Ini 3 Pilihan Obat Cantengan yang Bisa Didapatkan di Apotek Terdekat

3 menit
Ditinjau oleh  dr. Rizal Fadli   18 Januari 2024

"Cantengan perlu segera kamu atasi supaya tidak semakin meradang dan menyebabkan infeksi. Beberapa rekomendasi salep cantengan yang bisa kamu dapatkan di apotek yaitu Liposin Salep dan Canesten Pro Cream."

Ini 3 Pilihan Obat Cantengan yang Bisa Didapatkan di Apotek TerdekatIni 3 Pilihan Obat Cantengan yang Bisa Didapatkan di Apotek Terdekat

DAFTAR ISI

  1. Liposin Salep 10 g
  2. Amoxsan 250 mg 10 Tablet Dispersible
  3. Erysanbe 500 mg 10 Kaplet

Halodoc, Jakarta – Cantengan terjadi ketika ujung kuku tumbuh ke dalam kulit di sekitarnya. Kondisi ini bisa menimbulkan peradangan, kemerahan, pembengkakan, dan rasa nyeri.

Cantengan biasanya terjadi pada jari kaki, khususnya di ibu jari. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya yaitu mengonsumsi obat atau mengoleskan salep untuk mengatasi cantengan.

Mau tahu apa saja obat cantengan di apotik yang efektif dan ampuh? Berikut ulasannya!

Obat Cantengan yang Ampuh

Berikut salep dan obat cantengan yang bisa kamu dapatkan di apotik terdekat:

1. Liposin Salep 10 g

Dokter dapat merekomendasikan Liposin Salep yang mengandung tiga jenis antibiotik yaitu neomycin, bacitracin, dan polymixin.

Salep ini juga mengandung lidocain yang sering dokter gunakan untuk anestesi lokal. Neomycin sendiri antibiotik golongan aminoglikosida yang berfungsi mengobati infeksi akibat bakteri gram negatif yang rentan terjadi pada kasus cantengan.

Obat cantengan ini bekerja dengan cara menghambat pertumbuhan bakteri itu. Neomycin juga memiliki spektrum luas sehingga bisa mengatasi bakteri gram negatif maupun positif.

Perlu diperhatikan bahwa pemakaian obat ini untuk cantengan harus sesuai dengan petunjuk dokter. Neomycin tidak dijual bebas dan hanya bisa kamu peroleh melalui resep dokter.

Rentang harga: Rp51.300 – Rp53.600 per tube

Dapatkan Liposin Salep 10 g di Toko Kesehatan Halodoc

2. Amoxsan 500 mg 10 Kapsul

Amoxsan adalah obat antibiotik yang mengandung amoxicillin. Kandungan tersebut berfungsi merusak bakteri penyebab infeksi.

Dokter sering meresepkannya dalam kasus infeksi bakteri Streptococcus, E coli, influenzae, Streptococcus pneumoniae, Streptococcus faecalis, Mirabilia dan Gonorrhoeae.

Dosis dan cara pemakaiannya bisa berbeda-beda tergantung usia dan berat badan. Itu sebabnya, penggunaan obat ini untuk cantengan harus sesuai petunjuk dokter.

Obat cantengan di apotik ini pun tidak bisa kamu dapatkan dengan bebas, dan hanya bisa kamu peroleh dengan resep dokter. 

Harga: Rp21.500 per strip

Dapatkan Amoxsan 500 mg 10 Kapsul di Toko Kesehatan Halodoc

3. Erysanbe 500 mg 10 Kaplet

Kemudian, kamu dokter juga bisa meresepkan Erysanbe Kaplet yang mengandung erythromycin.

Obat antibiotik ini masuk dalam golongan makrolida yang mempunyai spektrum luas sehingga aktif mengatasi bakteri gram negatif maupun gram positif. 

Biasanya, dokter meresepkan obat ini untuk infeksi saluran pernapasan, kulit dan jaringan lunak, pneumonia, hingga gonore.

Untuk pengobatan cantengan, pemakaiannya harus sesuai dengan petunjuk dokter. Kamu tidak bisa mendapatkannya obat cantengan ini secara bebas, karena hanya bisa memperolehnya melalui resep dokter.

Rentang harga: Rp42.800 – Rp47.100 per strip

Dapatkan Erysanbe 500 mg 10 Kaplet di Toko Kesehatan Halodoc.

Itulah beberapa rekomendasi salep dan obat cantengan di apotik. Jika butuh obat-obatan medis lainnya, segera cek di Toko Kesehatan Halodoc. Tak perlu repot keluar rumah, kamu bisa memesan obat kapan saja dan di mana saja.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2023. Ingrown Toenails.
Mayo Clinic. Diakses pada 2023. Ingrown Toenails.
American Academy of Orthopaedic Surgeons. Diakses pada 2023. Ingrown Toenails.

Mulai Rp50 Ribu! Bisa Konsultasi dengan Ahli seputar Kesehatan