Hubungi Dokter Ini Jika Menopause Muncul dengan Gejala Lain

4 menit
Ditinjau oleh  dr. Fadhli Rizal Makarim   27 Maret 2024

“Menopause biasanya terjadi pada wanita yang telah berumur sekitar 45-55 tahun. Sebelum menopause terjadi, akan timbul gejala-gejala yang menandai datangnya menopause. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait menopause, hubungi dokter di Halodoc.”

Hubungi Dokter Ini Jika Menopause Muncul dengan Gejala LainHubungi Dokter Ini Jika Menopause Muncul dengan Gejala Lain

DAFTAR ISI:


Halodoc, Jakarta – Menopause merupakan fase alami dalam kehidupan seorang perempuan yang menandai akhir dari siklus menstruasi. 

Ini bukanlah hanya sekadar absennya menstruasi selama 12 bulan berturut-turut, tetapi juga serangkaian perubahan hormonal yang kompleks dalam tubuh. 

Meskipun umumnya terjadi pada usia 45 hingga 55 tahun, tetapi rentang usia dapat bervariasi antara individu satu dengan lainnya.

Meskipun menopause adalah proses alami, namun bagi sebagian perempuan, ini bisa menjadi masa transisi yang menantang secara fisik, emosional, dan psikologis. 

Gejala lain yang muncul secara fisik seperti hot flashes, keringat berlebihan, masalah tidur, dan perubahan pada siklus tidur bisa mengganggu kenyamanan sehari-hari. 

Selain itu, gejala emosional seperti perubahan mood, kecemasan, dan depresi juga seringkali dialami oleh beberapa perempuan selama masa menopause.

Gejala Lain yang Timbul Menjelang Menopause

Pada masa perimenopause, yang merupakan periode sebelum menopause, tubuh wanita mengalami sejumlah perubahan hormonal yang signifikan. 

Selama masa ini, kamu mungkin akan mengalami berbagai tanda dan gejala yang menandai transisi menuju fase menopause yang lebih lanjut, seperti berikut: 

  • Haid tidak teratur.
  • Kekeringan vagina.
  • Hot flashes (rasa panas pada tubuh bagian atas).
  • Panas dingin.
  • Berkeringat di malam hari.
  • Masalah tidur.
  • Perubahan suasana hati.
  • Pertambahan berat badan dan metabolisme melambat.
  • Berkurangnya volume payudara.

Gejala lain yang mungkin akan muncul pada beberapa wanita meliputi:

  • Jantung berdebar.
  • Sakit kepala.
  • Nyeri pada sendi dan otot.
  • Perubahan pada libido (nafsu seksual).
  • Kesulitan berkonsentrasi atau lupa ingatan (biasanya bersifat sementara).
  • Kenaikan berat badan.
  • Kerontokan atau penipisan rambut.

Meskipun perimenopause bisa menjadi masa yang menantang, penting untuk diingat bahwa ini adalah bagian normal dari siklus kehidupan seorang wanita. 

Ada banyak langkah yang dapat diambil untuk mengelola gejala-gejala tersebut, termasuk perubahan gaya hidup, pengobatan alternatif, atau konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran dan perawatan yang sesuai. 

Jika kamu mengalami gejala yang mengganggu atau merasa tidak nyaman, jangan ragu untuk mencari bantuan medis untuk mendapatkan dukungan yang tepat selama masa perimenopause ini.

Sebelum konsultasi, kamu mungkin perlu tahu 5 Tanda-Tanda Awal Menopause yang Perlu Diketahui.

Dokter di Halodoc untuk Berikan Informasi Terkait Menopause

Apabila kamu ingin mendapatkan saran dan informasi seputar menopause hubungi dokter tepercaya di Halodoc.

Nah, berikut ini terdapat beberapa dokter spesialis yang sudah memiliki pengalaman dan mendapatkan rating yang baik dari para pasien yang sebelumnya mereka tangani: 

1. dr. Marsell Phang Sp.OG

Kamu dapat menghubungi dokter Marsell Phang Sp.OG, yang merupakan alumni Fakultas Kedokteran dari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya pada tahun 2012 serta Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2018. 

Saat ini, ia berpraktik di Gresik, Jawa Timur, dan merupakan anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 12 tahun, dokter Marsell Phang Sp.OG dapat memberikan layanan konsultasi mengenai gangguan menstruasi melalui platform Halodoc

Selain itu, ia juga menyediakan saran terkait kandungan, program hamil, dan penyakit kelamin.

Chat dr. Marsell Phang Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

2. dr. Lucia Leonie Sp.OG

Berikutnya, ada dokter Lucia Leonie Sp.OG. Ia merupakan alumni Fakultas Kedokteran dari Universitas Maranatha pada tahun 2011 dan Universitas Hasanuddin pada tahun 2017. 

Saat ini, dokter Lucia Leonie Sp.OG berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan juga merupakan anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman selama 13 tahun dalam bidangnya, dokter Lucia Leonie Sp.OG menyediakan layanan konsultasi melalui Halodoc terkait masalah menstruasi, termasuk juga informasi mengenai menopause.

Chat dr. Lucia Leonie Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Kamu juga perlu waspada, Menopause Dini Bisa Terjadi di Usia 30an.

3. dr. Fitria Angela Umar Sp.OG

Rekomendasi selanjutnya, kamu bisa menghubungi dokter Fitria Angela Umar Sp.OG. Ia merupakan alumni Fakultas Kedokteran dari Universitas Sam Ratulangi pada tahun 2015 dan 2022. Saat ini, dokter Fitria Angela Umar Sp.OG berpraktik di Makassar, Sulawesi Selatan, dan turut menjadi anggota Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI).

Dengan pengalaman praktik selama 8 tahun, dokter Fitria Angela Umar Sp.OG menyediakan layanan konsultasi melalui platform Halodoc terkait masalah reproduksi wanita dan siklus menstruasi. 

Selain itu, ia juga dapat memberikan konsultasi mengenai program hamil, kesuburan, serta keluarga berencana.

Chat dr. Fitria Angela Umar Sp.OG mulai dari Rp 55.000,- di Halodoc.

Itulah berbagai daftar dokter spesialis obstetri dan ginekologi yang bisa dihubungi untuk mendapatkan informasi seputar menstruasi.

Kamu dapat dengan mudah hubungi dokter melalui layanan kesehatan online Halodoc yang tersedia 24 jam.

Tak perlu khawatir jika dokter sedang tidak tersedia atau offline

Sebab, kamu tetap bisa membuat janji konsultasi di lain waktu melalui aplikasi Halodoc.

Ayo download di Halodoc sekarang juga!

Mayo Clinic. Diakses pada 2024. Menopause.
Cleveland Clinic. Diakses pada 2024. Menopause
NHS. Diakses pada 2024. Menopause.

Mulai Rp25 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Dokter seputar Kesehatan