara untuk mengatasi gangguan kecemasan di kantor, antara lain: 

Baca juga: Tips Menghilangkan Stres Dalam Waktu Singkat

  • Praktikkan manajemen waktu. Buat daftar tugas dan prioritaskan pekerjaanmu. Jadwalkan waktu yang cukup untuk menyelesaikan setiap tugas atau proyek.
  • Rencanakan dan siapkan. Mulailah pada pekerjaan besar sedini mungkin. Lalu, tetapkan tenggat waktu beristirahat sejenak.
  • Harus realistis. Jangan menawarkan diri untuk mengambil suatu pekerjaan atau proyek baru jika dirimu tak mempunyai cukup waktu dan tenaga. 
  • Mintalah bantuan. Jika dirimu sudah merasa kewalahan, mintalah bantuan rekan kerja. Sebagai gantinya, kamu bisa kok menawarkan bantuan pada mereka di lain kesempatan. 
  • Hindari gosip atau karyawan racun. Coba abaikan hal-hal negatif dan gosip di tempat kerjamu.
  • Istirahat. Ambilah waktu beberapa menit untuk menjernihkan pikiran. Kamu bisa kok berjalan kaki di lingkungan kantor untuk menenangkan pikiran. 
  • Tetapkan batas. Cobalah untuk tidak membawa pulang pekerjaan ke rumah. Selain itu, jangan periksa email kantor setelah jam kerja.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk mencoba cara-cara di atas? 

Bagi kamu yang memiliki masalah gangguan kecemasan di tempat kerja, kamu bisa bertanya langsung pada psikolog atau dokter ahli melalui Halodoc. Tidak perlu keluar rumah atau kantor, kamu bisa menghubungi dokter ahli kapan saja dan di mana saja. Praktis, kan? 

Referensi:
Anxiety and Depression Association of America (ADAA). Diakses pada 2020. Anxiety and Stress in the Workplace
Healthline. Diakses pada 2020. 12 Ways to Calm Your Anxiety. 
Web MD. Diakses pada 2020. How to Stop Feeling Anxious Right Now.
Very Well Mind. Diakses pada 2020. How to Cope With Generalized Anxiety Disorder at Work

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan