• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cara Menghilangkan Bekas Infeksi Kulit yang Menghitam

Cara Menghilangkan Bekas Infeksi Kulit yang Menghitam

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Menjaga kebersihan luka menjadi hal yang perlu diperhatikan. Hal ini untuk mencegah terjadinya infeksi pada kulit. Selain dapat menyebabkan luka menjadi lebih parah, infeksi kulit yang sudah pulih dapat menimbulkan bekas pada kulit. Biasanya, bekas infeksi kulit akan terlihat memiliki warna lebih hitam dibandingkan bagian kulit lainnya. 

Baca juga: Jarang Keluar Rumah Tapi Muncul Flek Hitam, Ini Penyebabnya

Bagi sebagian orang, bekas infeksi kulit yang menghitam membuat rasa tidak nyaman. Kondisi ini dinilai dapat mengganggu penampilan. Untuk itu, simak ulasannya di bawah ini mengenai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya!

Inilah Cara Efektif Menghilangkan Kulit yang Menghitam

Infeksi kulit menjadi salah satu gangguan kesehatan yang sangat rentan terjadi. Kondisi ini bisa disebabkan oleh paparan bakteri, virus, jamur, maupun parasit. Beberapa gejala infeksi kulit dapat menyebabkan pengidap memiliki ruam kemerahan, hingga luka pada kulit. Jika kondisi ini tidak ditangani dengan baik, kondisi ini dapat meninggalkan bekas pada kulit. Biasanya, bekas infeksi kulit akan mengalami perubahan warna menjadi lebih hitam.

Meskipun kondisi ini bukan kondisi yang berbahaya, tetapi bagi sebagian orang, hal ini dapat memicu rasa tidak nyaman. Bekas infeksi kulit yang menghitam dinilai dapat mengganggu penampilan. Untuk itu, tidak ada salahnya mengetahui beberapa cara yang dinilai efektif untuk menghilangkan bekas infeksi kulit yang menghitam berikut ini:

1.Jaga Kelembapan Kulit

Saat kamu merasa tidak nyaman dengan bekas infeksi kulit yang menghitam, sebaiknya jangan lupa untuk menjaga kelembapannya. Hal ini dapat membantu kamu untuk memudarkan warna kehitaman yang terjadi pada kulit. Kamu bisa menggunakan pelembap khusus tubuh atau memijat lebih lama di area bekas infeksi kulit dengan minyak alami.

Teknik pijatan lembut dapat membantu kamu untuk mengurangi penumpukan kolagen pada bekas infeksi kulit. Kondisi ini akan membuat warna kulit menjadi lebih merata. Meskipun hal ini belum teruji secara klinis, tetapi tidak ada salahnya mencoba cara yang lebih alami, bukan! Pijatlah selama 5 menit sebanyak 3–4 kali dalam satu hari. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa atau minyak lain yang memiliki kandungan vitamin E di dalamnya.

Baca juga: Ini Cara Merawat dan Mencegah Hiperpigmentasi Kulit

2.Teknik Eksfoliasi

Teknik eksfoliasi merupakan salah satu teknik pengangkatan sel kulit mati. Cara ini dinilai dapat mempercepat pemulihan bekas infeksi kulit yang menghitam. Meskipun kamu dapat menggunakan produk yang dijual bebas, tetapi sebaiknya tanyakan langsung pada dokter mengenai proses eksfoliasi yang tepat. Hindari melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena dapat memicu kulit kemerahan dan iritasi.

3.Gunakan Tabir Surya saat Beraktivitas di Luar Rumah

Paparan sinar matahari secara langsung pada bekas infeksi kulit dapat membuat warnanya menjadi lebih menghitam. Untuk itu, jangan lupa selalu gunakan tabir surya atau sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan. Pastikan kamu juga menggunakan pada bagian tubuh yang memiliki risiko paparan langsung sinar matahari. Oleskan tabir surya secara teratur untuk hasil yang optimal.

4.Minyak yang Mengandung Vitamin E

Kamu juga bisa menggunakan minyak untuk kulit tubuh yang memiliki kandungan vitamin E. Kandungan vitamin E menjadi unsur yang sangat penting dalam pemulihan kondisi bekas infeksi kulit. Hal ini disebabkan vitamin E mengandung antioksidan yang sangat tinggi dan mampu memperbaiki jaringan kulit yang mengalami kerusakan.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Cara Atasi Kulit Menggelap Alias Alkaptonuria

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi bekas infeksi kulit yang menghitam. Selain beberapa cara di atas, jangan lupa untuk penuhi kebutuhan air putih agar kulit terhidrasi. Tidak hanya membantu kulit menjadi lebih sehat, tubuh yang terhidrasi akan membuat kulit terhindar dari masalah penuaan dini.

Yuk, tanya langsung pada dokter seputar cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. Download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2020. How to Get Rid of Scars on Legs: Natural and Medical Remedies.
Healthline. Diakses pada 2020. How to Remove Scars on Legs.