Harus Tahu, Ini Superfood untuk Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   15 Maret 2023

“Ada beberapa jenis bahan pangan tertentu yang disebut sebagai superfood, yaitu makanan yang mengandung nutrisi tinggi dalam jumlah kalori yang rendah. Makanan superfood biasanya memiliki zat yang bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif otak.”

Harus Tahu, Ini Superfood untuk Meningkatkan Fungsi Kognitif OtakHarus Tahu, Ini Superfood untuk Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Halodoc, Jakarta – Menjaga pola makanan dan mengonsumsi makanan yang bernutrisi adalah cara yang harus seseorang lakukan agar perkembangan otak berjalan lancar. Tubuh membutuhkan kandungan zat tertentu seperti protein, vitamin, dan mineral tertentu untuk melakukan fungsi kognitif. 

Makanan tertentu termasuk dalam kategori superfood, yaitu makanan yang kaya akan komponen bermanfaat untuk tubuh. Perbedaannya dengan makanan biasa, makanan superfood seperti salmon, beri, dan brokoli memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dalam jumlah kalori yang rendah.

Yuk, simak apa saja superfood yang bisa kamu konsumsi untuk meningkatkan fungsi kognitif otak!

Berbagai Jenis Makanan yang Bermanfaat untuk Perkembangan Otak

Ada banyak pilihan bahan makanan yang bisa membantu meningkatkan fungsi otak. Seluruh bahan ini bisa kamu konsumsi untuk sarapan, makan siang, makan malam, atau untuk camilan. 

1. Sayuran hijau

Tidak ada keraguan lagi bahwa sayur-sayuran adalah bahan makanan yang sangat penting bagi untuk menjaga fungsi tubuh. Jenis-jenis sayuran seperti kangkung, bayam, sawi, dan brokoli mengandung vitamin C, vitamin K, lutein, dan kaempferol yang membantu memperlambat penurunan fungsi kognitif otak. Tidak hanya itu, zat-zat ini juga bisa mencegah kerusakan otak ketika seseorang mengalami stroke.

2. Ikan berlemak

Beberapa jenis ikan yang mengandung lemak sering disebut sebagai makanan otak paling utama. Ikan mengandung lemak sehat yang tidak bisa tubuh produksi, sehingga suplai lemak ini harus datang dari makanan yang kaya gizi. Terlebih dari itu, ikan juga mengandung omega 3 yang penting bagi perkembangan otak. 

Mengonsumsi ikan dalam kadar yang baik bisa mengurangi risiko demensia dan Alzheimer, meningkatkan ingatan, dan meningkatkan kadar serotonin dan dopamine dalam otak. Adapun beberapa jenis ikan berlemak yang baik untuk konsumsi adalah salmon, trout, makarel, sarden, ikan terubuk, dan ikan kipper.

3. Kopi

Tidak hanya lezat dan membantu menjaga kamu tetap terjaga, kopi juga memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Kandungan kafein yang ada dalam kopi bisa menahan adenosine sehingga meningkatkan kesadaran tubuh. 

Selain itu, kafein juga bisa meningkatkan konsentrasi dalam jangka pendek dan meningkatkan kadar dopamine yang membuatmu lebih senang dan fokus. Antioksidan yang ada di dalam kopi bisa mengurangi risiko penyakit otak seperti Alzheimer dan Parkinson.

4. Kacang-kacangan

Mengonsumsi kacang-kacangan khususnya jenis kacang walnut bisa meningkatkan fungsi kognitif otak. Kacang dan biji-bijian mengandung omega-3 dan antioksidan yang menjaga kesehatan otak pada orang-orang lanjut usia. 

Jenis makanan ini juga memiliki vitamin E yang bisa menjaga sel-sel otak dari stres oksidatif. Oleh karena itu, vitamin E sangat bermanfaat untuk meminimalisir risiko penyakit neurodegeneratif. Kamu bisa mengonsumsi kacang-kacangan dalam Menu Makanan Diet Setiap Hari untuk Pemula

5. Kunyit

Salah satu zat yang bermanfaat di dalam kunyit adalah kurkumin. Zat ini termasuk golongan zat yang bisa langsung masuk ke otak dan memengaruhi sel di dalamnya.

Komponen kurkumin dalam kunyit telah terbukti bermanfaat untuk ingatan dan menghindari penyakit Alzheimer. Selain itu, kurkumin juga bisa berdampak pada faktor neutropik otak. Ini berarti sel baru pada otak bisa tumbuh karena memicu hormon pertumbuhan otak.

6. Buah beri

Salah satu manfaat memakan buah beri adalah peningkatan fungsi kognitif otak. Beri, khususnya bluberi dan beri berwarna gelap lainnya, memiliki antosianin. Ini adalah senyawa yang bisa membantu penurunan fungsi otak dan penyakit otak karena usia lanjut.

Selain atosianin, bluberi juga mengandung antioksidan yang mengingkatkan hubungan antar saraf otak, ingatan, dan proses kognitif pada anak-anak dan orang dewasa. 

7. Alpukat

Alpukat adalah jenis buah yang sangat mudah untuk kamu olah. Baik pada salad, jus, ataupun roti, alpukat memberikan cita rasa yang lezat dan juga nutrisi yang bermanfaat untuk otak. 

Alpukat memiliki lemak sehat yang bisa melawan penurunan fungsi otak dan melancarkan peredaran darah. Buah ini juga mendorong peredaran informasi antar saraf otak karena mengandung zat-zat seperti vitamin C dan vitamin E.

Itulah tujuh superfood yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otak. Kalau kamu masih punya pertanyaan tentang bahan-bahan makanan dan cara mengonsumsinya untuk nutrisi maksimal, aku bisa menjadwalkan konsultasi dengan dokter. Kini, kamu bisa hubungi dokter ahli gizi kapan saja melalui aplikasi Halodoc.

Tunggu apa lagi? Ayo download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2023. 11 Best Foods to Boost Your Brain and Memory
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2023. Foods linked to better brainpower
Harvard School of Public Health. Diakses pada 2023. Superfoods or Superhype?

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan