Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi yang Bisa Dicoba di Rumah

2 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   17 Februari 2022

“Bayi yang mengalami batuk berdahak bisa membuatnya rewel dan tidak nafsu makan akibat merasa sangat tidak nyaman. Sebelum ibu memberi obat-obatan untuk mengeluarkan dahak, sebaiknya coba perawatan sederhana yang bisa di coba di rumah.”

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi yang Bisa Dicoba di RumahCara Mengeluarkan Dahak pada Bayi yang Bisa Dicoba di Rumah

Halodoc, Jakarta –  Batuk berdahak pada bayi pasti membuat ibu khawatir dan membuat Si Kecil sangat tidak nyaman. Pasalnya, dahak yang tertahan di tenggorokan bisa membuat bayi menolak makan karena susah menelan. Mengatasi batuk berdahak bayi pun tidak boleh sembarangan. Sebab, ibu tidak boleh asal memberikan obat untuk mengeluarkan dahak dan meringankan gejala lainnya. 

Tapi ibu tidak perlu terlalu khawatir, ada beberapa perawatan rumahan yang bisa membantu mengeluarkan dahak bayi. Untuk mengatasi kebingungan ibu, simak tips mengeluarkan dahak bayi yang bisa dicoba di rumah.

Cara Mengeluarkan Dahak pada Bayi

Sebelum memberikan obat-obatan pada Si Kecil, sebaiknya coba cara-cara di bawah ini untuk mengeluarkan dahak bayi:

1. Posisikan tengkurap

Cara pertama yang bisa ibu coba adalah menengkurapkan bayi lalu tepuk punggungnya perlahan agar dahak bisa keluar. Ibu bisa memposisikan bayi tengkurap di pangkuan ibu atau di atas kasus yang empuk.

2. Gunakan uap

Nah, kalau cara mudah yang satu ini pasti pernah ibu lakukan untuk mengatasi hidung tersumbat. Ternyata penguapan juga bisa mengatasi dahak pada bayi lo!  Namun, metode penguapan ini harus dilakukan secara hati-hati supaya tidak melukai bayi. Jika ibu ragu, ada alternatif lain yang bisa dicoba seperti menggunakan humidifier atau memandikan bayi dengan air hangat.

3. Dijemur di bawah matahari

Cara mudah lainnya yang bisa ibu coba adalah menjemur Si Kecil di bawah sinar matahari. Bukan hanya memperkuat sistem kekebalan tubuh, menjemur bayi juga membantu mengencerkan dahak dan lendir di saluran pernapasan.

4. Tidurkan bayi dengan posisi berbeda

Untuk membantu mengeluarkan dahak, tidurkan bayi dengan posisi kepala yang lebih tinggi dari badannya. Dengan demikian, dahak bisa lebih mudah mengalir ke luar. Posisi tidur lain yang bisa ibu coba adalah menengkurapkan bayi. Namun, pastikan dulu jika posisi tersebut tidak ada menghalangi hidung dan saluran pernafasannya.

Jika cara di atas kurang efektif, segera hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc. Jangan tunda untuk hubungi dokter sebelum kondisi Si Kecil makin memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Cough Remedies for Babies.
National Health Services. Diakses pada 2022. Colds, coughs and ear infections in children.
WebMD. Diakses pada 2022. 5 Ways to Treat Your Baby’s Stuffy Nose.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan