Cengkeh Dapat Meredakan Gejala Campak, Benarkah?

Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   25 Desember 2020
Cengkeh Dapat Meredakan Gejala Campak, Benarkah?Cengkeh Dapat Meredakan Gejala Campak, Benarkah?

Halodoc, Jakarta - Campak termasuk salah satu penyakit yang kerap terjadi pada anak-anak. Gangguan ini dapat menyebabkan timbulnya ruam kemerahan di seluruh tubuh yang disebabkan oleh infeksi virus. Penularannya yang terbilang mudah terjadi pada anak kecil karena sistem imunnya yang masih lemah.

Saat anak mengalami gangguan ini, ruam merah yang awalnya hanya sedikit dapat menyebar ke seluruh tubuh. Tentu hal tersebut dapat menimbulkan rasa tidak nyaman sehingga perlu diredam. Salah satu cara yang disebut-sebut dapat efektif untuk meredakan salah satu gejala campak tersebut adalah cengkeh. Berikut ulasan lebih lengkapnya!

Baca juga: Ibu, Kenali 14 Gejala Awal Penyakit Campak pada Anak

Redakan Gejala Campak dengan Menggunakan Cengkeh

Campak, atau rubella, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh multiplikasi dari RNA virus jenis morbilivirus yang menyerang saluran pernapasan bagian atas dan konjungtiva. Penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan kematian. Maka dari itu, banyak orang yang berusaha mencari cara untuk meredakan gejala yang ditimbulkan dan memperpendek durasi terjadinya campak, agar segala dampak buruk dapat dihindari.

Saat anak mengidap campak, beberapa gejala yang dapat timbul di awal adalah demam tinggi, masalah pada saluran pernapasan, seperti batuk dan hidung berair, hingga bercak putih di dalam rongga mulut. Gejala yang paling terlihat adalah ruam merah yang dapat menjalar dari tubuh bagian atas ke seluruh tubuh. Ruam yang terjadi terkadang juga dapat menimbulkan rasa gatal yang parah.

Namun, benarkah jika cengkeh dapat meredam atau mencegah gejala campak menjadi lebih parah?

Saat campak menyerang, tubuh akan mengalami peradangan sehingga menimbulkan ruam merah yang menyebar ke seluruh tubuh. Nah, cengkeh adalah salah satu obat herbal yang dapat efektif untuk mengatasi peradangan yang menimbulkan ruam tersebut. Selain itu, kandungan zat anti peradangan tersebut juga mampu melindungi tubuh dari dalam saat risiko radang lainnya terus menyebar dengan cepat.

Baca juga: Inilah Gejala Umum yang Dialami Pengidap Campak

Cengkeh juga kaya akan kandungan antioksidan yang efektif untuk mengurangi masalah akibat stres oksidatif. Senyawa yang disebut dengan eugenol memang terbukti dapat bertindak sebagai antioksidan alami yang efektif untuk mencegah peradangan lebih parah. Maka dari itu, sangat disarankan untuk memberikan air rebusan cengkeh pada anak agar ruam yang terjadi tidak menyebar ke seluruh tubuh.

Cengkeh adalah salah satu pengobatan tradisional yang mudah didapatkan di Indonesia. Selain itu, pengolahan untuk menggunakannya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu merendam bunga dari cengkeh dengan air yang matang selama kurang lebih 24 jam. Pada air rebusan tersebut tambahkan gula dan aduk hingga rata agar rasanya lebih nikmat saat diminum. Pastikan menghabiskan satu gelas ramuan ini agar gejala campak dengan mudah teratasi.

Ibu juga dapat menggunakan kunyit sebagai pengobatan alternatif dari cengkeh, lho.

Alternatif lainnya dari cengkeh adalah jenis obat herbal lainnya, yaitu kunyit. Jenis tanaman herbal yang biasa menjadi bumbu tambahan untuk masakan ternyata juga efektif agar gejala campak yang terjadi tidak parah. Kunyit dapat mengurangi penyebaran ruam merah pada tubuh dengan cara mengatasi peradangan yang terjadi. Hal ini disebabkan oleh kandungan antioksidan yang kaya di dalamnya.

Baca juga: Waspadai Gejala Campak pada Bayi

Nah, sekarang ibu tahu jika cengkeh dapat efektif untuk meredakan gejala dari campak yang menyerang anak. Maka dari itu, jika anak terlihat mengalami ruam merah, segeralah memberikan air rebusan cengkeh agar penyebarannya tidak parah. Selain itu, rasa gatal yang ditimbulkan akibat ruam tersebut juga dapat diminimalisir.

Jika ibu masih memiliki pertanyaan lainnya terkait gangguan campak pada anak, dokter dari Halodoc dapat menjawabnya sesuai dengan pengalamannya selama ini. Caranya mudah saja, hanya dengan download aplikasi Halodoc, ibu bisa mendapatkan kemudahan akses kesehatan untuk menjaga anak tetap sehat tanpa perlu bertatap muka langsung dengan dokter.

Referensi:
Cochrane. Diakses pada 2020. Chinese medicinal herbs for measles.
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Surprising Health Benefits of Cloves.


Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan