Cek Fakta: Olahraga Yoga Membantu Atasi Varikokel

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   01 Februari 2023

“Olahraga yoga bisa membantu kamu untuk mengatasi varikokel. Ada berbagai gerakan yoga yang bisa membantu kamu untuk meredakan gejala penyakit ini.”

Cek Fakta: Olahraga Yoga Membantu Atasi VarikokelCek Fakta: Olahraga Yoga Membantu Atasi Varikokel

Halodoc, Jakarta – Skrotum adalah bagian kulit yang melindungi testis pada pria. Di dalam skrotum terdapat arteri dan vena yang berfungsi mengalirkan darah menuju organ reproduksi. Nah, adanya gangguan pada vena dapat menyebabkan seorang pria mengalami varikokel.

Varikokel adalah pembengkakan yang terjadi pada pembuluh darah vena di dalam skrotum. Tentunya hal ini dapat menyebabkan rasa yang tidak nyaman pada pria. Selain melakukan pengobatan, kamu juga bisa meredakan gejala penyakit ini dengan melakukan yoga. Simak ulasan mengenai manfaat yoga bagi pengidap varikokel.

Yoga untuk Mengatasi Varikokel

Dalam kondisi yang normal, pembuluh darah pada skrotum tidak akan terasa maupun teraba. Namun, pada pengidap penyakit ini, pembuluh darah akan terlihat pada skrotum sehingga serupa dengan kondisi varises pada tungkai kaki.

Kondisi ini sangat umum dialami oleh pria, khususnya yang memiliki usia 15-25 tahun. Selain pembuluh darah yang terlihat pada skrotum, ada beberapa gejala lain dari varikokel, seperti pembengkakan pada skrotum dan nyeri yang berulang pada bagian tersebut.

Jika tidak diatasi dengan baik, penyakit ini dapat menyebabkan penurunan kualitas serta kuantitas dari sperma. Hal ini membuat gangguan pada kesuburan pria. Karena itu, tidak ada salahnya kamu melakukan perawatan untuk mencegah komplikasi atau perburukan penyakit.

Salah satu perawatan yang bisa kamu lakukan dengan melakukan yoga secara rutin. Faktanya, yoga menjadi salah satu olahraga yang bisa membantu kamu menurunkan gejala dan perburukan kondisi kesehatan reproduksi akibat varikokel.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Yoga menjadi salah satu olahraga yang memiliki tingkat intensitas pergerakan yang cukup rendah. Hal ini membuat pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum menjadi mengecil. Selain itu, olahraga ini membuat aliran darah menuju organ reproduksi menjadi lebih lancar.

Gerakan Yoga untuk Mengurangi Gejala Varikokel

Berikut ini gerakan yoga yang bisa membantu mengatasi varikokel:

1. Vajrasana

Salah satu gerakan yoga yang bisa membantu meredakan gejala penyakit ini adalah vajrasana. Gerakan ini membantu pria untuk mengoptimalkan kesehatan organ reproduksi. 

Ini akan meningkatkan kekuatan otot panggul dan mengurangi nyeri yang terjadi. Selain itu, gerakan vajrasana mampu meningkatkan aliran darah menuju skrotum sehingga meredakan gejala varikokel.

2. Setu bandhasana

Gerakan ini mampu meningkatkan aliran darah menuju organ reproduksi secara maksimal, sehingga membantu menurunkan gejala dan perburukan kondisi. 

Selain itu, gerakan ini juga berfungsi untuk menurunkan tingkat stres dan mencegah depresi pada kesehatan.

3. Ardha matsyendrasana

Gerakan ini mampu memperbaiki postur tubuh dan meregangkan tulang belakang sehingga tubuh mampu menjadi lebih rileks. Gejalanya dapat membaik ketika kamu rutin melakukan gerakan ini secara tepat.

4. Viparita karani asana

Gerakan ini merupakan gerakan yang cukup mudah dan bermanfaat untuk membuat aliran darah menjadi lebih baik. Dengan melakukan gerakan ini, maka kamu bisa membuat suhu testis menjadi lebih baik. Hal ini akan mengurangi gejala penyakit ini.

Meskipun umumnya tidak membutuhkan penanganan yang khusus, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan medis ketika gejala yang kamu alami semakin memburuk, seperti:

  • Pembengkakan yang semakin besar.
  • Perubahan ukuran pada salah satu testis.
  • Adanya benjolan pada skrotum.
  • Rasa gatal dan nyeri yang berlebihan pada skrotum.

Kamu bisa buat janji pemeriksaan kesehatan dan tanyakan pada dokter menggunakan Halodoc. Pemeriksaan yang dilakukan lebih dini tentunya membuat pengobatan dan perawatan menjadi lebih mudah dilakukan. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play.

Referensi:
Our Life Mantra. Diakses pada 2023. 7 Effective Yoga for Varicocele: Does It Work?
Web MD. Diakses pada 2023. Varicocele.
Healthline. Diakses pada 2023. Varicocele.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan