Catat, Ini 7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Rambut Rontok

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   02 September 2021
Catat, Ini 7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Rambut RontokCatat, Ini 7 Kebiasaan yang Bisa Membuat Rambut Rontok

“Kamu mungkin tidak menyadarinya, tetapi ada banyak kebiasaan sehari-hari yang ternyata bisa menyebabkan rambut rontok. Mulai dari melewatkan makan, sering mandi air hangat, mengeringkan rambut dengan cara yang salah, hingga penggunaan produk rambut berlebihan.”

Halodoc, Jakarta – Rasanya sebal ya ketika menemukan banyak helaian rambut di penjuru rumah. Ya, hal ini yang dirasakan pemilik rambut rontok. Meski menyebalkan, kamu perlu mengetahui apa yang jadi penyebab rambut rontok, agar bisa menentukan penanganan yang tepat.

Namun, ada banyak hal yang bisa menyebabkan rambut rontok, termasuk kebiasaan sehari-hari yang mungkin luput dari perhatian kamu. Apa saja kebiasaan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut? Berikut ini pembahasannya.

Baca juga: Benarkah Lidah Buaya Bisa Mengatasi Rambut Rontok?

Kebiasaan yang Jadi Penyebab Rambut Rontok

Selain karena faktor medis seperti masalah kesehatan, rambut rontok juga bisa terjadi akibat kebiasaan atau pilihan gaya hidup yang memengaruhi kesehatan rambut.

Berikut ini kebiasaan sehari-hari yang dapat menyebabkan rambut rontok:

  1. Melewatkan Makan

Melewatkan waktu makan dapat memaksa tubuh untuk mengarahkan energinya ke fungsi-fungsi penting, seperti membantu kerja jantung dan otak, alih-alih memelihara kesehatan rambut. 

Jadi, penting untuk tidak melewatkan waktu makan, dan mengonsumsi makanan seimbang yang kaya protein seperti miju-miju, ikan, telur, daging, dll. Makanan bergizi seimbang dapat membantu menjaga kesehatan rambut, karena rambut sebagian besarnya terdiri dari protein.

  1. Mandi Air Hangat

Efek menenangkan dari mandi air hangat bisa jadi pelipur lelah terbaik. Namun, bila kamu terlalu sering mandi dan mencuci rambut dengan air hangat, risiko rambut rontok bisa meningkat. Hal ini karena air yang terlalu hangat dapat membuat helai rambut jadi kering dan rapuh, sehingga lebih rentan patah dan mengalami kerontokan.

  1. Salah Menangani Rambut Basah

Rambut yang sedang dalam kondisi basah lebih rentan patah dan rontok, dibanding saat kering. Ketika rambut sedang basah, kutikula atau lapisan pelindung pada rambut jadi sedikit terangkat. Jadi, jika kamu menyisir rambut saat basah, atau mengeringkan rambut dengan kasar, risiko kerontokan bisa meningkat.

Baca juga: Rambut Anak Rontok, Apa Penyebabnya?

  1. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Folikel rambut bisa mengalami “stres” dan akhirnya rusak, ketika ada ketegangan berlebih saat kamu mengikat rambut terlalu kencang. Pada kasus yang ekstrem, bahkan juga bisa terjadi traksi alopecia, yakni kondisi melemahnya folikel, sehingga rambut tidak bisa tumbuh kembali.

  1. Menggunakan Peralatan Panas pada Rambut

Ketika kulit kepala terkena panas yang tidak diinginkan setiap kali pengering rambut atau produk penata rambut yang dipanaskan digunakan, rambut rentan terhadap kerusakan. Suhu tinggi dapat merusak protein rambut dan kutikula, yang menyebabkan rambut menipis.

  1. Penggunaan Produk Penata Rambut yang Berlebihan

Sebagai mahkota para wanita, rambut sering ditata sedemikian rupa, menggunakan berbagai produk, agar terlihat lebih cantik. Namun, ketahuilah bahwa banyak produk penata rambut yang justru dapat merusak, bila digunakan berlebihan atau terlalu kering.

Produk yang mengandung alkohol misalnya, dapat membuat rambut kering dan rapuh. Bila produk seperti ini terus digunakan, apalagi secara berlebihan, jangan kaget bila kamu mengalami kerontokan rambut.

Baca juga: Cegah Botak, Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok

  1. Efek Samping Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan tertentu (seperti statin, antidepresan, agen antikecemasan, obat antihipertensi) atau hormon (seperti obat pengganti tiroid) bisa menyebabkan kerontokan rambut.

Selain itu, pil KB, pada beberapa orang, dapat mengganggu siklus normal pertumbuhan rambut, menyebabkan rambut masuk ke fase istirahat dan rontok sebelum waktunya.

Itulah beberapa kebiasaan yang dapat jadi penyebab rambut rontok. Bila kamu memiliki kebiasaan tersebut, sebaiknya mulai hindari secara perlahan, jika tidak mau kerontokan rambut semakin parah. Jika kamu butuh saran ahli seputar masalah ini, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara pada dokter, kapan saja.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Doctor NDTV. Diakses pada 2021. 7 Everyday Habits That Cause Hair Loss.
Indique Hair. Diakses pada 2021. 10 Daily Habits Causing Hair Loss.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan