5 Pilihan Makanan Sehat untuk Pengidap Asam Lambung

7 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   07 Maret 2024

“Asam lambung dapat diatasi dengan mengonsumsi makanan untuk asam lambung, seperti ikan, daging tanpa lemak, dan buah-buahan. Atau kamu juga bisa konsumsi obat-obatan seperti Polysilane Suspensi, Plantacid Forte Suspensi 100 ml, dan Sanmag Suspensi 120 ml yang bisa kamu beli di Halodoc."

5 Pilihan Makanan Sehat untuk Pengidap Asam Lambung5 Pilihan Makanan Sehat untuk Pengidap Asam Lambung

DAFTAR ISI

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Asam Lambung


Halodoc, Jakarta – Ada banyak faktor yang memicu naiknya asam lambung ke kerongkongan, salah satunya adalah makanan. Contohnya, buah-buahan dengan rasa asam, makanan tinggi lemak, makanan pedas, dan coklat. Ini artinya, kamu perlu selektif dalam memilih makanan untuk asam lambung.

Sebab, ketika asam lambung naik, akan muncul sensasi rasa pahit dalam mulut. Gejala lainnya termasuk mual, muntah, sensasi panas pada perut, dan mengalirnya makanan kembali ke kerongkongan.

Pilihan Makanan untuk Asam Lambung yang Aman

Berbicara soal asam lambung berlebih, terkadang tak sedikit orang menyamakan penyakit asam lambung dan maag. Padahal, keduanya jelas berbeda. Kamu bisa membaca artikel Ketahui Perbedaan antara Asam Lambung dan Maag untuk informasi lengkapnya.

Sementara itu, guna mencegah munculnya gejala penyakit tersebut, pengidap tentu perlu memperhatikan menu makanan harian dan asupannya. Berikut ini pilihan makanan untuk asam lambung yang aman:

1. Jahe

Makanan untuk asam lambung yang pertama adalah jahe. Tanaman herbal ini tak hanya memberi kehangatan, tapi juga dapat menurunkan potensi munculnya gejala asam lambung. 

Jahe memiliki kandungan antiinflamasi untuk mengatasi masalah pencernaan dan menjadi obat alami untuk masalah asam lambung atau maag. Studi dalam Food Science & Nutrition menyebutkan bahwa mengonsumsi jahe kurang dari 1500 miligram efektif meredakan mual akibat asam lambung.

Selain itu, tanaman herbal ini juga menjadi agen makanan penting yang memiliki efek karminatif, mengurangi tekanan pada sfingter esofagus bagian bawah, kram usus, dan mencegah dispepsia dan perut kembung. 

2. Sayuran

Secara alami, sayuran rendah kandungan gula dan lemak sehingga menjadi makanan yang aman dan menyehatkan untuk pengidap asam lambung. Beberapa pilihannya, yaitu: 

  • Kacang hijau.
  • Brokoli.
  • Asparagus.
  • Kembang kol.
  • Sayuran berdaun hijau.
  • Kentang.
  • Mentimun.

Kamu bisa menggunakan bumbu seperti kunyit atau kayu manis untuk menambah rasa. Namun, tidak boleh lupa bahwa menambahkan mentega, rempah-rempah, lemon, saus tomat, dan saus salad dapat meningkatkan risiko naiknya asam lambung.

3. Oatmeal, makanan untuk asam lambung

Jenis makanan untuk asam lambung lainnya adalah oatmeal. Kudapan ini kaya akan serat yang dapat memberi rasa kenyang lebih lama. Dalam mengatasi gejala asam lambung, oatmeal bekerja dengan menyerap produksi asam lambung berlebih.

4. Buah-buahan non-sitrus

Sementara itu, asupan buah-buahan sebagai makanan untuk asam lambung yang aman adalah kelompok non-sitrus atau buah yang tidak memiliki rasa asam. Beberapa pilihan buahnya yaitu: 

  • Pisang. Buah ini memiliki kandungan pH sekitar 5,6 sehingga bisa menetralkan asam lambung sekaligus meredakan gejalanya. Selain itu, buah ini juga bekerja dengan melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya asam lambung.
  • Apel. Buah ini kaya akan serat dan merupakan sumber kalsium, kalium serta magnesium yang mampu meredakan gejala asam lambung. Namun, pastikan kamu tidak memilih apel yang berwarna hijau karena memiliki rasa cenderung asam.
  • Pepaya. Buah ini tak hanya bekerja sebagai pencahar alami. Makanan untuk asam lambung ini mengandung enzim papain yang bekerja dengan mencerna protein dalam lambung ketika gejala penyakit asam lambung kambuh.
  • Alpukat. Rekomendasi buah yang baik untuk asam lambung karena memiliki kandungan lemak sehat dan serat yang tinggi. Tidak hanya membuat kenyang lebih lama, serat juga mendukung pertumbuhan bakteri baik dalam sistem pencernaan.

5. Daging tanpa lemak dan seafood

Daging yang berlemak tinggi sering menjadi pemicu naiknya asam lambung. Itu sebabnya, pengidap asam lambung sebaiknya memilih daging rendah lemak yang mudah dicerna oleh lambung. 

Misalnya, daging ayam, kalkun, ikan, dan makanan laut. Selain itu, perhatikan juga cara mengolahnya, ya. Sebaiknya kamu mengolah dengan cara panggang, rebus, atau kukus.

Untuk mendapatkan solusi yang tepat yuk cek dokter di artikel ini untuk penanganan GERD: “GERD Selalu Kambuh, Saatnya Konsultasi ke Dokter Spesialis Ini”.

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Asam Lambung

Selain makan makanan sehat di atas, konsumsi juga obat-obatan di bawah ini untuk atasi masalah asam lambung. 

1. Polysilane Suspensi 100 ml

Obat maag dan anti kembung mengandung Aluminium hidroksida dan Magnesium hidroksida yang berguna sebagai antasida. Berfungsi menetralkan asam lambung dan menginaktifkan pepsin agar nyeri ulu hati berkurang. 

Polysilane berguna untuk mengatasi gejala kelebihan asam lambung seperti mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan perasaan penuh di lambung, yang merupakan indikasi adanya gastritis, tukak lambung, dan tukak usus 12 jari. 

Obat ini termasuk golongan obat bebas yang aturan pemakaiannya adalah dikonsumsi 1-jam setelah makan dan menjelang tidur. 

Kisaran harga: Rp30.600 per botol.

Dapatkan Polysilane Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. GRATIS ongkir dan 100% produknya asli!

2. Plantacid Forte Suspensi 100 ml

Obat ini bisa membantu mengatasi gejala saat kelebihan asam lambung menyerang dan ketika mual atau kembung karena tukak usus 12 jari. Kandungan-kandungan di dalamnya bisa menetralkan asam lambung dan mengurangi busa serta cairan lambung agar rasa kembung bisa reda.  

Plantacid Forte Suspensi 100 ml bisa dikonsumsi 1 jam sesudah makan dan menjelang tidur malam. Berikut dosis pemakaiannya: 

  • Dewasa: 3-4 kali (5-10 ml)
  • Anak-anak usia 6-12 tahun: 3-4 kali sehari (2.5-5 ml).

Plantacid Forte Suspensi merupakan obat bebas yang untuk membelinya tidak diperlukan resep dokter.

Kisaran harga: Rp38.400 per botol.

Dapatkan Plantacid Forte Suspensi 100 ml di Toko Kesehatan Halodoc. Obatnya dikirim dari apotek tepercaya!

3. Sanmag Suspensi 120 ml

Sanmag Suspensi juga berguna untuk meredakan gejala gastritis, tukak lambung, tukak usus 12 jari. Obat ini direkomendasikan ketika merasa mual, nyeri lambung, nyeri ulu hati, kembung, dan perasaan penuh di lambung.

Kombinasi Aluminium hidroksida dan Magnesium hidroksida di dalamnya berguna untuk menetralkan asam lambung. Sementara kandungan Simethicon berguna untuk mengatasi perut kembung, atau rasa tidak nyaman karena kelebihan gas di saluran pencernaan. 

Sanmag Suspensi sebaiknya dikonsumsi saat perut kosong, 1-2 jam setelah makan dan sebelum tidur. 

Kisaran harga: Rp36.500 per botol.

Dapatkan Sanmag Suspensi 120 ml  di Toko Kesehatan Halodoc. Pesanan kamu akan sampai dalam satu jam!

4. Strocain P 400 mg 10 Tablet

Dengan kandungan polymigel di dalamnya, obat ini tak hanya bisa mengatasi asam lambung, tapi beragam penyakit lainnya. Seperti ulkus lambung, serta gejala masalah usus 12 jari, mulai dari mual sampai kembung. 

Untuk penggunaannya, kamu bisa minum  Strocain P 400 mg 10 Tablet sebanyak 1 sampai 2 tablet, 3 atau 4 kali sehari. Lalu, untuk waktu pemakaiannya, sebaiknya 30 sampai 60 menit sebelum makan atau sebelum tidur.

Kisaran harga: Rp33.200 per strip.

Dapatkan Strocain P 400 mg 10 Tablet di Toko Kesehatan Halodoc. Praktis, tak perlu keluar rumah, dan obatnya dikirim dari apotek tepercaya.

5. Xepazym 6 Kaplet

Obat  yang satu ini memiliki pancreatin dan simetikon yang bisa membantu terapi gangguan di lambung karena kenaikan asam lambung. 

Xepazym juga bisa mengatasi masalah pencernaan lainnya. Misalnya seperti perut kembung, gangguan proses produksi enzim pankreas, gangguan hari, kelenjar empedu, usus, dan masih banyak lagi.

Xepazym baik dikonsumsi saat makan. Berikut dosis pemakaiannya:

  • Dosis umum: 1-2 kaplet per hari.
  • Persiapan pemeriksaan rontgen: 3-4 kali sehari sebanyak 2 kaplet selama 2 hari sebelum pemeriksaan dan 2 kaplet saat perut kosong di pagi hari pada hari pemeriksaan. 

Rentang harga: Rp24.500 – Rp25.600 per strip. 

Dapatkan Xepazym 6 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc. 100% produknya asli!

Itu lah makanan-makanan yang cocok dikonsumsi pengidap asam lambung. Temukan juga obat atau suplemen untuk mengatasi asam lambung yang direkomendasikan dokter hanya di Toko Kesehatan Halodoc, produk terpercaya dengan pengiriman cepat dan aman.

Referensi :
Healthline. Diakses pada 2024. 7 Foods to Help Your Acid Reflux.
Health. Diakses pada 2024. 11 Foods That Help Heartburn, According to Gastroenterologists.
Medical News Today. Diakses pada 2024. What to eat and avoid if you have GERD.
WebMD. Diakses pada 2024. Natural Home Remedies for Heartburn.
Food Science & Nutrition. Diakses pada 2024. Ginger in gastrointestinal disorders: A systematic review of clinical trials.
BMJ Open Gastroenterology. Diakses pada 2024. Gastric microbiota in the functional dyspepsia patients treated with probiotic yogurt.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan