Catat, Ini 11 Manfaat Kacang Mete bagi Kesehatan Tubuh

5 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   31 Juli 2023

“Kacang mete mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan. Ada berbagai manfaat kacang mete untuk tubuh, seperti membantu menurunkan berat badan, hingga meningkatkan kesehatan jantung.”

Catat, Ini 11 Manfaat Kacang Mete bagi Kesehatan TubuhCatat, Ini 11 Manfaat Kacang Mete bagi Kesehatan Tubuh

Halodoc, Jakarta – Kacang mete adalah kacang yang berasal dari pohon jambu mete. Bagian yang bisa kamu konsumsi adalah bijinya, sehingga kacang ini wajib diolah sebelum kamu konsumsi. 

Bentuknya yang unik dan rasanya yang gurih membuat kacang ini menjadi camilan sehat kesukaan. Selain rasanya yang enak, kacang ini memiliki beragam nutrisi dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Yuk, simak ulasan manfaat kacang mete dalam artikel ini!

Manfaat Kacang Mete untuk Kesehatan Tubuh

Berikut kandungan nutrisi dalam 28 gram kacang mete:

  • Kalori: 157.
  • Protein: 5 gram.
  • Lemak: 12 gram.
  • Karbohidrat: 9 gram.
  • Serat: 1 gram.
  • Tembaga: 67 persen kebutuhan harian.
  • Magnesium: 20 persen kebutuhan harian.
  • Mangan: 20 persen kebutuhan harian.
  • Zink: 15 persen kebutuhan harian.
  • Fosfor: 13 persen kebutuhan harian.
  • Zat besi: 11 persen kebutuhan harian.
  • Selenium: 10 persen kebutuhan harian.
  • Tiamin: 10 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin K: 8 persen kebutuhan harian.
  • Vitamin B6: 7 persen kebutuhan harian.

Karena berbagai kandungan vitamin dan mineral tersebut, berikut ini manfaat kacang mete untuk kesehatan:

1. Membantu menurunkan berat badan

kacang mete membantu menurunkan berat badan

Kacang mete memiliki kandungan kalori, tetapi tidak sebanyak jumlah jenis kacang lain. Selain itu, kandungan serat dan protein yang tinggi pada kacang ini membuat kamu merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu kamu mengontrol porsi makan.

Namun, untuk mengoptimalkan manfaat ini kamu perlu melakukan gaya hidup sehat. Cari tahu gaya hidup sehat yang bisa membantu kamu turunkan berat badan melalui artikel ini → Lakukan 6 Hal Ini untuk Cepat Turunkan Berat Badan

2. Menjaga kesehatan kantung empedu

Sebuah penelitian dalam The American Journal of Clinical Nutrition, mengatakan bahwa mengonsumsi kacang mete mampu menurunkan risiko pengangkatan kantung empedu.

Penelitiannya pada wanita yang mengonsumsi lebih dari lima ons kacang dalam seminggu, memiliki risiko kolesistektomi lebih rendah. Kolesistektomi adalah salah satu tindakan bedah untuk mengangkat kantung empedu.

3. Mengoptimalkan kesehatan jantung

Mengoptimalkan kesehatan jantung

Mengonsumsi kacang mete sebagai camilan sehat menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan jantung. 

Hal ini terjadi karena beberapa kandungan dalam kacang mete mampu menurunkan tekanan darah, kolesterol, dan trigliserida yang bisa memicu penyakit yang menyebabkan gangguan pada kesehatan jantung.

4. Mengontrol kolesterol

Kacang mete mampu menurunkan kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) pada orang dewasa. Penelitian ini terdapat dalam The Journal of Nutrition yang berjudul Cashew Nut Consumption Increases HDL Cholesterol and Reduces Systolic Blood Pressure in Asian Indians with Type 2 Diabetes: A 12-Week Randomized Controlled Trial.

Menurut penelitian tersebut, orang dewasa yang memiliki kadar kolesterol tinggi dapat mengalami peningkatan kolesterol baik setelah mengonsumsi 28-64 gram kacang ini per harinya. Sementara itu, angka penurunan bisa terjadi sebesar 24 persen daripada kelompok yang tidak mengonsumsinya.

5. Mengontrol kadar gula darah

Kacang mete mampu mengontrol kadar gula darah

Jenis kacang ini baik untuk dikonsumsi oleh pengidap diabetes tipe 2. Kacang ini merupakan sumber serat yang baik, yang mampu mencegah lonjakan kadar gula. 

Tidak ada salahnya coba untuk menjadikan kacang ini sebagai camilan sehat agar kadar gula darah tetap stabil dan terkontrol dengan baik.

6. Mencegah kekurangan nutrisi tembaga

Kacang mete mengandung tembaga yang cukup tinggi di dalamnya. Oleh karena itu, kacang ini baik untuk menjadi sumber nutrisi dalam pemenuhan kebutuhan tembaga dalam tubuh.

Tubuh memang tidak memerlukan nutrisi ini terlalu banyak. Namun, kekurangan tembaga bisa memicu berbagai keluhan kesehatan. Mulai dari anemia, suhu tubuh yang rendah, masalah tiroid, hingga osteoporosis.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Menjaga kesehatan tulang

Kacang mete memiliki kandungan tembaga. Karena kekurangan mineral tembaga dalam tubuh terkait dengan gangguan kesehatan pada tulang, dan menurunkan kepadatan mineral dalam tulang. 

8. Mencegah penyakit stroke

Kandungan magnesium dalam kacang ini membantu menurunkan risiko penyakit stroke. Namun, selain mengonsumsi kacang ini, kamu juga perlu menjalankan gaya hidup sehat untuk menurunkan risiko penyakit ini.

9. Menjaga kesehatan mata

Kacang mete juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi di dalamnya. Kandungan antioksidan zeaxanthin dapat melindungi kesehatan mata dari kerusakan eksternal. Selain itu, memenuhi kebutuhan antioksidan ini bisa mengoptimalkan penglihatan.

10. Mengoptimalkan kesehatan otak

Kacang jenis ini bisa membantu meningkatkan kesehatan otak. Hal ini karena adanya kandungan zat kimia saraf yang terkait dengan fungsi otak.

Meskipun begitu, penelitian masih perlu lebih lanjut untuk memastikan fungsinya pada kesehatan otak.

11. Cocok untuk diet

Jika kamu sedang menjalankan program diet, cobalah untuk memasukkan kacang ini pada menu diet kamu. Kacang ini memiliki kandungan kalori yang rendah daripada dengan jenis kacang yang lainnya.

Selain manfaat tersebut, cari tahu manfaat kacang mete untuk pengidap asam urat melalui artikel ini → Kacang Mete Bisa Sebabkan Penyakit Asam Urat, Benarkah?

Itulah manfaat kacang mete untuk kesehatan tubuh, namun harus tetap menjalankan gaya hidup sehat lainnya agar manfaatnya semakin maksimal.

Dukung juga upaya menjalani hidup sehatmu dengan produk kesehatan berkualitas di Halodoc. Dapatkan sekarang dengan klik gambar berikut:

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2021. Health Benefits of Cashews.
The American Journal of Clinical Nutriton. Diakses pada 2023. Frequent Nut Consumption and Decreased Risk of Cholecystectomy in Women.
Very Well Fit. Diakses pada 2023. Cashew Nutrition Facts and Health Benefits.
The Journal of Nutrition. Diakses pada 2023. Cashew Nut Consumption Increases HDL Cholesterol and Reduces Systolic Blood Pressure in Asian Indians with Type 2 Diabetes: A 12-Week Randomized Controlled Trial.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2023. Health Benefits of Cashews.
Healthline. Diakses pada 2023. Are Cashews Good for You? Nutrition, Benefits, and Downsides.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan