• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Icip Kue Lebaran, Hati-Hati Berat Badan Naik

Icip Kue Lebaran, Hati-Hati Berat Badan Naik

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Lebaran tinggal hitungan hari lagi. Sudah siap kue-kue khas lebaran belum di rumah? Perayaan Lebaran rasanya kurang meriah bila tidak ada suguhan kue-kue manis khas lebaran. Namun, hati-hati, jangan sampai mencicipi kue lebaran bikin berat badan kamu jadi naik. Yuk, simak tips menjaga berat badan saat Lebaran di sini.

Kue-kue khas lebaran, seperti kue nastar, lidah kucing, dan kastengel biasanya menjadi penganan yang wajib ada untuk disuguhkan pada keluarga dan kerabat yang bertamu. Bentuknya yang kecil membuat kue-kue lebaran tersebut menjadi camilan yang enggak bikin kenyang. Tanpa sadar, kita bisa memakannya terus-menerus hingga menghabiskan hampir satu isi toples. Nah, kebiasaan inilah yang bisa bikin berat badan kamu naik saat lebaran.

Tahukah kamu bahwa kue-kue khas lebaran mengandung kalori yang tinggi? Hal ini karena kue-kue tersebut biasanya terbuat dari campuran tepung, mentega, dan gula yang banyak. Asupan kalori yang banyak tersebut yang kamu konsumsi, bila tidak digunakan, akhirnya akan disimpan menjadi timbunan lemak dalam tubuh. Itulah mengapa kamu dianjurkan untuk membatasi konsumsi kue-kue manis khas lebaran agar berat badan tetap terjaga.

Baca juga: 5 Kue Lebaran Lezat dan Kalorinya

Berikut tips-tips yang bisa kamu lakukan agar terhindar dari godaan untuk mengonsumsi banyak kue lebaran:

  • Konsumsi Makanan yang Cukup pada Jam Makan Utama

Untuk menghindari keinginan untuk ngemil, kamu dianjurkan untuk makan dengan porsi yang cukup pada jam makan utama, yaitu makan pagi, makan siang, dan makan malam. Dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang cukup mengenyangkan pada jam makan tersebut, hasrat untuk ngemil pun bisa dikendalikan atau dikurangi.  

  • Makan Secara Perlahan dan Konsentrasi

Bila ingin mengonsumsi kue lebaran, cobalah untuk makan secara perlahan dan penuh konsentrasi. Cara ini dapat membuat kamu lebih menikmati rasa dari setiap suapan kudapan yang masuk ke dalam mulutmu tanpa menjadi lepas kendali untuk mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Cara ini juga dapat membantumu menyadari kapan perut sudah terasa kenyang, sehingga kamu dapat segera berhenti ngemil.

  • Taruh Kue di Piring atau Mangkuk Kecil

Mengonsumsi kue lebaran langsung dari toplesnya bisa membuat kamu tanpa sadar mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Karena itu, taruhlah kue-kue lebaran yang ingin kamu makan ke atas sebuah piring atau mangkuk kecil, dan batasi porsinya. Setelah itu, simpan kembali toples kue lebaran di tempat yang jauh dari jangkauan untuk menghindarkan kamu dari godaan untuk menambah camilan.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengurangi Nafsu Makan Berlebih?

  • Cari Alternatif yang Lebih Sehat Untuk Memuaskan Keinginan Makan Manis 

Bila kamu tergoda untuk mencicipi kue-kue lebaran karena sedang ingin makan sesuatu yang manis, lebih baik carilah alternatif yang lebih sehat untuk memuaskan keinginanmu tersebut. Kamu bisa ngemil kurma kering yang manis misalnya, yang dapat membantu kamu memuaskan keinginan untuk makan manis dan mencegahmu untuk mengonsumsi kue khas lebaran secara berlebihan.

  • Jauhkan Kue Lebaran dari Pandangan Kamu

Bila ada kue lebaran favorit yang kamu tahu kamu bisa mengonsumsinya dalam jumlah banyak, simpanlah kue tersebut di tempat yang kamu sulit mendapatkannya. Letakkan di rak makanan paling atas misalnya, sehingga tidak terlihat oleh kamu sepanjang waktu. Atau bila kamu mencarinya, kamu mempunyai waktu untuk pikir-pikir lagi.

Baca juga: 4 Camilan Sehat Pengganti Junk Food

Nah, itulah tips-tips untuk mencegah berat badan naik saat lebaran. Yuk, jaga kesehatanmu selama lebaran dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Bila kamu sakit atau ingin bertanya seputar masalah kesehatan, kamu bisa menghubungi dokter ahli di Halodoc melalui Video/Voice Call dan Chat, kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Women’s Health. Diakses pada 2020. 10 Ways To Actually Stop Snacking Mindlessly, According To Nutritionists.
Eating Bird Food. Diakses pada 2020. How to Stop Mindless Snacking, Finally.