Cara Tepat Mengolah Buah Naga agar Manfaatnya Optimal

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   15 November 2022

“Mengolah buah naga secara berlebihan bisa menghilangkan manfaatnya. Beberapa cara untuk mempertahankannya bisa dengan di jus atau dibuat puding.”

Cara Tepat Mengolah Buah Naga agar Manfaatnya OptimalCara Tepat Mengolah Buah Naga agar Manfaatnya Optimal

Halodoc, Jakarta – Buah naga adalah jenis buah-buahan yang bisa dikonsumsi langsung. Kamu hanya perlu membelah buah ini menjadi dua bagian, lalu menyerok dagingnya dengan sendok untuk disantap. 

Namun, menyantapnya langsung seringkali membosankan dan beberapa orang mengolahnya kembali. Hal ini boleh-boleh saja dilakukan. Akan tetapi, sebaiknya hindari menambahkan bahan-bahan lain secara berlebihan karena mengurangi manfaatnya. 

Tips Mengolah Buah Naga agar Manfaatnya Tetap Optimal

Nah, berikut beberapa tips mengolah buah naga yang tidak akan merusak manfaatnya:

1. Jus

Mengolah buah naga menjadi jus sangat mudah, kamu hanya perlu mengupas kulitnya, lalu masukan buah ke dalam blender. Tambahkan sedikit air supaya teksturnya lebih halus. 

Buah ini cenderung manis, sehingga kamu tidak perlu menambahkan gula ataupun kental manis. Tambahan gula justru bisa memicu lonjakan gula darah. Alhasil, manfaat buah ini menjadi berkurang. 

2. Puding

Buah naga merah sangat baik untuk Si Kecil. Sayangnya, beberapa anak kurang suka menyantapnya langsung. Nah, ibu bisa mengakalinya dengan membuat puding buah naga. 

Caranya sangat mudah, haluskan buah ini dengan blender, kemudian masak agar-agar hingga mendidih, lalu masukkan buah naga yang sudah halus hingga tercampur rata. 

Ibu juga bisa tambahkan susu agar semakin lezat. Tuang adonan puding ke dalam cetakan, lalu masukkan ke dalam kulkas. Agar tampilan semakin menarik, bentuk puding ke dalam cetakan lucu berbentuk binatang atau buah-buahan, serta tambahkan topping buah stroberi kesukaan si kecil. Setelah dingin, ibu bisa menambahkan yogurt kesukaan Si Kecil.

3. Teh Kulit Buah Naga

Setelah mengupas jangan terburu-buru membuang kulit buah naga. Bukan buahnya saja yang punya khasiat, kulitnya juga bisa dimanfaatkan sebagi teh.  Setelah dikupas, keringkan kulit buah naga secukupnya di bawah sinar matahari selama dua hari. 

Setelah kering, potong-potong kulit menjadi bagian kecil seperti daun teh. Lalu, seduh seperti teh dengan ditambahkan sedikit gula atau tanpa gula. Untuk hasil optimal, minum teh herbal ini satu sampai dua gelas setiap harinya.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Naga Putih untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Buah Naga

Berikut sederet manfaat buah ini untuk kesehatan:

1. Memperkuat imunitas

Kandungan vitamin C dan karotenoid pada buah ini mampu menetralkan radikal bebas dan mempertahankan fungsi sel darah putih. Dengan demikian, buah ini menjaga sistem kekebalan tubuh dan mencegah berbagai infeksi.

2. Menyehatkan pencernaan

Buah ini mengandung prebiotik yang mampu menjaga keseimbangan bakteri baik pada usus. Prebiotik adalah jenis serat khusus yang dapat mendorong pertumbuhan bakteri sehat pada usus. 

3. Menyehatkan kulit

Buah naga yang mengandung vitamin C mampu mencerahkan warna kulit, mengurangi hiperpigmentasi, memperbaiki kulit, sekaligus meningkatkan elastisitas kulit.

Menariknya lagi kandungan antioksidan pada buah ini juga memiliki sifat antipenuaan. Caranya dengan menghambat enzim yang memecah komponen kulit seperti kolagen dan asam hialuronat. Senyawa dalam buah naga juga disebut-sebut dapat mengendalikan produksi sebum, sehingga dapat mengatasi jerawat.

4. Mencegah anemia

Salah satu jenis anemia yang paling umum adalah anemia defisiensi zat besi. Nah, buah ini adalah salah satu sumber zat besi yang baik. Satu porsi buah naga mampu melengkapi 8 persen asupan harian zat besi. Kandungan vitamin C-nya juga membantu proses penyerapan zat besi pada tubuh.

Jika kamu punya pertanyaan lain seputar masalah kesehatan, hubungi dokter melalui aplikasi Halodoc saja. Dokter yang ahli di bidangnya akan menjawab pertanyaan kamu sekaligus memberikan solusi terbaik. Jangan tunda sebelum kondisinya memburuk, download Halodoc sekarang juga!

Baca Juga: Buah Naga Putih Vs Buah Naga Merah, Kenali Perbedaannya

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2022. Dragon Fruit
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. All About Dragon Fruit: 3 Health Benefits + How to Eat It
Healthline. Diakses pada 2022. 7 Great Reasons to Add Dragon Fruit to Your Diet

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan