• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfaat Buah Matoa untuk Kecantikan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Ini 4 Manfaat Buah Matoa untuk Kecantikan

Ini 4 Manfaat Buah Matoa untuk Kecantikan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 September 2021
Ini 4 Manfaat Buah Matoa untuk KecantikanIni 4 Manfaat Buah Matoa untuk Kecantikan

“Buah matoa adalah buah sejenis kelengkeng atau leci yang berasal dari tanah Papua. Mungkin sebagian orang banyak yang belum tahu buah ini karena tidak dapat dijumpai semudah jenis buah lainnya. Namun siapa sangka, buah yang langka dan terkesan eksotis ini ternyata memiliki berbagai manfaat, salah satunya untuk kecantikan.”

Halodoc, Jakarta – Buah matoa merupakan buah asli asal Indonesia, tepatnya berasal dari tanah Papua. Buah yang bernama ilmiah Pometia pinnata ini masuk ke dalam famili sapindaceae dan memiliki karakteristik yang sama dengan buah leci. Buah matoa sendiri memiliki rasa yang unik dan terasa layaknya perpaduan dari beberapa buah, seperti leci dan kelengkeng. Tekstur buahnya pun berair, aromanya kuat dan rasanya manis. 

Namun, sepertinya masih banyak yang belum banyak tahu terkait buah matoa dan juga manfaatnya. Siapa sangka, selain rasanya yang manis, buah mato juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan kulit. Penasaran apa saja manfaatnya? Cek informasinya di sini!

Baca juga: 5 Makanan Pantangan untuk Orang dengan Jerawat Batu

Kandungan Nutrisi yang Terkandung Pada Buah Matoa

Sebelum mengetahui apa saja manfaat kecantikan yang dapat diperoleh dari buah matoa, ada baiknya untuk mengetahui kandungan nutrisinya. Di balik unik dan langkanya buah matoa, ternyata buah ini kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah matoa memiliki kandungan vitamin C, vitamin E, antioksidan, dan beberapa senyawa lainnya. 

Kandungan nutrisi tersebut tentunya memiliki beragam manfaat untuk kecantikan. Di samping itu, buah matoa juga mengandung nutrisi penting lainnya seperti glukosa, kalsium, hingga berbagai mineral yang melimpah. Oleh sebab itu, selain untuk kecantikan, buah matoa juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh.

Ini Manfaat Buah Matoa untuk Kecantikan             

Selain lezat dan unik, buah matoa memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan, antara lain:

  1. Menyehatkan Kulit

Buah matoa diklaim memiliki kandungan vitamin C dan E yang tinggi. Kedua vitamin tersebut dapat melindungi dan memperbaiki kulit wajah dari paparan sinar ultra violet (UV). Maka dari itu, salah satu manfaat buah matoa adalah menyehatkan kulit wajah.

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Buah matoa dapat menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang sedang berusaha untuk mencerahkan wajah. Sebab antioksidan tinggi yang terkandung pada buah matoa dapat membantu wajah terlihat lebih cerah, sehingga membuat seseorang tampak lebih awet muda.

  1. Mengatasi Wajah yang Berjerawat

Jerawat adalah gangguan kulit yang dapat dialami oleh siapa saja, dan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Seperti misalnya bakteri yang menyumbat pori-pori pada kulit wajah atau minyak berlebih. Namun kamu tidak perlu khawatir, karena salah satu manfaat yang dapat diperoleh dari buah matoa adalah mengatasi jerawat. Sebab, buah matoa memiliki beberapa senyawa yang bersifat antimikroba, sehingga dapat bermanfaat untuk memberantas bakteri penyebab jerawat pada pori-pori wajah.  

  1. Memaksimalkan Fungsi Regenerasi Sel Pada Kulit Wajah

Selain memberantas jerawat yang membandel, siapa sangka bahwa buah matoa yang berukuran kecil tersebut juga dapat bermanfaat untuk regenerasi sel-sel pada kulit wajah. Buah matoa dapat menghindarkan wajah dari berbagai masalah, seperti kulit kusam, hingga menghambat penuaan dini.

Baca juga: Makanan Berminyak Bisa Picu Jerawat, Ini Faktanya

Adakah Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan?

Buah matoa mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tubuh. Seperti misalnya vitamin C, vitamin E, antioksidan, hingga berbagai zat penting lainnya seperti kalsium. Nah, berikut beberapa manfaat buah matoa untuk kesehatan tubuh.

  1. Melawan Infeksi Virus

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah matoa adalah perlindungan sempurna terhadap infeksi virus. Sebab, cara terbaik untuk melawan infeksi virus adalah dengan memastikan sistem kekebalan tubuh dalam keadaan prima.

  1. Menghambat Pertumbuhan Kanker

Risiko terjadinya kanker meningkat ketika radikal bebas dengan mudah masuk ke dalam tubuh. Antioksidan tinggi yang terkandung dalam buah matoa dapat menangkal radikal bebas tersebut. Antioksidan akan melawan dan mencegah berkembangnya sel kanker pada tubuh. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan khasiat buat matoa terhadap kanker.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah matoa, dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi. Tidak hanya buahnya saja, ekstrak dari daun dan bijinya juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga: 5 Tips Memilih Pencuci Wajah Terbaik

Terkait kecantikan, setiap orang tentu menginginkan kulit yang sehat dan cerah. Namun, terkadang ada saja gangguan kulit yang timbul akibat polusi udara, seperti misalnya jerawat. Bila saat ini kamu sedang memiliki jerawat yang tak kunjung membaik, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter kulit. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat menikmati kemudahan buat janji dengan dokter kulit terpercaya di rumah sakit pilihanmu. Tentunya tanpa harus mengantri atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

Dr.Health Benefits. Diakses pada 2021. 10 Health Benefits of Matoa Fruit (#1 Exotic Fruit from Papua)
Health.Detik. Diakses pada 2021. 7 Manfaat Buah Matoa untuk Kesehatan dan Kecantikan
Merdeka. Diakses pada 2021. 10 Manfaat Buah Matoa untuk Kecantikan dan Kesehatan, Bisa Atasi Jerawat